Alternatif Jalan Ke Pansela, Via Sukabumi Tangkil-Agrabinta Recommended!

5
Villa Kanaya

Sobat MMBlog sekalian, minggu lalu, MMBlog ngadain lagi touring private dalam rangka manasin motor dan pengen tau, ini badan masih kuat ape kagak ye kalau diajak motor agak jauhan pake motor 600 CC, xixixi. Terlebih beberapa hari sebelumnya malah abis vaksin booster yang lumayan bikin semriwing badan, yaudah, gaslah, mumpung rejeki dan ada kesempatan. tujuannya? Pangandaran aja, karena trek pansela itu emang enak banget.

Sebelum jalan, MMBlog diskusi dulu sama Ihsan, wkwkwk, ya siapa lagi tandem touring private MMBlog? mau touring sendiri, gak seenak itu kalau buat ane pribadi Sob. gak ada yang ngejar dan gak ada yang dikejar, hehehe. diskusi terkait rute yang akan ditempuh. Karena jujur, pansela itu enak, surga, tapi menuju kesananya itu, ada momoknya. mau lewat ciwidey naringgul kejauhan kalau dari jakarta, mau lewat cianjur selatan cibeber sindangbarang, itu jalan dari jaman kuda makan somay kok ya rusak terus, nah ada satu trek lagi sebenernya.

Villa Kanaya

Yups, dengan adanya mbah google, bisa dilihat ada trek yang namanya jalan Tangkil – Agrabinta, sukabumi. liat di google, jalan ini terasa lebih syahdu, perkara rusak, MMBlog lihat di street view kok ya masih mending. memang relatif lebih jauh daripada lewat cianjuer selatan, tapi ya gpp lah agak jauh, yang penting rusaknya gak terlalu banyak dan gak terlalu parah. jujur, lewat jalan rusak pakai mas moel itu bener-bener nguras tenaga. suspensi khas motorsport bener-bener bikin badan kelojotan :mrgreen: .

perbatasan tegal buled

oke, gas dari Depok jam stengah 6 pagi, enak nih, masih syahdu. lewat jalan besar terus aja, Raya Sukabumi, cijeruk, cibadak, weleehh, pagi-pagi udah macet aja ini jalan. ajib kopling mas moel, tangan kiri langsung fitness, untung aja masih pagi cuaca adem. nah, dari jalan raya sukabumi ini, temen-temen terus aja, sampe lewat pertigaan yang ke kanan ke cikidang, lewatin, nanti temen-temen bakalan ketemu sama pertigaan ke kanan lagi, tulisannya adalah Jalingsel, alias Jalur Lingkar Selatan. belok kanan aja.

ini jalan one way, satu arah kita, dan satu arah berlawanan dipisah oleh separator, jalannya besar. nah, ikutin terus, nanti temen-temen akan nemuin lagi belokan ke kanan, pertigaan baros, tapi kudu muter balik dulu kalau mau belok kanan. nah dari sini, temen-temen tinggal ikutin jalan aja, bener-bener ikutin jalan. nanti temen-temen bakalan disuguhin nuansa jalan kota, jalan desa, terus masuk hutan, terus jalanan pinggir sungai, lengkap intinya.

ini rutenya

jalanan rusak bakalan temen-temen temuin dari mulai baros sampai nyalindung (alfamart). tapi serius, rusaknya gak parah-parah amat, dan masih sedikit lah itungannya. setelah dari situ, aman udah, nyalindung sampai pansela, jalannya 85 persen mulus dan bisa banget dinikmati, sedap Sob, asli sedap. sampai pansela, temen-temen langsung di suguhin jalan agrabinta yang wuih, aspalnya alus, mulus, empuk, enak bener buat digas sampai sindang barang.

Lumayan enggak terlalu menguras tenaga, apalagi si Isan yang bawa Mas Karebet alias MT25 jejaden, wkwkwk, mana setangnya udah ane ganti SOb, jadi makin nyaman aja itu motor lho. dari subuh, tiba di pansela bawah situ jam 11, ya emang lebih makan banyak waktu sih. tapi oke banget.

nah, semoga bisa jadi tambahan referensi touring temen-teman yah.

instagram

Villa Kanaya

5 COMMENTS

  1. Alhamdulillah mas van, jalan dari cibeber sampai sindang barang sedang dalam proses pengaspalan ulang. Insya Allah ahir tahun ini selesai, saya dah ga sabar pengen buru2 turing ke pangandaran via pansela. Oh iya untuk jalur ciwidey naringgul cidaun dah 100% mulus.

  2. Nah ini artikel yg di tunggu..

    btw, sblm puasa kemaren ane juga nyoba jalur pansela bang.. dari pangandaran ke cidaun terus belok ke naringgul dan ciwidey, cm dari naringgul jalur nya agak sempit kalo papasan mobil..jalur pansela emang keren, jl mulus adem banyak jl lurus dan datar kadang ane bisa 100km lebih hehe.. komplit lah jalur pansela mh ada pantai dan juga hutan, asyik.

    next pengen cb rute nya ini.

  3. karna yg di cari ga selama nya cepet2an sampe tujuan, tapi kualitas perjalanannya itu sendiri..

    akhir nya muncul lagi artikel trip gini mas, makasih loh,, hehehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here