Deretan Fitur Moge yang Hadir Pada All New R15M Connected ABS

4
Villa Kanaya

Sobat MMBlog sekalian, Kehadiran All New R15M Connected ABS di akhir tahun 2021, sukses menarik perhatian para pecinta Motorsport di tanah air. Pasalnya, selain tampil dengan desain anyar yang sporty dan aerodinamis, varian tertinggi dari generasi terbaru R15 tersebut turut menyajikan banyak fitur unggulan yang mampu mengoptimalkan performa saat berkendara. 

Tidak hanya untuk mendukung mobilitas harian, beragam fitur baru tersebut juga bisa diandalkan untuk menunjang hobi konsumen saat berakselerasi di atas lintasan sirkuit. Bahkan jika dicermati, ada beberapa fitur pada All New R15M Connected ABS yang begitu superior karena sering dijumpai pada motor berkapasitas mesin besar atau “Moge” dan tidak dimiliki oleh motor sport fairing lain di kelasnya.

Villa Kanaya

“Pengalaman panjang berkompetisi di kejuaraan balap dunia yang diiringi dengan pesatnya perkembangan teknologi dan tren gaya hidup saat ini, memotivasi Yamaha untuk terus berinovasi dalam menyempurnakan varian R-series, termasuk pada All New R15M Connected ABS. Sentuhan inovasi tersebut, tidak hanya hadir pada sisi desain dan performa mesin, namun juga melalui kelengkapan fitur superior yang terinspirasi dari motor sport ikonik Yamaha, yaitu YZF-R1M dan YZR-M1 agar dapat memenuhi kebutuhan dan harapan para pecinta Motorsport di Indonesia, dalam menikmati aktivitas berkendara mereka,” terang Antonius Widiantoro, Manager Public Relation, YRA & Community, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

Lantas fitur-fitur Moge apa saja yang terdapat pada All New R15M Connected ABS, sehingga membuat motor ini menjadi fenomenal dan begitu superior di segment Sport Fairing 150-155cc, simak penjelasannya di bawah ini.  

  • Quick Sifter (QS)

Quick Shifter menjadi salah satu fitur unggulan pada All New R15M Connected ABS yang familiar dijumpai pada Moge, terutama yang berjenis Sport Fairing. Fitur ini memang menjadi dambaan bagi para pecinta Motorsport yang gemar balapan. Hal tersebut dikarenakan, kehadiran Quick Shifter memungkinkan pengendara melakukan pengoperan gigi ke atas tanpa perlu menekan tuas kopling, sehingga proses perpindahan gear menjadi lebih cepat dan nyaman untuk mendukung akselerasi berkendara yang lebih tinggi.   

  • Y-Connect

Fitur konektivitas merupakan fitur yang juga banyak dimiliki oleh motor-motor berkapasitas mesin besar dan telah dihadirkan pada All New R15 Connected series melalui perangkat teknologi Communication Control Unit (CCU). Dengan hadirnya fitur ini, pengendara dapat dengan mudah memperoleh informasi terkait kondisi sepeda motor dan data berkendara secara real time melalui aplikasi Y-Connect yang ada pada smartphone.

Adapun fungsi layanan yang terdapat pada aplikasi Y-Connect meliputi informasi kondisi oli dan aki sepeda motor, informasi lokasi parkir terakhir saat motor terhubung dengan Y-Connect, notifikasi telfon dan pesan masuk, data konsumsi bahan bakar, Revs Dashboard dengan tampilan menarik yang dilengkapi dengan eco indicator serta Rank yang membuat pengguna Connected model Yamaha dapat saling berkompetisi dalam hal perolehan eco point (keiiritan berkendara) dan mileage (jarak tempuh).

  • Dual Channel ABS 

Motor berkapasitas mesin besar umumnya telah dilengkapi dengan beraggam fitur keselamatan yang mendukung kegiatan berkendara. Menariknya, pada All New R15M Connected ABS yang notabene merupakan motor sport fairing di kelas 150-155cc, ternyata sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan ala moge yang cukup lengkap, terutama untuk menunjang kontrol berkendara yang lebih maksimal.

Salah satu fitur tersebut adalah sistem pengereman Dual Channel ABS yang berfungsi mencegah kedua roda terkunci saat pengendara melakukan pengereman secara mendadak atau hard braking. Dengan kedua roda yang tak terkunci, otomatis motor menjadi lebih mudah dikontrol untuk menghindari objek atau benda yang menghalangi di depan. 

  • Traction Control System (TCS) 

Fitur keselamatan lain yang teradapat pada All New R15M Connected ABS adalah Traction Control System (TCS). Keberadaan fitur satu ini memiliki peran penting dalam menjaga ban belakang agar tidak kehilangan traksi saat motor sedang berakselerasi di permukaan jalan yang licin, seperti jalanan berpasir atau yang basah selepas turun hujan.

  • Full Digital Speedometer with 2 Option Riding Display

Fitur menarik ala Moge lainnya yang terdapat pada All New R15M Connected ABS adalah perangkat speedometer yang menyajikan dua opsi tampilan, yaitu “Street” dan “Track” mode. Untuk Street mode, tampilan speedometer lebih mendukung untuk kebutuhan berkendara harian, sementara Track mode tampilan layar dirancang untuk mendukung kegiatan hobi membalap di lintasan sirkuit karena dapat menunjukan waktu lap tercepat dan terlambat.

  • Upside Down Suspension

Pada bagian kaki-kaki motor, All New R15 Connected series juga telah dilengkapi suspeni berjenis Up Side Down yang mayoritas telah banyak diadopsi oleh motor berjenis Moge. Kelebihan dari penggunaan suspensi berjenis ini, selain dapat memberikan handling yang lebih stabil dan maksimal saat sedang bermanuver, suspensi berjenis Up Side Down juga mendongkrak tampilan motor menjadi lebih maskulin dan gagah.

All New R15 Connected series saat ini ditawarkan dalam dua varian, yaitu All New R15M Connected ABS (Icon Performance dan Yamaha 60th Anniversary WGP livery) serta All New R15M Connected (Icon Blue dan Tech Black) yang dijual seharga berikut ini :

  • All New R15M Connected ABS Yamaha 60th Anniversary WGP Livery : Rp 44.100.000 
  • All New R15M Connected ABS Icon Performance : Rp 43.500.000
  • All New R15 Connected : Rp 38.900.000

*Harga On The Road (OTR) Jakarta

Untuk informasi lebih lanjut terkait produk, kunjungi website resmi Yamaha Indonesia melalui tautan berikut https://www.yamaha-motor.co.id/product/all-new-R15-connected/#

instagram

Villa Kanaya

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here