Oknum Pesepeda Yang Mulai Meresahkan

12
Limited

Sobat MMBlog sekalian, di ruas jalanan Ibukota, beberapa bulan terakhir semenjak pandemi Covid-19, mulai agak berbeda. Pesepeda, atau goweser mulai nampak terlihat banyak melintas di ruas-ruas jalan. paling banyak terlihat di weekend, hari sabtu atau hari minggu. Di hari biasa relatif lebih sedikit, tapi lebih “ada” ketimbang pas sebelum pandemi. Di sini timbul satu keresahan.

Ada oknum – tapi banyak – pesepeda yang cara bawa atau attitude ridingnya gak jauh beda sama oknum pemotor yang attitude-nya minus. Entahlah, mungkin yang dirasa, “gue ini make sepeda, kagak ngasih polusi, diluar negeri sepeda itu raja” maka oknum ini bisa berkendara seenaknya saja, ngeri Sob.

Yang MMBlog temui di jalan, arogansi oknum ini antara lain, konvoi berbanjar, samping-sampingan. Ini jelas makan badan jalan. mending kalau jalanannya lega, gede, lah ini sempit 🙁 antri atau urutan kek. Kemudian, melanggar rambu. Gak ada istilahnya itu traffict light merah buat sepeda, semuanya ijo, lah yang pejalan kaki aja diem dulu kalau merah, ini tetep nyelonong.

Terus yang paling hangat, naik jalan layang non TOL casablanka :mrgreen: . ini edun sih Sob, berani banget sumpah. Jelas ada rambu roda dua gak boleh melintas eh tetep naik, ya dasar oknum. Kadang, pesepeda ini kalau ditegur kadang lebih galak daripada yang negur. MMBlog pernah negur yang riding berbanjar, eh malah diserapahi 🙁 , nasib, padahal negur baik-baik.

MMBlog enggak pernah ngeblayer atau nglakson pesepeda, ya mencoba untuk menghormati pengguna jalan lain lah walaupun aslinya gemes banget kalau liat yang arogan. Nampaknya, pemerintah kudu punya aturan yang kuat nih buat pesepeda di tanah air. Mau nilang? Nilang apaan? Kan kagak ada STNK atau SIM? Nah loh.

Gimana Sob? ada pengalaman dengan pesepeda atau goweser yang arogan? Oia, walaupun MMBlog gak gowes, tapi MMBlog seneng kalau lihat banyak goweser tapi tetep tertib dan tau aturan. Sehat banget!

instagram

12 COMMENTS

  1. Berbanjar samping sampingan (bergerombol sambil ngobrol) itu karakter, personalitas yang suka silaturahmi, gotong royong guyup rukun. Bukan kaum individual
    Pejalan kaki saja sering begitu.
    Padahal para tourist terutama bule sudah kasih contoh. Mereka berjalan kaki atau bersepeda urut depan belakang. Itu di jogja sih gak tau klo di lain tempat /daerah.

  2. Kehebatan bangsa Indonesia. Terwarisi.
    Dulu….. hanya bermodal bambu runcing kita berani melawan tentara KNIL dengan senjata api modern.
    Rambu-rambu lalu lintas, marka jalan, lampu bangjo…??? Wkwk….. Disemprot pakai pilox saja mereka diam gak marah… Atau diemin aza deh, daripada repot beli pilox… Wkwk…
    Keberanian sesungguhnya adalah gak punya kerja sumber penghasilan tapi nekat kawin. Di amrik eropah yang maju ada gak yg berani gitu?

  3. Benerin dulu dehhh oknum pemerintah
    Jangan so so an bikin aturan
    Yang sudah disumpah bawa bawa kitab suci saja masih korup
    Su tenan nog……

  4. Mereka yang arogan kudu diajar duluan pakai safety riding nya honda.
    Cuma honda yang punya,
    cuma honda yang bisa
    Ciaooo

    • Sampeyan betul mas. Honda bukan cm mikirin gmna buat motor terbaik dr segi kualitas tp jg mendidik para ridernya utk berkendara dg bijak dan taat aturan.

      Cm honda yg mikirin hal2 sepertj itu. Sbb Honda itu bike.

  5. ini ane perhatiin dari kemarin kemarin dijalanan banyak sepeda ya, toko sepeda pun juga rame
    tapi ane kalo bersepeda sih jelas tertib dong 😀

    • Di jl. Brigjen katamso jogja atau gondomanan, pembeli nya antre. Bikos pintu toko buka dikit. Beberapa toko kayak gitu bro.

  6. padahal mereka2 itu berpendidikan ya, tapi bawa sepedanya pada urakan n ga tau aturan ya. malu atuh sama mamang somay yg pake sepeda, mereka jauh lebih sopan n tau aturan.

    • Mereka lulusan sekolah or lembaga pendidikan yang menyiapkan mereka jadi pekerja. Yang goal orientasi nya ‘penghasilan’ Bukan menjadi orang yang educated.

  7. Guwe always solo goweser. One silent single goweser. Anywhere. Bekal cukup itu pasti. Kerjaan n urusan dipastikan beres. Nothing chase after guwe. So, santuy. Definitely santuy.
    Juga moralis religis goweser. Sepeda dituntun beberapa meter saja, syariat Allah sudah berlaku. Sepeda berjalan, roda muter maju, satu titik di ban itu maju muter dan balik kembali ke tempat semula. Itu Inna lillahi wa inna illaihi raji’un.
    So, gak perlu jaoh2 lihat pemandangan. Satu biji roda sepeda onthel saja bisa buat dekatkan diri kepada sang pencipta. Yang bikin kita tawaduk always.
    Salam satu gandos!

  8. Jogja tahun 80-an terkenal sebagai kota sepeda. Klo pas jam 3 sore, tukang sol sepatu pada pulang, jalan berurutan kaya ular sambil pukuli kotak kayunya secara ritmis membuat irama tertentu. Waktu itu jalanan masih rindang pepohonan.
    Kangen masa kecil the early eighties

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here