Siap-Siap Bikin SIM C2 (Kalau Bisa)

9
Limited

Sobat MMBlog sekalian, akhirnya, penjenjangan dan pembedaan SIM untuk sepeda motor statusnya sudah ketuk palu. Dari tahun 2017, wacana ini bergulir, terus bergulir, tahun lalu pas bikin SIM, MMBlog sempat lihat di form pendaftaran SIM C, di formnya udah ada kategorinya lho, SIM C, SIM C1, dan SIM C2. Akhirnya di tahun 2021, POLRI mengeluarkan PERPOL Nomor 5 Tahun 2021, yang menjadi payung hukum dari aturan ini.

Wah, kudu siap-siap, aturan ini sudah legal dari bulan februari kemarin, sosialisasinya 6 bulan ke depan dari bulan februari. Memang masih ada perbenahan dan pengadaan insfrastruktur Sob, tapi ini udah terlihat titik terangnya. MMBlog sebagai user motor 600 CC, mau enggak mau ya kudu ngantongin SIM C2 buat riding, kalau enggak, makin jamuran dan makin karatan aja ntu Mas Moel :mrgreen: . tapi dari aturannya, gak bisa langsung C2 lho, kudu C1 dulu setahun, baru bisa ambil C2, cuti dulu dong pake Mas Moel setahun, duh.

Villa Kanaya Viar MMBlog
Simpel

MMBlog rasa sih, aturan ini bakalan berlaku ketat baru tahun depan. Tahun ini belum lah, belum di gaspol sama pak pol. Yang MMBlog penasaran, ini gimana ya kalau mau ambil C1 atau C2, modal test tertulis dan simulator doang, atau ada test prakteknya juga nih? seru juga kalau ada test prakteknya, pake motor apaan ya? XJ900P? Hmm, menarik nih untuk diikutin sepak terjangnya.

Oke Sob, semoga bisa jadi tambahan referensi temen-temen yah. btw, biayanya sama aja kayak bikin SIM C biasa kok. hmm, apa mungkin cuman daftar aja kali ya kayak bikin SIM Internasional? Tapi kayaknya enggak deh, kudu ada test prakteknya nih, biar makin seru!

instagram

Villa Kanaya

9 COMMENTS

  1. Bukannya harus diatur oleh undang2,perppu,pp untuk mengatur masyarakat luas?
    Klo perpol mah buat internal polisi bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here