Ketika Kabel Kopling Putus Dijalan, Apa Yang Harus Dilakukan?

26
Villa Kanaya

Sobat MMBlog sekalian, di artikel ini, MMBlog pengen sharing pengalaman. Pengalaman yang aslinya, memang gak ada enak-enaknya. Ada yang tau apa? Ketika lagi asyik berkendara, dan tiba-tiba kabel kopling putus, waduh! Terus, kudu gimana ini Mas?

MMBlog udah pernah ngalamin kabel kopling putus di jalan dua kali. Dua-dua-nya menggunakan Suzuki Thunder 250. Sebenernya, gejala kabel kopling mau putus itu kerasa loh, kalau mau putus di atas pas tuas kopling ditarik, maka terasa kendor dan ada rasa cetak-cetik, tapi kalau putus di bawah, niscaya gak kerasa apa-apa, tiba-tiba ngeplek aja itu tuas kopling di tangan kiri :mrgreen: .

Villa Kanaya

Tentu saja, solusi yang harus dilakukan adalah mencari kabel pengganti, tapi gimana ceritanya? Emang bisa riding tanpa tarik kopling? Jawabnya, BISA! Untuk start awal, untuk masukin gigi, temen-temen kudu seenggak-nya bikin motor gelinding dulu, setelah gelinding, langsung masukin ke gigi 2, alias congkel, dan kasih gas dikit, memang akan terasa loncat, dan gak enak, tapi mau gimana lagi?

Riding disini, baiknya hanya menggunakan gigi 2 aja masbro, jangan dinaikin jadi gigi 3 dst, nah, begitu kena lampu merah, dari gigi 2, pada umumnya motor bisa di netralin dengan halus dan mulus, jadi aman. Untuk bisa start, lakukan lagi langkah awal yaitu buat motor gelinding dulu. Mas, tapi kalau macet gimana ini? Jelas kagak berlaku lah. Lalu solusinya?

Cari bengkel terdekat dengan menggunakan ojek online, beli kabel kopling punya vespa beserta nepalnya, balik lagi ke motor, dan pasang, untuk darurat, kabel Vespa feat Nepel lumayan membantu kok Sob. gimana? Ada cerita gak nih? kalau motor langka sih baiknya emang bawa serep Sob, tapi kalau motor pasaran, yaa masih lebih enak lah. Semoga berguna ya!

instagram

Villa Kanaya

26 COMMENTS

  1. pernah kejadian kaya gini pake old vixion di gatot subroto pas jam pulng kerja, minta tolong abang ojol beliin kabel kopling vespa plus nepelnya, pas mau dipasang trus buka jok..taraaaaa…lupa bawa obeng, minta tolong abang ojol lg buat beli obeng..ada baiknya kita cek dulu kita bawa tools atw ga, jadi nanti minta tolong beliin kabel, nepel plus obeng sekalian…biar ga kerja dua kali

  2. Pernah kejadian turing Bromo Yogya..pas turun dari Cemars Kandang, kqbel Versys 650 temen putus. Coba dibenerin ga bisa dan krn sdh jam 21.00. Maen game lampu merah. Motor di dorong dan di “gejluk”. Kebayang kan berapa banyak lampu merah dari Solo sd Yogya. Karena komunikasi pake intercom setiap lampu merah dia disuruh pelan…begitu ijo suruh gas pol…kalau terlambat suruh ngblong pelan2..

  3. untung dulu mah putus kabel kopling pas baru nyampe d rmh wkt mau netralin gigi, padahal sebelum putus sempet nyalip bus yg agak kenceng.

    • Gak ada om, ganti kira kira kalau udah mau putus atau udah seret gak bisa dilumasin lagi

    • Comment:
      sebenernya bisa di lumasin, tapi harus sabar di diriin / di gantung, tetesin oli,
      pakai nvl udah 5 thn ini belum pernah putus, setiap 6 bln di lumasin

    • begitu ya kang vandra, saya kira ada waktu berkalanya

      om indutt : wah mantep itu ampe 5 taun ga putus putus, tar nyoba ah kalo servis sekalian di oli-in kabel koplingnya 😀

  4. Alhamdulillaah belum pernah mengalami, dan semoga tidak mengalami.
    Kebiasaan saya, hari Sabtu adalah “Hari Mengecek Semua Motor & Mobil”.
    Jadi kalo ada kabel kopling yg baru putus satu strand kabelnya, bisa ketahuan dan langsung diganti.

  5. Kabel Vespa utk darurat OK. Tapi sebaiknya segera diganti yg orinya. Krn dulu saya pake kabel Vespa terus menerus kopling saya terasa sangat berat sampe tangan keram. Begitu ganti orinya langsung kopling uenteng buanget spt sediakala.
    .
    Dulu saya pakai di RGR 150. Dan kelemahan kabel Vespa dipasang di RGR adalah sering putus di ujung nepelnya. Kalau baut nepel kurang kencang kabelnya molos. Kalau terlalu kencang juga putus.

  6. Pernah kejadian juga ane om. Udah ada feeling sebelumnya, karena udah putus satu strand nya. Eh, kabel barunya ditinggal di rumah. Untuk putusnya baru 1km dari rumah. Jadinya balik ke rumah jalan kaki deh. Dulu ojol belum ngetrend..

  7. Motor umur 3thun.. sdh ganti kabel kopling 3x seling vespa 2x..
    Pernah kejadian putus saat mw brgkat kerja. dari rumah, kopling udah berasa enteng masukin gigik keras.. gass aja waktu sdh mepet. Pas nglewatin perlintasan kereta api tiba- tiba motor mati pas tengah2 rel.. kaget, panik juga cz yg belakang udah klaksonin gk berhenti berhenti.. udah mikir kayak mobil tiba-tiba mesin mati kalo dtengah rel kayak yg di tipi tipi.. akhirnya motor titipin warung kopi.. nyari tebengan..

  8. Pernah punya kejadian yg sama, motor ane waktu itu pulsar 180 dan kopling putus (putus bawah pula jadi ga kerasa) pas kondisi udah malem. Untung ada bapak ojek baik hati yg mau stut (zaman belum ada ojol) sampe dapet bengkel terdekat, dan pulsar ane waktu itu pake kabel kompling vespa juga hehe

  9. Pernah ngalamin, pakenya vespa. Trpaksa pake ilmu yg sesuai artikel. Karena capek akhirnya berhenti di warung penyetan dan makan ayam penyet. Ternyata enak dan saya nambah nasinya. End.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here