Komparasi Yamaha XJ6 VS FZ6, Mesin Serupa Tapi Tak Sama

4

Lain-lain dan Kesimpulan

mesin sama tapi beda sama FZ6

Hmm, dua motor ini bisa dibilang punya perbedaan mendasar. Yang satu murni nakedbike, yang satu ada fairingnya walaupun ogah-ogahan Sob. proteksi terhadap angin tentu lebih berasa ada efek-nya pas pake FZ6, plus, motor juga jadi agak riweh selap-selip, karena spion ada di fairing, bukan di setang :mrgreen: . kopling XJ6 lebih enteng ketimbang FZ6, tentu ini point plus juga buat XJ6.

Ngomongin panas mesin, MMBlog ngerasa XJ6 lebih berasa panas ketimbang FZ6. Pas macet ini motor lumayan kerasa yah panas di selangkangan, paha, dan betis. Suhu mesin pun turunnya gak secepat FZ6 kalau MMBlog pantau. Mas Moel itu, kalau suhu sentuh 100-101 derajat celcius, terus kita ngacir 80 Km/jam dengan shifting cepat, suhunya bakalan cepet drop ke 93 derajat celcius, kalau XJ6 ini agak lama turunnya masbro, gak tau deh kenapa.

Perkara shifting juga masih lebih enteng dan lebih ringan FZ6. Alus aja gitu shiftingnya, kalau XJ6 shiftingnya agak keras persnelingnya Sob. emang engagement koplingnya jadi berasa lebih mantap, tapi kalau gak pakai sepatu riding, alamat itu sepatu jadi lebih cepet brudul bagian atas-nya yang dipake congkel. FZ6 itu shiftingnya kalau CB650 series yang ringan dan empuk banget.

Kedua motor bisa MMBlog katakan sebagai motor gede seken yang highly recomended masbro. Sama-sama enak dan siap untuk dipakai gimanapun juga, terutama XJ6, siap dipakai harian banget ini motor. Namun sayang, kalau FZ6 jarang banget unit resminya, wong unit NP-nya aja juga enggak banyak. Untuk XJ6, adalah beberapa yang jual, tiap tahun biasanya ada aja yang jual FP-nya Sob. lah itu motor XJ6 ini aja udah mau dijual tuh sama Mas Algie ownernya, lain Suhu-nya Suhu, Sultan-nya Sultan mah, wkwkwkwk.

Oke deh, semoga berguna yah Sob!

instagram

Villa Kanaya

4 COMMENTS

  1. Anak jaman sekarang taunya power dan power + top speed. Makanya mw genre apapun yg di cari top speed. Beli motor touring yg jadi fokus top speed bukan kenyamanan. Beli motor klassik yg jadi konsen performa bukan menambah kenyamanan biar makin klassik.

    Klo mw klassik ngapain update performa? kenapa gak fokus ke klassik biar makin keren? klo mw kencang ya beli GSX/R15 VVA. Standard nya udah kenceng.

    kayak Versys 250, adu kebut ama Ninja RR. Pake Box Givi pulak… Body tinggi + Box aja udh menghalangi motor untuk berakselerasi. Klo mw adu kebut ngapain Versys? kenapa gak Ninja 250 atau CBR250RR? Udh pasti Ninja RR keok….

    Aneh…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here