MMBlog Trip To Pangandaran Via PanSela, Trek Yang Menjanjikan! Bikers Kudu Coba!

34

Part 3

Sindangkerta

Lepas Leuwung Sancang, lanjut lagi, lagi dan lagi Coastal Road! MANTAP! mikir-mikir, kan belum foto di pantai yak, akhirnya mampir juga ke Pantai Sindang Kerta, mayan bisa bawa motor ke Pantai, walaupun stuck di sini sejam, dan hampir maghrib, hiks 🙁 . dari sini, ke Pangandaran udah tinggal 60 km lagi, tapi sayang, tempo ridingnya udah letoy :mrgreen: , udah lelah plus mata kotok, membuat riding jadi superslow :mrgreen: . Oia, di jalan sebelum Sindangkerta, ada jalanan yang namanya Jalan Cikalong, itu lurusnya panjang loh Sob, asli, bisa manteng 120 Km/jam dengan waktu yang relatif lama. Abis geber dan manteng 120 Km/jam, ketemu tikungan, langsung kagak bisa belok euy, wkwkwkwkwk, tekooorrrrr.

Ke Pangandaran, temen-temen hanya perlu mengikuti penunjuk jalan aja, intinya kita gak perlu belok kiri atau naik ke utara, ikutin aja jalanan yang ke kanan atau ke selatan, pasti sampai pangandaran masbro. Bener, MMBlog sampai pangandaran jam setengah 8 malam, dan langsung ke penginapan yang udah dibookingin sama emaknya Naya di Jakarta, akhirnya bisa rehat. Rencana mau makan seafood batal total, dan akhirnya hanya makan nasi padang di samping Hotel, dan itupun di bungkus, makan di kamar, bobo deh, zzzz.

Besoknya, ya pulang, MMBlog ada liputan Indonesia CBR Race Day juga soalnya :mrgreen: . Rutenya sama aja, tetep lewat Pansela. Ogah lewat bandung 😆 , ketemu macet mah males dah 😆 . tapi, MMBlog sama ihsan mikir-mikir lagi buat lewat Cianjur Selatan, ini ada rute lewat Cipamingkis – Cimanggu – Sukabumi ! kayaknya asyik! Oke, gas lagi jam setengah 8 pagi, dan sempatin dulu untuk selfie di Pangandaran Sunset, wkwkwk, kesian bener :mrgreen: . jadi ke Pangandaran cuman numpang tidur, boker, makan padang, ama selfie doang 😆 . gas lagi, rutenya sama kayak kemaren, cuman tensinya emang lebih rendah aja, semangatnya beda sama kemaren yang bisa pol-polan, ini lebih santuy :mrgreen: . akhirnya bisa gak kebablasan juga puncak Guha, sempet mampir deh! Luar biasa pemandangannya, dan anginnya, bener-bener bikin cemas karena kenceng banget! Gak lama di sini, akhirnya cabut lagi.

puncak guha

Sampai Sindangbarang lagi, udah jam setengah 1 siang, wkwkwk, lihat maps kalau lewat Agrabinta – Cipamingkis – Sagaranten – Cimanggu, butuh waktu 6 jam sampai jalan raya sukabumi :mrgreen: , itu perkiraan maps, belum kudu rehat dsb, udah jiper duluan, akhirnya lewat Cianjur Selatan lagi. Sampai kota jam 5 sore, dan sampai rumah jam setengah 11 malem, ampun puncak macetnya kalau Sabtu, nyeraaah! Btw, ada yang udah pernah lewat Agrabinta – Cipamingkis – Sagaranten – Cimanggu? Sob, kondisi jalannya gimana ya sekarang? Buat alternatif nih.

Oke deh, sekian dulu ya artikel trip reportnya, maaf foto enggak banyak, dan gopro gak bisa kepasang karena bautnya ketinggalan 🙁 . Semoga berguna yah Sob. oia, total trip 920 kilometer dari rumah di Matraman, mayan daaah :mrgreen: . bensin gak ngukur berapa abisnya, yang jelas lumayan, dan SPBU di Pansela, bukan berarti enggak ada, ya walaupun emang agak berjauhan sih letaknya, tapi gak sampai nyusahin kok. Monggo komentarmu Sob, kalau ada yang ditanyakan juga boleh, Insya Allah MMBlog pantau ini artikel touring, hehehe.

