Terbesar di Indonesia, Tekiro Mechanic Competition Diikuti Hampir 60.000 Siswa!

0

Sobat MMBlog sekalian, Bertempat di kantor pusat Tekiro, Jakarta, pada hari Sabtu-Minggu tanggal 27-28 April 2024 diadakan Semi Final dan Final Mechanic Competition 2024 untuk para siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Pulau Jawa, dahsyat ini Sob. Tekiro Mechanic Competition 2024 se-Pulau Jawa ini diikuti oleh 58.886 siswa dari 377 sekolah otomotif dengan memperebutkan total hadiah 239 juta rupiah yang terdiri dari uang tunai dan peralatan bengkel. Dengan jumlah keikutsertaan dan nilai hadiahnya maka bisa dikatakan ajang ini menjadi lomba otomotif SMK terbesar yang pernah ada. emang harus bilang WOW!

Tekiro Mechanic Competition 2024 adalah kompetisi keterampilan otomotif untuk jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) untuk SMK se-Pulau Jawa. PAda tahun ini pesertanya meningkat 320 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

“Lomba ini bisa dijadikan pengalaman bagi para siswa untuk dapat melatih kemampuan otomotifnya dan siap terjun ke dunia kerja, selain itu kami berharap mereka bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya dari penerapan belajar di sekolah.” Ujar Stephanus Santoso Wakil Direktur PT. Altama Surya Anugrah sebagai perusahaan pemegang merek Tekiro.

Setelah melewati babak penyisihan secara daring pada tanggal 27 Maret 2024 terpilihlah 30 sekolah terbaik yang lolos ke babak Semi Final. Adapun sekolah-sekolah tersebut berasal dari Jakarta 5 sekolah, Banten 4 sekolah, Jawa Barat 6 sekolah, D.I Yogyakarta 3 sekolah, Jawa Tengah 9 sekolah, dan Jawa Timur 3 Sekolah. Bagi 30 sekolah yang masuk ke Semi Final diberikan uang apresiasi senilai 2 juta rupiah persekolah.

Babak Semi Final

Pada babak Semi Final tiap sekolah terdiri dari 1 team yang beranggotakan 3 orang. Para peserta pada babak ini harus menjalankan ujian praktik secara langsung yang terbagi dalam beberapa pos. pada setiap pos, peserta diberikan berbagai tes seputar otomotif yang harus diselesaikan secara tim. Mereka di uji kecepatan, ketepatan, dan keterampilannya dalam menyelesaikan tantangan-tantangan dalam waktu yang ditentukan.

Setelah melewati berbagai rangkaian tes dari pagi hingga sore hari, dibabak ini terpilihlah 10 sekolah yang mengikuti babak Final dikeesokan harinya.

Babak Final

Babak Final terdiri dari tes presentasi dan tes trouble shooting engine kendaraan. Pada tes presentasi siswa harus bisa menjelaskan tema seputar otomotif di depan tim juri yang terdiri dari kalangan praktisi, influencer otomotif dan karyawan internal Tekiro.

Pada tes trouble shooting engine para siswa harus bisa menyelesaikan permasalahan seputar mesin kendaraan. Tes ini merupakan tantangan yang menarik bagi peserta untuk menguji kemampuan mereka dalam memecahkan masalah, mendiagnosis, dan melakukan perbaikkan yang presisi.

Selain uang tunai dan peralatan bengkel, sekolah yang juara juga mendapatkan trophy, sertifikat, free pass menjadi karyawan B-Quik dan piala bergilir Tekiro Mechanic Competition 2024 bagi yang juara pertama.

Tekiro Mechanic Competition 2024 didukung sepenuhnya oleh brand-brand besar seperti Eneos Oil, Bengkel B-Quik, Planet Ban, dan Ban Zeneos.

instagram

Villa Kanaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here