Ternyata Yamaha Sudah Punya Motor 3 Silinder Sejak Lama, Yamaha XS750 dan XS850!

20

karakter mesin unik

Ngomongin mesin, Yamaha XS750 adalah motor yang menggunakan mesin tiga silinder, empat tak, dan sudah mengusung platform mesin DOHC. Terlihat dari mesinnya, area silinder head memang gede, jenong, dan ada dua benjolan yang mengindikasikan bahwa disitu ada dua noken as yang nangkring dan bersinergi satu dengan yang lain. khas mesin lawas juga nih yang hanya menggunakan pendingin udara, gak pakai radiator bahkan oil cooler sekalipun.

Tapi uniknya, biar kata DOHC, satu silinder dari Yamaha XS750 hanya memiliki dua klep aja masbro. Pistonnya sendiri punya diameter bore 68 mm, dan langkahnya 68 mm, weleehh, ternyata motor enad square atau overstroke sedikit yah! rasio kompresinya juga enggak tinggi, hanya 9,2 : 1 aja. Untuk satu silindernya, di jejali oleh satu karburator mikuni dengan venturi 34 mm. Transfer energi enggak menggunakan rantai, tapi menggunakan shaft aka kopel masbro.

Dipadu dengan transmisi lima percepatan, motor ini bisa mengeluarkan tenaga maksimal hingga 64 daya kuda di 7500 rpm. Saat itu sih tenaga 64 daya kuda udah lumayan banget! Makanya, Yamaha juga membekali motor ini dengan double cakram di depan, dan satu cakram di belakang untuk menghentikan laju motor secara lebih kuat dan lebih aman, apalagi ini motor juga berat lho, berat kotornya sampai 250 Kg! Aje gile lebih berat dari Kawasaki Z800! :mrgreen: .

Kiprah Yamaha XS750 akhirnya selesai pada tahun 1980, dan langsung digantikan dengan Yamaha XS850 yang punya kubikasi lebih besar. Sebenernya sih CC-nya 826 CC, tapi ya digenep-genepin dah tuh :mrgreen: . nah, Yamaha XS850 mesinnya juga sama tiga silinder, tapi ini motor dibikin lebih GEDE lagi secara dimensi. Kalau Yamaha XS750 tangkinya hanya dapat menampung bahan bakar sebanyak 15 liter, Yamaha XS850 tangkinya bisa menampung bahan bakar hingga 24 liter! Udah gitu, lampu depan yang bulat itu juga dibuat besar sampai 20 sentimeter diameternya, weleh belo’ bener :mrgreen: .

Setelah lima tahun berkarya dan berbakti, akhirnya Yamaha XS series tiga silinder ini di suntik mati dan diganti kan oleh Yamaha XJ series dan XJ Maxim yang lebih moderen dan bermesin empat silinder, DOHC, 16 klep! Yamaha XJ, masih berkiprah sampai sekarang, dan yamaha XS, setelah selesainya XS850 di tahun 1981, baru muncul lagi di tahun 2016 dengan Yamaha XSR900 tiga silinder yang lebih fantastis dan boombastis!

Gimana masbro? Semoga bisa nambah referensi mengenai sejarah motor di dunia yah! sekian, terima kasih, dan semoga berguna!

Contents

instagram

Villa Kanaya

20 COMMENTS

  1. Tahun 80-an awal sering lihat tanki kayak gitu. Tetangga sih. Tapi mungkin mocil n 2tak. Yamaha juga tulisannya.
    Buntutnya ga suka model gituan. Kecuali yg xs850, dikasih handle soalnya
    Classic retro. Jaman nya Charles Bronson

  2. Retro Klasik Gagrag Jepang
    Atau gaya yg lain /eropah.
    Mereka yg peduli, bukan cuma biker. Tapi juga seorang artist/seniman.

    Itu menurut IMHO saya lho

  3. Wooo…. Ini cikal bakal xsr. Ortu / bapaknya!
    Like to stare at xs850. Why? I don’t know lahh….. If it gets spoke wheels, I think it could be much more ciamik

  4. Salam bro Van, bicara 3 silinder dan seri GT triple suzuki, saya jadi coba me-recall momen waktu sd dibonceng sama pak lik’ saya naik KAWASAKI KH 400 S3 Triple,(my1976), …. motor 2tak 400 cc, tiga silinder,transverse,air cooled,120km/h @7000rpm banter..juozz 😉

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here