Mesin Motor Sekarang Pada Compact, Gegara Regulasi!

12

Sobat MMBlog sekalian, ketika launching Yamaha Lexi 125 beberapa bulan yang lalu, MMBlog sempat berbincang-bincang dengan Pak Abidin yang bisa dibilang ahli kalau perkara ilmu teknik mesin. Out of topic dari Yamaha Lexi, MMBlog sempat bertanya kepada Pak Abidin perihal mesin Genesis Yamaha 20 Klep yang superior dan unik, terus didiscontinued dan diganti dengan mesin empat silinder crossplane crankshaft.

Di obrolan itu, Pak Abidin menjelaskan kalau saat ini, pabrikan dituntut untuk dapat memberikan sepeda motor yang punya performa baik, mesin yang conpact, tapi harus ramah lingkungan. Mesin Genesis Yamaha 20 Klep, kalau MMBlog perhatikan memang merupakan mesin yang secara dimensi memang besar dan banyak sekali part-part di dalamnya, dengan crossplane, tenaga bisa dikail sama atau bahkan lebih dari mesin Genesis, tapi tingkat emisi, serta dimensi mesin bisa lebih dibuat minimalis, hmm. Gak jauh-jauh, ini semua karena perkara regulasi Euro 4!

Secara personal, MMBlog sebenernya lebih seneng sama mesin Genesis Yamaha yang menggunakan 20 klep. Byuuhh, ngebayanginnya aja udah serem banget! Itu kalau setel klep lumayan juga yah, udah kayak nyetel klep bebek 10 biji, wkwkwk, belum lagi kalau nyekir klep, maknyus lah tangan muter-muternya, wkwkwk. mesin Genesis 1000 CC Yamaha juga terkenal dengan torsi dan letupan tenaga yang enggak main-main, tapi mesin punya reliabilitas yang luar biasa tinggi!

Mesin empat silinder-pun yang CC-nya lebih kecil saat ini sudah mulai digantikan dengan mesin-mesin dua silinder dan tiga silinder, namun punya performa yang enggak main-main! Katakanlah Yamaha MT-09, dan KTM Duke 790, kedua motor ini punya tenaga begundal yang bisa bikin ridernya kelojotan. Power bisa tembus hingga 110 daya kuda, sebuah tenaga yang lumrah digapai oleh motor 600 CC empat silinder, tapi dengan regulasi sekarang, kayaknya jadi agak susah dapet power segitu, tapi dengan harga motor yang relatif murah.

Supersport lain soalnya, toh harganya juga lumayan, biar kata di luar negeri sekalipun.

Hmm, gimana Sob? mesin sekarang pada kompak dan slim yah. bahkan mesin unik V-Twin di VTR 250 aja kudu disuntik mati, sayang banget yah. oke deh, next kita coba bahas mengenai mesin yang akan banyak dipakai di masa depan yah Sob.

12 COMMENTS

  1. Memang sekarang ini masalah perlindungan lingkungan (Environmental Protection) sangat ditekankan. Dibuat regulasi2 untuk mendukungnya.
    Ini demi anak cucu kita juga.
    Jadi semua produk teknologi, termasuk kendaraan bermotor, dituntut untuk ikut menyesuaikan.
    Saya sih yakin sebentar lagi juga bakal ditemukan teknologi yg di samping memenuhi standar Euro 4, juga dengan power yg besar.

    • Kalo industri yang di darat, saya enggak memonitor bro, saya yakin bro Roy lebih tahu.
      Tetapi untuk industri minyak lepas pantai, di mana saya dulu bekerja (saya pensiun tahun 2006), setahu saya sudah lebih dahulu menerapkan standar emisi daripada sektor otomotif.
      Karena ada standar dari KEMENLHK dan IMO (International Maritime Organization)yang harus diikuti.
      Dan petugas KEMENLHK serta IMO secara rutin mengirimkan petugasnya ke lapangan untuk memonitor langsung.
      Berdasarkan pengamatan sih, standar emisi untuk industri dan otomotif makin ke sini makin ketat.

