Suzuki Sixteen, Matik Suzuki Yang Elegan, Moderen, Pelek 16 Inci, Gimana Kalau Dipasarin di Indonesia?

13
Villa Kanaya

Intro

Sobat MMBlog sekalian, melanjutkan mengenai artikel kemarin, INI, di artikel ini, MMBlog akan membuat artikel yang berdedikasi terhadap Suzuki Sixteen. Suzuki Sixteen adalah matik Suzuki yang dipasarkan di Eropa. Tapi sayang, motor ini saat ini sudah gak ada lagi alias sudah di suntik mati masbro. Emang kayak gimana sih motornya? spek terdalamnya kayak gimana? Oke deh, kita bahas bareng-bareng yuk, lumayan buat pengetahuan di dunia permotoran.

MMBlog sebelumnya sempat mikir dan bertanya-tanya, emangnya Suzuki enggak punya apa ya mesin 125-150 CC yang bependingin cairan? Ya emang ada sih, tapi kalau perkara mesin Suzuki UH125 atau Burgman 125, kayaknya kecanggihan dan kemahalan dah itu mesin. Telusur punya telusur, ternyata ada juga varian mesin matik Suzuki berkubikasi kecil yang bisa lah head to head sama Vario atau Lexi, ya mesin Suzuki Sixteen ini.

Villa Kanaya

Suzuki Sixteen, kalau melihat namanya, Sixteen punya padanan arti enam belas (16) di dalam bahasa Indonesia. mungkin, dinamain Sixteen atau 16 ini karena peleknya menggunakan pelek ring 16 yah Sob. di Eropa, skutik dengan pelek 16 bisa dibilang lazim dan lumrah. Tapi tetep aja sih, variannya gak banyak-banyak banget yang pakai velg ring 16 ini. Lebih banyak yang pakai ring 10, 12, atau 14, nah.

Lalu, kenapa motor ini muncul? Dari berbagai literature lawas yang MMBlog baca, Suzuki Sixteen hadir dengan latar belakang Honda SH150 yang saat itu sangat dominan di pasar. Pada akhir tahun 2007, Suzuki Sixteen dikenalkan, dan pada tahun 2008, motor ini dijual bebas di pasaran. Honda SH125/150 beda nasib loh antara di Indonesia dan di Eropa, motor ini laku banget Sob! kemudian, Suzuki Sixteen memainkan perannya dengan amat sangat baik.

Pertama yang dilaunching adalah Suzuki Sixteen 125, baru beberapa tahun kemudian, dilaunching juga Suzuki Sixteen 150.

Suzuki Sixteen sendiri adalah skutik yang masih mengusung panel analog untuk area dashboardnya. Instrumennya lumayan sederhana untuk skutik elegan, hanya ada speedometer, fuel indicator, dan temperature gauge. Ngomongin fitur lain, Suzuki Sixteen ternyata bagasinya enggak luas-luas amat, tapi tetap punya kompartemen di dek depan, hmm, secara praktikalitas, masih dibawah Honda SH series.

Contents

instagram

Villa Kanaya

13 COMMENTS

  1. Comment:
    suzuki….oh suzuki….kapan nih addres 125, skywave 150, ga harus skutik gede, skywave ban nya pakai punya sixteen ini juga udah mantap.
    ring 16 lebih nyaman di kendarai!!!

    • Secara visual bagus tapi mirip honda SH,pasti banyak yg hujat ini motor boleh jiplak.saya setuju ini motor masuk indo dengan catatan main di kelas 125CC radiator,terus fitur carger usb di sematkan,saklar pass beam boleh tuh soalnya belom ada matic indo pakai saklar pass beam,selebihnya kalo masalah cost bikin speedo analog digital,lampu boleh bohlam tapi kelistrikan sudah DC biar yg mau modif tinggal beli lampu di olshop,untuk urusan velg bisa tuh pasang velg jari jari tubeless ukurannya standar aja 14 inch alasannya biar cari ban aftermarket gampang.mungkin itu saja sarannya moga berguna buat petingginya & mang vandra

  2. Desain eropa banget, elegan. Ini motor sama sh150 kelas entry level atau apa om kalo di eropa?

    Saya suka jg sama sh150 asal seharga mbit atau vario ? #ngayal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here