Honda CB650R VS Kawasaki Z900RS, Bingung Mau Pilih Mana (Ceritanya)

21
Limited

Intro

Sobat MMBlog sekalian, pasca hadirnya motor keren Honda CB650R, muncul nada-nada dan suara yang pastinya akan membandingkan motor ini dengan motor sejenis. Salah satu kandidat motor yang dijadikan “lawan” Honda CB650R the one and only, hanya Kawasaki Z900R. Karena apa? Karena secara platform mesin, secara tema, dan secara harga, memang kedua motor sedikit banyak, atau mungkin banyak, punya persamaan. Lalu, timbul pertanyaan, Mas, Gue bingung nih, pilih yang mana ya mas? Ashiiaaappp!

Motor retro, tampaknya, virusnya baru akan menjangkiti trend motor di Indonesia. di Eropa dan Amerika, trend motor retro sudah mulai settle dan mulai mantab, sejak tahun 2016 kemarin. Kalau trend scooter mah di Eropa apalagi, udah lama masbro, di Indonesia baru-baru ini, hmm. Kembali lagi ke topik, Honda CB650R VS Kawasaki Z900RS, emangnya kedua motor ini layak untuk disandingkan? Dijadikan lawan? Dan di mending-mendingin? Jawabnya? Ya sah dong!

Di artikel ini, MMBlog akan bahas komparasi motor secara menyeluruh masbro, tenang, artikel panjang lagi ini karena emang menarik.

Pertama, kita bahas dari sisi mesin. Kedua motor bisa dibilang mengusung mesin yang memiliki platform mirip-mirip. Sama-sama menggunakan platform mesin empat silinder segaris yang suaranya tetap dan selalu akan bikin yang mendengarnya merinding, mungkin suara ini yang paling di demenin ama anak motor, setelah suara itu, suara apaan sih? suara geledek! Puas?!

mesin

Yang satu, Honda CB650R, mesinnya merupakan pengembangan dan upgrade dari Honda CB650F. Untuk spek Euro, powernya bisa sampai 94 daya kuda di 12.000 rpm, sedangkan untuk Indonesia, cukup 84 daya kuda aja di 11.000 Rpm. Tenaga yang cukup lumayan dan kuat untuk ngacir dari 0-160 km/jam tanpa kesulitan sama sekali! Mesin ini juga halus banget! Ditambah ada kontrol traksi, gak kebayang gimana enaknya ini mesin responnya.

Yang dua, Kawasaki Z900RS, mesinnya merupakan penyesuaian dan downgrade dari Mesin Kawasaki Z900. Tenaga puncaknya bisa sampai 109 daya kuda, yang mana, memang lebih lebih kecil sedikit dari Kawasaki Z900. Tenaga di atur agar lebih smooth, sesuai dengan tema RS yang klasik. Tetap bertenaga, tapi gak thrilling masbro. Walaupun CC-nya lebih besar dari CB650R, tapi downgrade, mempengaruhi orang mau beli? KAGAK :mrgreen: .

instagram

21 COMMENTS

    • Masuk segmen moge di indo mah ga usah ngomgin worth it ato ngga lah, harga nya udah kacau klo masuk Indo, ga sesuai harga aseli nya lagi.. tergantung selera dan niat buyer aje..
      R6 terbaru itu dalam dollar kisaran $12.200, sedangkan CB650R klo gasalah kisaran $8.900, lalu masih mau ribut worth mana? udh kelihatan kan? masuk indo ya tau sendiri pajak nya berapa, belum lagi beda pabrikan ya beda kebijakan harga nya, mau di up sebarapa banyak… org byk duit mah mgkn ga mikir worth yg mana, yg penting yg dia suka aje lah.. ga usah ente repot2 pikirin hahaa..

    • gw gak peduli pajak dan tetek bengeknya. yang pasti yamaha R6 motor fairing, pakai frame dan sub frame full almu, mesin 16000 rpm, harganya sama dengan cb650r, motor naked, rangka baja, mesin 13000 rpm. cb650r lawannya mt-07 kan? gak mungkin juga mt-07 seharga yamaha R6.

    • @Mas Vandra, klo liat website yg skrg emg masih ada yg 270 om, tapi yg kluaran lama..
      Klo yang baru sih masuk sini mgkn bs 300-400an jt yah hehe..
      suka2 si @takadayangmampu aje dah om, yg ptg kita tggu aja, udah jas jes jos awas aja klo gag beli itu R6 nya hahahaha.. (dan sayang nya lagi2 mindset nya org indo banget, liat nilai motor dari fairing atau ngga nyah… ini yg bikin naked cc 250an susah laku dsni.. di sangka nya cuma tambahan plastik di body nya itu bikin harga nya harus terpaut jauh dgn yg naked, padahal sikonnya gag gtu… production cost n material gag beda jauh..)

  1. Tinggal menunggu MT07/XSR series, jaminan bakal mengacak2 permogean asal pricingnya cerdas juga. 4 Silinder emang bengis, tp 2 silinder 270° Crankshaft ? Brup brup brup !!! 2 silinder inline rasa HD euy wkwkwk

  2. Kalo diliat dri fitur masih mending milih cb lah om, juga cc 650 itu udah lebih dri cukup di Indonesia, kecuali kyak di Malaysia itu moge bisa masuk tol lah cc gede bisa bermanfaat..😅
    Just my opinion..

    • Satu lagi,klo lagi sambil jalan liat fitur2 di spedonya itu ngerasa bukan bawa motor 650cc.. serasa bawa superbike like 1000cc..hihi✌️✌️

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here