Pengendara Perokok Akhirnya Kena Tilang, Lebih Gencar Lagi Pak!

8
Villa Kanaya

Sobat MMBlog sekalian, akhirnya ada kabar gembira untuk kita semua, sayangnya ini bukan lagi ekstrak kulit manggis yang udah mulai tenggelam pamornya walaupun bisa bikin hidup lebih sehat (mungkin). Kabar ini datang dari kepolisian republik Indonesia yang telah menindak tegas pengendara motor yang merokok di jalanan, cakep Pak, lanjutkan, saya dukung!

Pengendara sepeda motor yang merokok di jalanan, jelas banget ini bisa membahayakan orang lain. udah beberapa kali MMBlog kelilipan abu rokoknya. Rasa panas, perih, dan beresiko tinggi bener-bener hinggap di mata Sob. memang sih, begitu di pepet dan ditegur, rokoknya langsung dibuang dan minta maaf, tapi apa emang semuanya bisa selesai dengan minta maaf? Kalau yang kena abu rokok bisa mengalami kebutaan gimana?

Villa Kanaya
gile, motor udah ngebul, ridernye ngebul, ini vape kayaknya

Dilansir oleh detik.com sejumlah 652 pengemudi di jalan telah terkena tilang karena merokok. Seperti yang telah termaktub di pasar 283, “Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).”

Nah, Sedangkan aturan tidak boleh merokok bagi pengendara motor diatur dalam Pasal 6 huruf (c) Permenhub No 12 Tahun 2019 yang berbunyi: “Pengemudi dilarang merokok dan melakukan aktivitas lain yang mengganggu konsentrasi ketika sedang mengendarai sepeda motor.” Nah, enak dah nih kalau udah ada payung hukumnya gini Masbro. Lagi ngapain sih ngerokok sambil riding, apa enaknya? Mending berenti aja dulu kalau pengen ngudud, kalau sambil jalan gitu itu rokoknya kan juga cepet abis kena angin dari depan.

Masih untunglah di Indonesia masih bisa (relatif) bebas ngerokok di mana aja, tinggal berenti di warung, ngudud bentar, kelar jalan lagi. Ketimbang di jalanan, abunya kena mata pengendara lain, serem Om. Buat Pak Polisi, gas terus jangan kasih kendor ya pak, kalau perlu pake cruiser control!

instagram

Villa Kanaya

8 COMMENTS

  1. Nah setuju nih bila perlu denda yg gede sejuta kek…tuman! Mata sy pernah kena sakar rokok..gedek amat dah..mereka tuh ciri2 orang egois….ga mikirin org lain

  2. akhirnya ada payung hukum yg mengatur juga. selama ini cuma bermodalkan knalpot freeflow buat negor perokok yg sambil naek motor, kalo ada perokok buru2 salip pindah kedepanya terus geber2 tipis. pasti langsung risih mukanya ke tembak2 ?

  3. perokok di mobil yg tangannya sering nongol di jendela buat buang abu rokoknya, juga perlu ditindak. Saya rasa resikonya sama besarnya itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here