Email Pembaca : Motor Bekas Crash, Apakah Pantas di Beli?

6
Limited
SYM MMBlog

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari yang lalu, MMBlog mendapatkan surel dari Om K yang bertanya mengenai panaskah motor atau moge seken yang pernah crash untuk dibeli? Okeh, ini pertanyaan bagus yang menarik, seringkali jadi obrolan juga nih di warung kopi. Jadi, jawabnya gimana?

MMBlog cerita dulu ya Sob. Mas Moel aka Yamaha FZ6 Fazer S2 punya MMBlog itu secara fakta adalah motor yang MMBlog beli sudah dalam kondisi pernah crash atau jatuh. Terlihat kok di foot step belakang dan baut fairing sebelah kanan, ada baret, tapi yang lainnya masih mulus. Dipakainya pun aman-aman aja, gak ada gejala oleng atau gimana.

Villa Kanaya

Yang lebih parah, ternyata pas MMBlog bongkar fairingnya, eh, bracket fairing ternyata bengkok Sob, agak karatan, terus juga lampu depan bagian dalamnya udah lem-leman :mrgreen: , waduh, ini cerita crash-nya gimana yak? Kayaknya lumayan parah. Untung banget, MMBlog dapet limbahan bracket dan fairing copotan yang kondisinya masih segar, ganti dah :mrgreen: .

Intinya, yaa kalau cuman body-body doang sih, apalagi minor gak parah, ya mending ambil aja, sekarang mah buat ganti baru atau nyari copotan mulus udah enggak susah, serba online serba gampang. Tapi kalau rangka udah bengkok, melengkung, atau segitiga juga udah enggak center, nah ini patut dipertimbangkan. Bisa jadi dipakainya juga udah agak aneh, niat mau nikmatin motor, eh malah belajar benerin motor :mrgreen: .

Jadi Om, hemat ane, kalau cuman jatuh bego atau jatuh minor lecet-lecet doang mah wajar, namanya motor dipake, yang penting dibawanya masih seimbang masih stabil. Kalau udah bekas crash balap yang bikin rangsek, nah itu pikirin lagi dah. Btw, CBR600RR Om Gilkun malah pernah crash di sentul lho, tapi dipakainya tetep enak karena emang bukan part vital yang kena.

Semoga berguna ya om.

instagram

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here