Review Harian Suzuki GSX-S1000F, Predator Yang Tajam, Kejam, dan Presisi!

9

Sobat MMBlog sekalian, kembali lagi ke artikel review harian Suzuki GSX-S1000F ala MMBlog. Setelah artikel review harian di SINI yang ternyata mendapatkan respon positif dan share yang tinggi, MMBlog di artikel ini akan mencoba bercerita mengenai karakteristik motor ini secara lebih mendalam dengan memberikan sebuah analogi atau perumpamaan sepeda motor ini sebagai seekor pemangsa atau predator. Soalnya, konsep dari Suzuki GSX-S1000F ini memang seperti predator di samudra, Hiu Putih ya Sob, yang mana ikan Hiu putih punya Indera penciuman yang tajam, daya terjang yang kejam dan membabi-buta, serta presisi ketika menyerang mangsanya, hmm.

Suzuki GSX-S1000F adalah super touring bike yang Tajam. MMBlog bilang motor seba sharp! Baik dari lekuk desain, terkesan amat sangat siap untuk merobek apapun yang ada di dekatnya. Lekuk otot di fairing depan, hingga buntutnya, bisa dibilang, mungkin inilah yang cocok dibilang sebagai Scalpel alias pisau operasi ketimbang KTM Duke 790. Akselerasipun demikian, melesat, amat sangat cepat! Dengan posisi riding yang natural, berakselerasi bersama Suzuki GSX-S1000F adalah sebuah “hiburan” tersendiri yang dibumbui rasa “mengerikan”!

Rider dalam posisi santai, tapi akselerasi seperti roket? Hmm, ketika adrenalin dalam posisi “NOL” kemudian dipaksa menyembur hingga posisi “SEBELAS”, maka itulah yang bikin lutut dan pinggang berasa lemas tanda puas. Beda sama superbike yang memang, posisi ridingnya telah SIAP untuk berakselerasi dan melesat, semburan adrenalinnya memang sudah dipersiapkan!

Kejam dan presisi? Betul, selain akselerasi yang tajam, cepat, dan siap merobek ridernya seandainya saja angin memiliki berat jenis. Motor inipun punya suspensi, kinerja pengereman yang kejam dan presisi! Maksud kejam disini, temen-temen akan merasakan bagaimana kejamnya Suzuki GSX-S1000F ketika melahap tikungan! Motor ini punya handling yang superb, mantap, dan presisi! Tidak terlalu membutuhkan effort untuk membuatnya melesat cepat di tikungan, tapi sisi kejam lainnya adalah throttlenya yang sensitif, salah-salah buka throttle ketika dalam posisi rebah, jika tidak ada intervensi traction control, maka ban belakang bisa bercerai dengan aspal! Kejamnya handling ini MMBlog katakan sebagai The Apex Predator! Semua ini ditunjang oleh suspensi depan upside-down yang bisa diadjustable, dan suspensi belakang monoshock yang juga bisa di setting. Default yang MMBlog terima, unit ini sudah disetting soft untuk suspensi depan. Tapi tetap, berasa agak keras suspensinya. MMBlog rasa, inilah yang membuat handlingnya begitu stabil dan lincah!

Hanya yang patut disayangkan adalah bannya, motor ini menggunakan Ban Dunlop yang usianya sudah lebih dari 3 tahun. Walaupun tidak dipakai, MMBlog yakin, temen-temen akan setuju, kalau ban tidak akan sesempurna ketika ia masih muda usianya. Oia, kekejaman motor ini gak hanya soal handling, tapi ke dompet ridernya juga kejam, dengan konsumsi bbm 1:11 atau bahkan kayaknya bisa lebih lagi, Motor ini memang predator yang selalu lapar dan haus! Ya wajar, stamina dan tenaganya seperti enggak habis-habis, bahkan ketika macet sekalipun, temen-temen bakalan merasakan tenaganya tetap keluar walaupun motor ini dalam kondisi idle.

Pengeremannya pun demikian, bisa dikatakan, Suzuki GSX-S1000F adalah motor sport touring dengan performa pengereman yang amat sangat baik! Suzuki emang selalu ngasih yang terbaik dalam hal pengereman. Motor ini menggunakan rem Brembo Radial Monoblock untuk kalipernya, dan Master kaliper yang juga ikutan radial! Remnya amat sangat presisi! Berasa banget Brembonya! MMBlog ngerasain, performa rem begini hanya ditemui di motor-motor Eropa, bahkan rivalpun, ya kalau enggak Nissin ya Tokico!

Presisi! Kalau temen-temen mau ngerem di mana, maka ya bakalan berhenti disitu! TOP abis dah! Buat trackday MMBlog rasa juga udah cukup nih rem-nya!

Mas, bahas kelebihannya terus nih, ada kelemahannya enggak? Ya tentu adalah! Kayak throttlenya yang snatchy itu. Terus motor juga ini kan sport touring, sebenernya sisi kenyamanan bisa ditambah dengan memberikan alas karet di footstepnya. Suspensi keras juga bikin gocangan ke badan lumayan kerasa, sama spion plus sein, sebaiknya sih dipasangnya di fairing kali yah, biar lebih berasa aja sport touringnya. Selebihnya sih, ini motor susah dicari kurangnya! Apalagi, spesial banget, untuk ukuran motor 1000 CC, ini motor enggak ada panas-panasnya sama sekali, biar kata kena macet parah sekalipun! anget aja enggak kok! lebih berasa naek ER6n kalau ngomongin panas, serius! Mau apalagi? Kekencengan? Kalau mau pelan pake Honda Win aja Sob, wkwkwkwk 😆 .

Tuh, udah hampir 700 kata masbro, wkwkwkwk, panjang aje ini artikel yah. oke dah, masih ada beberapa cerita lagi yang belum di tulis, sekalian sama vlog atau video reviewnya yah! oke deh, sekian, terima kasih, dan semoga kepengen yah Sob!

9 COMMENTS

    • bahasanyaaaa
      😲😲😲😲😲😲
      “…..bercerai dengan aspal”

      semakin hari tulisanmu semakin legit like a bika ambon mas brooo…..!!!!

      😂😂😂😂😂😂😂😂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here