Email Pembaca : Pengen Yamaha Byson Karbu, OKE Kah?

18
Villa Kanaya

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari yang lalu, MMBlog mendapatkan surel dari Mas Awas. Mas Awas ini adalah rider dari Celebes, lumayan hardcore riding hariannya. Selama ini pakai Spacy dan Sonic(e). Nah, pengen motor sport, nakedbike, salah satu pilihannya adalah Yamaha Byson Karbu, apakah motor ini oke?

Hmm, sebenernya kalau ngomongin Byson Karbu, pakar dan ahlinya adalah Mamang Alki dari Indoride. Udah lumayan lama juga beliau memiliki motor ini, dan cocok sama Mas Awas, Byson Alki juga dibeli seken. Tapi, karena nanya sama MMBlog, tentu akan MMBlog coba bahas dari kacamata MMBlog pribadi.

Villa Kanaya

Pertama ngomongin motornya dulu. selama ini, MMBlog jarang denger ada keluhan signifikan dari Byson karbu. Khas motor karbu lah, kalau ada trouble, biasanya ya lebih simpel. Sistem kerja yang mayoritas mekanikal ketimbang digital, membuat hampir semua teknisi bisa merepair kalau emang ada problem.

Ngomongin mesin juga durabilitynya sangat baik. Mesin 150/160 CC-an, SOHC, air cooler, tentu bisa kita pastikan kalau mesin ini adalah mesin pekerja. Konsumsi bensin? Relatif iritlah. Daya tahan? Alki Indoride itu bawa-nya agak kasar loh, dan bobotnya 1 kuintal lebih, tapi motornya maknyus aja tuh. Intinya sih, untuk dibawa melaju, mesinnya oke.

Lalu gimana dengan ketersediaan sparepart? Hmm, byson itu motor yang pernah jaya luar biasa di zamannya. Sparepart pasti melimpah, apalagi di Celebes, MS Yamaha kan bagus banget, banyak lah part Byson di Dealer, belum lagi sekarang juga udah ada E-Commerce, jadi makin gampang. Harga part? Relatif lah, malah masih dalam kategori murah kalau menurut MMBlog.

?????????????????????????????????????????????????????????

Lastly, yang paling akhir. Kembali lagi ke ridernya, kalau Mas Awas emang suka, langsung deh hunting dan diboyong unitnya. Perkara nanti ada minor yang harus direpair, ya namanya juga motor seken, dan berhubung udah suka, tinggal gaspol! Oke deh, semoga bisa jadi tambahan referensi yah Sob. sekian, terima kasih, dan semoga berguna!

instagram

Villa Kanaya

18 COMMENTS

  1. Saya pengguna byson sejak 2013 sampe sekarang masih terawat. Bener sih asal perawatan rutin bakalan ga rewel mesinnya. Baru sekali ganti seal shock, belum pernah turun mesin hehehe

  2. Asal tidak berharap banyak dengan power,ini motor enak kok handling enteng,bahan bakar lumayan irit,posisi berkendara rada tegak ga cape misal lama dijalan..
    Kurangnya paling rem belakangnya aja yang kurang pakem kalo ganti cakram ajib kayanya..
    Ini pendapat ane sendiri ya,misal ada yang berbeda ya maaf..

    • Mas gak coba colek mang vandra mana tau mau ngelego si Jaka tingkir secara sdh lama di anggurin, kasian biar ada yg ngerawat, gak kalah nyaman kok sama byson

  3. Apakah kau tahu dilangit ada sebuah pintu yg sangat besar yg terbentang luas dari timur sampai barat, pintu yg sangat mulia, pintu yg paling utama, pintu yg penuh dengan ampunan, pintu yg bahkan tidak akan pernah tertutup sampai hari kiamat itu tiba. Pintu yg bahkan menerima siapapun entah ia pendosa atau beriman.

    Sungguh rugilah orang yg tidak pernah mendekat sedikitpun kepada pintu ini. Ya inilah pintu taubat, pintu yg disediakan oleh tuhan semesta alam untuk
    Kita semua yg tidak pernah lepas dari dosa.

    Sungguh ialah Robb semesta alam yg maha pengampun lagi maha pengasih untuk semua makhluknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here