Ternyata Yamaha Sudah Punya Motor 3 Silinder Sejak Lama, Yamaha XS750 dan XS850!

20
Villa Kanaya

Intro

Sobat  MMBlog sekalian, mesin tiga silinder bisa dibilang sebagai mesin yang enggak terlalu umum di kalangan bikers. Secara karakter sih sebenernya dan faktanya, memang menarik banget, tapi tetap, popularitas mesin tiga silinder enggak kayak mesin empat silinder, atau mesin V-Twin. Salah satu mesin tiga silinder yang paling berkesan buat MMBlog pribadi adalah mesin tiga silinder CP3 milik Yamaha. Itu di Era moderen, ternyata di masa lalu, Yamaha udah punya juga mesin tiga silinder masbro, wah ini! Emang kayak apa dan dipasang di motor apa?

MMBlog pribadi, baru tahu loh Sob kalau ada varian Yamaha XS750 atau Yamaha XS850. MMBlog taunya cuman Yamaha XS650 doang yang inline twin :mrgreen: dan sekarang lebih banyak yang gak orisinilnya ketimbang yang orisinil. pada tahun 1976 sampai tahun 1981, Yamaha telah memproduksi motor yang bernama Yamaha XS750 dan Yamaha XS850 dengan mesin tiga silinder! Secara tampilan, motor ini hadir laik-nya motor-motor sport UJM saat itu. Tangki sama jok rata, lampu depan bulat di chrome, dan motor ini siap untuk bertarung melawan sang nemesis, Honda CB750 yang sudah terlalu populer saat itu.

Villa Kanaya

Yamaha XS750 adalah motor yang mendapatkan predikat sebagai “Bargain BMW” oleh majalah Cycle World, dan meraih kesuksesan sebagai 10 motor yang tertinggi penjualannya ketika tahun 1976, wuih lumayan juga nih penjualan motor tiga silinder, padahal enggak umum. Selayaknya motor-motor yang populer, kayak Suzuki GSX-R dengan panggilan Gixxer-nya, Yamaha XS750 juga punya panggilan tersendiri yaitu “Triple”, yang pastinya, diambil dan dibuat dari mesin tiga silindernya itu masbro.

Beda dengan Suzuki yang hadir dengan Suzuki GT series, macam GT380, GT500, dan GT750 yang juga bermesin tiga silinder tapi dua tak, Yamaha lebih memilih opsi mesin tiga silinder dengan mesin empat tak. Hmm, kayaknya karena ngelihat sukses besarnya Honda CB750 nih, tapi kasih perbedaan sedikit dengan konfigurasi mesin, mantaaabb juoozzz gandooozzzz 😆 :mrgreen: .

Contents

instagram

Villa Kanaya

20 COMMENTS

  1. Tahun 80-an awal sering lihat tanki kayak gitu. Tetangga sih. Tapi mungkin mocil n 2tak. Yamaha juga tulisannya.
    Buntutnya ga suka model gituan. Kecuali yg xs850, dikasih handle soalnya
    Classic retro. Jaman nya Charles Bronson

  2. Retro Klasik Gagrag Jepang
    Atau gaya yg lain /eropah.
    Mereka yg peduli, bukan cuma biker. Tapi juga seorang artist/seniman.

    Itu menurut IMHO saya lho

  3. Wooo…. Ini cikal bakal xsr. Ortu / bapaknya!
    Like to stare at xs850. Why? I don’t know lahh….. If it gets spoke wheels, I think it could be much more ciamik

  4. Salam bro Van, bicara 3 silinder dan seri GT triple suzuki, saya jadi coba me-recall momen waktu sd dibonceng sama pak lik’ saya naik KAWASAKI KH 400 S3 Triple,(my1976), …. motor 2tak 400 cc, tiga silinder,transverse,air cooled,120km/h @7000rpm banter..juozz 😉

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here