Contents

instagram

Villa Kanaya

34 COMMENTS

  1. Trek agrabinta-sukabumi sama ga enaknya dgn sindangbarang-cianjur
    Paling enak ya terusin sampe surade – pl.ratu – cikidang – bogor
    Pilihan kedua cijayanti – ciwidey – cimahi

    • Nah, mantap mas, suwun masukannya. Iya kalo surade – pelabuhan ratu udah pernah juga mas, tapi ke arah sebaliknya. Cakep sih.

  2. keren pisan mas, saya jadi kangen jalur itu…saya baru sampe pantai santolo dua bulan yg lalu, dari cileungsi via jonggol, cianjur,sindang barang sampe santolo. butuh waktu 12 jam pake motor bebek 110 cc. setelah baca tulisan ini bikin saya tambah semangat buat lanjut ke pangandaran via pansela…makasih buat racunnya maaasss.

  3. Bang kalo gimana kalo touring pake mobil, jalan sama fasilitas pendukung nya ok gak jalur selatan itu? trus bagi masyrakat yg awan tentang jalur selatan jabar pasti mikir keamanan, gimana jalur nya aman gak?

    • Pake mobil sih Ok aja. Tapi kudu extra sabar dan ati2 pas lewat jembatan. Keamanannya sih mantaplah.

  4. Mantebs mas touringnya, sayang amat yak sampe sana sekedipan mata doang trus balik lagi?. Sy d jateng n temen2 sy (yg udah bapak2 smua?) d jkt smua, setaun skali biasanya kita agendakan touring, taun lalu Bromo taun ini kemaren k Dieng. Kita jalan belasan motor.

    Asli emang obat stress ini….
    Joss banget FZnya.

    Ojo lali ngundang tukang urut mas??

    • Mantap mas aris. Suwun udah komen. Iya mas, setahun sekali cukup banget untuk touring, hehehe. Yg urut istri nih mas, wkwkwkwkwk. Sekalian urut yg lain ?

  5. Sering” bang Vandra buat artikel kayak gini, jadi pembeda dengan blogger lain. Kalo foto” tempat/jalannya lebih banyak lagi pasti lebih seru lagi bang saya bacanya, asal jangan video aja soalnya saya fakir kuota, wkwkwk

  6. mas nanya dong, itu tangan sohibnya kenapa sampe sakit, apa mt25 kurang cocok buat trek ajrut-ajrutan kaya trek cibeber-sindang barang? saya minat pisan sama mt25 seken.

  7. Hahaa, jalanan dari cianjur-sukanegara emg bener tuh bikin mood ilang Mass, ane klo bukan mau coba jalur baru ke Ciwidey mah mgkn mending lwt jalan biasa via bandung dah hahahaa..!
    Sayang bangett mass puncak guha n ranca buaya bisa kelewatan gitu, pasti keasikan ngegas yaa hahaha.. duh ane makin penasaran pengen jajal PanSelA nihhh duhhhhh….

  8. Di cikalong, nama jalan yang lurus panjang cor itu namanya “Jalan lempeng (mulai dari desa pangkalan, cidahu, dan terakhir yang tikungan patah langsung jembatan kecil itu namanya desa Cirojeh) ngakak pas baca disini tekor…

    Masih berpasir kah di jalannya mang vandra?
    Jalan terus sampai nemu jembatan panjang dan muara (kalau musim kemarau air nya hijau) itu namanya “Sasak Ponton” Muaranya namnya “Cimedang”
    Jalan terus sampai daerah kalapa genep di situ ada wisata pantai poponcol/karangtawulan, Pantai pada bumi, dan lain lain yang mang candra photo itu salah satu nya shooting di pantai pada bumi view nya ke yang ada batu karang itu ke pantai karangtawulan.
    Sayang di sana rame nya hari besar doang, kalau hari biasa sepi, ga ada warung makan, paling ada warung bakso dan es kelapa muda dan warung biasa itupun kalau kebetulan warung nya buka, kalau ga ya cuma bisa buat duduk doang warung nya.

    • Wah, mantap masukan dan input serta responnya mas. Iya mas, tekor euy gak bisa belok, iya ya mas, jumat aja sepi euy pantainya. Top mas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here