Yamaha FZX250 aka Yamaha  Zeal 250, 250 CC Empat Silinder Paling Eksotis!

8

istimewanya?

Motor ini lebih punya citarasa eropa yang kuat. Bisa dibilang kayak punya gen dari Cagiva series. Yamaha FZX250 Zeal juga satu-satunya motor 250 CC empat silinder yang menggunakan sasis twin spar atau Deltabox kalau dari Yamaha. Area tangki tampak besar dengan shroud yang juga menantang. Area belakang pun gak kalah menarik karena ada sentuhan knalpot double barrel ala Brutale 1000 yang bercokol di samping kanan motor, hmm. Tapi sayang, totalitas semuanya harus sedikit dibuat miring dengan kehadiran suspensi stereo di belakang, modif aje ape? 😆 . area headlamp ada yang menggunakan model bulat, ada yang menggunakan model bikini fairing.

Ngomongin mesin, Yamaha FZX250 Zeal menggunakan mesin yang diturunkan dari Yamaha FZR250. Gak seberingas FZR250 karena ada tunningan khas roadster, motor ini bisa memuntahkan tenaga hingga 40 daya kuda di 12.000 rpm! Lumayan banget lah, jeritannya ini yang enggak nahan masbro. Klaimnya, dari diam hingga 100 km/jam, Yamaha FZX250 Zeal hanya membutuhkan waktu 6 detik aja. Top speed 180 km/jam, untuk pengabutan bahan bakarnya menggunakan Karburator Mikuni BDST26 empat biji, mantep ini ngebalance-nya :mrgreen: .

MMBlog udah baca forum-forum yang membahas motor ini. Dari pengguna, motor ini bisa keep-up dengan 250 CC lain macam Suzuki Bandit 250 dan Honda Hornet 250. Menariknya, banyak yang bilang kalau Yamaha FZX250 Zeal punya posisi riding yang paling nyaman di kelas ini. Btw, MMBlog lupa mention nih, awalnya Yamaha FZX250 Zeal adalah motor JDM alias Japan Domestic Market. Tapi karena memang kudu memperluas pasar, dan di Jepang demand motor ya gitu-gitu aja, maka motor ini diekspor secara resmi ke Australia, makanya, lumayan banyak di Aussie Sob.

Yamaha FZX250 Zeal, yang mana Zeal punya arti “Semangat” dalam bahasa Inggris ini, harus menerima keputusan prinsipal untuk tidak dilanjutkan pada tahun 2000. Ya, memang sih Sob, project motor 250 CC empat silinder bisa dikatakan sebagai project “show-off”. Kala itu, motor-motor model ini jelas kalah pamor dengan varian motor 400 CC empat silinder. Bisa dibilang, Yamaha FZX250 Zeal adalah empat silinder 250 CC dengan usia eksistensi termuda, tapi muncul paling duluan di generasi-nya.

Bahkan Suksesornya pun enggak ada. Yamaha nampaknya saat itu lebih fokus ke Yamaha V-Twin 250-nya yang ternyata lebih ikonik dan lebih berterima. Sampai sekarang lho, Virago 250 atau V-Star 250 eksis. Oke deh, semoga bisa jadi tambahan wawasan dan cakrawala temen-temen di segmen motor 250 CC yah! sekian, terima kasih, dan semoga berguna!

Contents

instagram

Villa Kanaya

8 COMMENTS

  1. motor yg hanya bisa di lihat di brosur n majalah motor tahun segitu? internet baru tulisan kaya sms ?ram baru 16mb dah gede wkwkwk masa masa newbie? motor tergede 200cc bintang terang 1985 ? …tiger baru muncul 1992 ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here