SIM C Akan Dibagi 3 Golongan Tahun Depan, Semoga Gak Ngaret!

6
Villa Kanaya
SONY DSC

Sobat MMBlog sekalian, berita mengenai pembagian SIM C untuk motor menjadi tiga kategori, sebenernya bukan lagi berita baru. MMBlog udah pernah bikin artikel ini ketika 2 tahun lalu. Beritanya rencananya akan diberlakukan pada tahun 2017, tapi sampai tahun 2018 kemarin, masih belum ada sosialisasi terkait hal ini. Nah, beberapa hari ke belakang, ternyata ada berita lagi dari media online, kalau SIM C atau SIM motor akan mulai di bagi 3 pada tahun 2020.

Upaya pemerintah dalam penggolongan SIM berdasarkan model dan tipe kendaraan sebenernya udah terealisasi untuk kendaraan roda empat. Seperti yang udah kita ketahui bersama, kalau untuk menggunakan mobil secara umum, kita harus menggunakan SIM A, tapi untuk kendaraan besar macam truk dan bus, maka SIM yang harus dilegalisir adalah SIM B1, atau SIM B2. Motor, rencananya juga demikian,

Villa Kanaya
Simpel

Ada SIM C yang digunakan untuk pengendara motor dengan CC 250 ke bawah. Terus ada SIM C1 yang digunakan untuk rider motor 250 – 500 CC, dan SIM C2 adalah untuk motor di atas 500 CC. Ngaretnya penggolongan SIM ini salah satunya adalah karena terkendala urusan pendanaan, infrastrukturnya juga ternyata belum siap. Ya MMBlog sih sebagai biker, dukung banget rencana ini. Dan semoga aja enggak ada acara ngaret lagi, kalau sampai 2030 ya gawat juga :mrgreen: .

“Penggolongan SIM itu sedang kita garap, dan lengkapi dulu sarana dan prasarananya. Target kita setidaknya bisa dimulai pada 2020. Tetapi kami optimistis tahun depan sudah bisa diterapkan. Kami usahakan itu agar menjadi lebih baik lagi,” Ujar Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Refdi Andri. Yang MMBlog penasaran dari SIM C2 itu sebenernya gimana cara bikinnya dan test-nya. Pake motor sendiri atau pake motor Pak Pol ya kira-kira? Biayanya juga mungkin lebih tinggi. Terus, kalau ada razia, kayaknya tiap moge bakalan di berentiin dah nih :mrgreen: .

Oke deh, kita tunggu aja sampai tahun depan!

instagram

Villa Kanaya

6 COMMENTS

  1. Masi bingung ama ni peraturan ?
    Sbnernya C saja cukup. bedanya apa juga, cma cc kan. Klo mobil truk dll pasti perlu karena ni menyangkut haluan lebar kendaraan.
    Lama” sim C dipecah jadi 3 lagi tuh. C matic, C bebek, C kopling ??

    • beda cc beda perlakuan lah mas 🙂 di eropa aja untuk learner, dilarang naik motor diatas 125cc kok, karena jelas beda cc beda respon mesin dan tenaga. yakali disamain moge 600 cc sama motor 150 cc tarikannya

    • Naek RGR ama Ninja 250 aja udh beda perlakuannya. Naik MX King ama Tornado GS aja beda perlakuannya. Apalg bawa 500cc keatas. Jangan harap naik Ninja 500 bisa selap selip dengan gampang kayak naik matic 110cc.

  2. bro van, pertanyaan iseng nih, kalo cc motor pas persis 250CC, tidak kurang tidak lebih, berarti tidak 250 keatas dan tidak 250 kebawah. Lalu SIM C nya yg mana ya?

    • mustinya kalo 250cc keatas/ kebawah berarti cc 250 pas ttp termasuk

      kalo secara mesin, gaada motor yang ccnya pas 250 cc wkwk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here