    • Kalo di mobil2 zaman now dengan CC lebih kecil pake turbocharged, tapi ada kelemahan lag atau jeda tenaga karena mengandalkan putaran gas buang untuk memutar turbin

      Kalo yg oke pake supercharged, karena turbin berputar mengandalkan putaran crankase sesuai putaran mesin yg dibutuhkan. Jadi tenaganya maknyuzzz

      Cmiiw

  2. Selalu ada aspect – impact yang saling terkait
    Entah karena tuntutan lingkungan, keselamatan, zaman, ato teknologi, baik agar hal diatas berjalan ataupun sebagai ladang mesin uang.
    Sebab, kalau dibilang bisa jalan, teknologi mesin jadul udah bisa jalan.
    Kalau dibilang kurang selamat, atau kurang modern, atau kurang bersih, memang benar.
    Tapi yang jelas, motor jadul, seperti “built for last”
    Sedangkan motor sekarang, seperti “built for lust” / passion” . Cepat bosan, cepat hilang ketertarikannya.

  3. Ya regulasi itu perlu masbro.. Krn dampak lingkungan .. Ya kita org awam menganggap remeh mengenai perkara dampak lingkungan padahal ngaruh sama kite khususnya cicit2 kita ntar .. Ane cerita dikit nih .. Sejaj Zaman industri modern, manusia membuat berbagai macam penemuan which is good tapi dari penemuan itu ternyata ada yg menghasilkan dampak yg BURUK bagi lingkungan dan berbahaya bagi kehidupan kita sendiri dan ekonomi dunia ..
    contoh : awalnya muncul TIMBAL kemudian CFC dan sekarang gas KARBON .. Dampaknya : Nah timbal itu bisa masuk sampai ke darah dan menyebabkan toksin klo sdh kebanyakan ditubuh ya penyakit berat bisa hinggap yg menyebabkan kematian atau ya holocaust neurotoksin yg artinya badan ga bisa gerak tapi kagak mati2 ini orang!! Artinya Ngendon aja di kasur sambil buang hajat.. Kan ga mau sakaratul kek gitu yaa ..
    Lalu CFC akibat dari AC rumah ternyata bisa bikin bolong ozon klo ga disetop! Busyet siapa yg sanggup idup di muka bumi ini klo atmosfernya ga sanggup mantulin sinar ultra nya matahari serius kita bisa jadi ANDAKAR = aneka daging bakar..
    Nah sekarang CARBON .. Untungnya 2 dampak yg duluan manusia sdh ada solusi dan bisa mengurangi .. studi terakhir ozon layer mulai bisa mengecil dan didarah ente2 sekalian ga ada timbalkan .. Tinggal carbon yg blm krn dampaknya menimbulkan pemanasan global dan hilangnya terumbu karang akibat suhu naik .. Klo ga ada solusi nanti ya jwb pertanyaan ini knp planet venus jauuuuuh lebih panas daripada merkurius? Padahal yah jauhan venus dari matahari atau venus itu wanita?? .. Kemudian dlm 35 – 50 tahun kedepan terumbu karang punah knp? .. Ya paling There will be nooo seafood for us dan kasian bu Susi looh kerjanya sia2 dan ya billion dollar ocean n tourism industry gone .. Intinya masa depan bisa jd chaotic world cuman gegara kita hari ini dan besok mau dengar suara knalpot zwiing2 yg the best orgasmic sound in the world .. Dan kalau ga mau berubah Ya berat but we have no choice .. Bikin artikelnya mas Vandra mumpung ente punya blog dan reader yg masif bisa bikin org byk paham Krn orang2 terlalu sibuk akan urusannya sendiri sampai2 tidak sadar apa yg akan menimpanya ..
    Berilah kesempatan bumi utk menyembuhkan dirinya sendiri krn dia adalah makhluk ciptaan Allah Azza wa Jalla

  4. lah emg VTR250 udah di suntik mati mas Vand??
    kayak nya tahun lalu baru ada facelift VTR250 di jepang deh.. masa iya skrg di suntik mati??
    .
    nah yang udah bener2 d suntik mati tuh, CBR600RR, sungguh sangat di sayangkan.. entah apa honda masih akan ciptain generasi penerus di supersport 600cc dengan platform mesin baru yg sesuai regulasi… soalnya klo CBR650F kan gag masuk supersport, lbh ke sport/tourer yah doi.. palagi huruf blkg nya “F”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here