Opini: Yamaha XJR itu Sayang Sih Kalau Enggak Direborn

3
Villa Kanaya

Sobat MMBlog sekalian, ngomongin motor sport Yamaha, nampaknya nama XJR adalah nama tipe motor sport Yamaha yang legendaris. XJR, adalah motor sport berlampu bulat dari Yamaha yang eksis dari tahun 1992 hingga tahun 2016. kubikasi dari 400 hingga 1300. semua, motor bernama XJR adalah motor yang menggunakan mesin 4 silinder. haruskah di reborn?

Sejauh pengamatan dan investigasi MMBlog. Yamaha baru mereborn motor mereka yang bernama XS. yups, XS ini adalah motor klasik yamaha yang menggunakan mesin dua silinder, yups, tapi ada juga yang varian 3 silindernya, XS750. nah, gak heran, dengan berbekal mesin Crossplane 700 CC TWIN dan 900 CC Inline 3, motor-motor ini dikasih nama XSR700 dan XSR900.

Villa Kanaya

makanya, nampaknya Yamaha adalah pabrikan yang lumayan konsisten ngasih nama motor berikut dengan positioningnya nih. sedangkan XJR sendiri, kira-kira ada yang cocok gak ya Sob? hmm, menarik. karena mesin 4 silinder Yamaha saat ini hanya ada 1000 CC Crossplane! mesin ini dipakai di Yamaha R1 dan MT10. jika dibuat versi retro, nama XSR1000 kayaknya kurang cocok, XS itu gak ada yang 4 silinder, kalau XJR1000R atau XJR1000S, hmm, keren juga yah?

mungkin bisa juga, mesin R6 yang nganggur sekarang ditune agar lebih torqy dan lebih ramah lingkungan. kasih body retro, kasih label XJR600i atau XJR600R juga bagus. atau mungkin mesin baru nanti yang buat R4 atau R5, iya kalau 4 silinder sih, bisa lah buat XJR reborn, tapi kalau kurang dari 4, ya baliknya pasti pakai nama XS lagi.

gimana Sob? menarik juga yah. opini aja sih ini. soalnya retro Yamaha emang pada sip sip semua sih. hmmm, semoga kepengen yah.

instagram

Villa Kanaya

3 COMMENTS

  1. Opini kalau xjr kayaknya gak kecil kemungkinan untuk reborn sebab segmen nya jadi rancu antara xsr dan xjr sama2 motor berlampu bulat / retro, saya malah berharap yamaha reborn motor kecilnya yaitu mio karbu dan jupiter z burhan, untuk ngisi segmen motor cc kecil dan bodi ramping yg saat ini hilang, mesin harus pakai generasi 110 cc yg di injeksi, sebab mesin cc segitu dulu sangat jaya buat yamaha….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here