Belajar Off-Road Bareng YRA Pakai Yamaha WR155, Ilmunya Mantap!

4
Limited

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari yang lalu, MMBlog bersama dengan temen-temen blogger dan wartawan otomotif tanah air, mengikuti program atau event yang diadakan oleh PT YIMM yang bernama Media- Blogger Experience Yamaha WR155. Wah, jujur nih, naik motor trail lagi? Belajar off-road? Sebuah tantangan yang menurut MMBlog lumayan nampol, xixixi. Okelah, join dulu dengan sebelumnya manghadirkan hasil bukti negatif  SWAB Antigen sebagai syaratnya, gaspol!

Naik motor cross atau motor trail buat MMBlog pribadi adalah sebuah tantangan tersendiri Sob. belum pernah MMBlog mendapatkan edukasi yang proper tentang gimana caranya pakai motor trail atau ber-off road ria yang baik dan benar serta safety. Kesempatan ini, bersama YRA, MMBlog manfaatkan semaksimal mungkin. Karena beberapa kali ikut training YRA, ilmu praktis dan terapan yang mereka salurkan emang buat “jalanan” banget.

Villa Kanaya Viar MMBlog

Yang paling penting lagi, MMBlog itu gak tinggi-tinggi amat Sob, 167 cm, naik WR155 ini boro-boro napak, bisa naro kaki dan motor gak gubrak aja udah seneng bener, wkwkwk. nah, cara agar nyaman, serta aman buat orang yang gak terlalu tinggi terus bisa “sukses” ngamanin motor trail yang tinggi joknya 880 mm macam Yamaha WR155 ini adalah sebagai berikut masbro:

Pegang setang motor saat berdiri di sebelah kiri motor,

  1. Masukan gigi ke 1,
  2. Lepas side stand, naikin maksudnya Sob
  3. tekuk setang full ke kanan,
  4. Agak miringin motor ke kiri agar jok agak turun,
  5. Naik ke atas jok dari arah kiri motor,
  6. On-kan kunci kontak,
  7. Tekan kopling,
  8. Starter motor dalam keadaan kopling ditekan.

Dan motorpun siap gas. Ini gampang lho. Jajal dah.

Lalu YRA juga mengajarkan cara turun yang aman dan nyaman dengan WR155R. Caranya adalah :

  1. Berhenti dengan kondisi gear1 dan kopling tertekan,
  2. Matikan mesin dengan memutar kunci Offdalam keadaan gear 1,
  3. Miringkan setang ke kanan full, turunkan kaki kiri untuk menumpu,
  4. Turun dari motor,
  5. Setelah kedua kaki berada di tanah dan berada di sisi kiri motor, turunin side stand,
  6. tekuk setang ke kanan fulllalu kunci setang.

Oke, itu udah kelar tahapan pertama. Yang menarik lainnya adalah tentang gimana caranya berbelok Sob. naik motor trail itu beloknya bukan kayak motor jalanan aspal yang lean in atau, kalau belok ke kiri, badan juga codong ke kiri, nah, motor trail ini, kalau mau belok ke kiri, badan condongin ke kanan, dan emang, lebih mudah, lebih cepat, lebih tajam, dan lebih presisi, ada goyang? Udah pasti, wkwkwk. ngerem pun juga kalau bisa menggunakan rem kombinasi depan dan belakang.

Yang seru lagi, adalah perkara uphill dan downhill, tanjakan dan turunan tajam! Ini kudu fokus, dan bener-bener tipsnya mujarab! Untuk tanjakan, baiknya kita berdiri dengan mencondongkan badan lebih ke depan, yups, posisi dada mungkin bisa lebih di depan dari setang lho Sob. terus pas turunan juga, bokong di geser ke jok belakang agak diri malah lebih bagus, dan ini emang terbukti lebih aman dan juga nyaman! mantap! campaign dari Yamaha ini emang luar biasa, berasa banget ilmu yang dihadirkan masbro. Hmm, kayaknya emang kudu sering-sering nih! oia, untuk review Yamaha WR155 nya nanti bakalan MMBlog sambungin di artikel terpisah yah! sekian, terima kasih, dan semoga berguna!

instagram

Villa Kanaya

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here