Mesin Boxer, Mesin Yang “Hidup”!

3

bmw r nine t review

Sobat MMBlog sekalian, kembali lagi ke artikel membahas impresi mesin ala MMBlog. Nah, kali ini MMBlog akan membahas mengenai mesin dua silinder Boxer yang lazimnya udah menjadi trademark mesin-mesin BMW. Kalau emang ada yang lebih faham, lebih expert, monggo tambahin impresi dan ulasan MMBlog di bawah yah, karena MMBlog yakin temen-temen juga banyak yang belum familiar dengan mesin ini.

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

mesin
mesin

Mesin Boxer BMW yang baru MMBlog coba adalah mesin BMW R1200GS LC dan juga mesin BMW R Nine T. Mesin kedua motor ini berbeda, kodenya berbeda, yang satu kodenya K51, dan yang satu lagi kodenya K50. Yang K51 adalah mesin motornya Mbah Dukun BMW GS, dan K50 adalah mesin BMW R Nine T. Kedua motor ini biarpun boxer, mesinnya punya perbedaan yang lumayan kentara lho Sob.

Terutama pada getaran, mesin K50 (90) punya getaran goyang dombret atau dorongan ke kanan yang lebih kuat kalau di blayer, mesin ini juga lebih terasa pure atau kemurniannya karena hanya menggunakan oil cooler sebagai pendingin. Tapi tetep aja gak panas sih selama MMBlog jajalin Sob. sedangkan K51, lebih disempurnakan (walaupun K50 udah sempurnak bagi MMBlog mah) dengan menggunakan water cooler, jadi asli tambah adem. Dan goyangan K51 lebih kalem dan santai, haseekk.

gs1200 bmw

Ngomongin performa, keduanya punya performa yang asyik, linear, dan nampol! Torsi padat sejak dari putaran bawah hingga menengah. Suara yang dihasilnya juga khas, lebih kepada mesin dua silinder 360 derajat yang mirip-mirip suaranya dengan suara mesin empat silinder. Cuma ini berasa lebih nembak aja gitu Sob, kalau mesin Boxer, ajaib dah! MMBlog pernah geber motor mbah di Sentul, dan kecepatan 190 km/jam dapat diraih dengan amat sangat mudah Sob.

bmw r nineT-4

Terus gimana lagi? Yang jelas mesin boxer adalah mesin yang unik, ajaib, dan keren. Tapi kalau belum biasa, dan mau jadiin motor ini sebagai motor harian yang tempur di jalanan macet, asli itu mesin yang keluar ke kanan kiri bener-bener jadi momok tersendiri Sob, wkwkwk, asli setres kalau ada biker alay yang mepet-mepet, ngeri kesenggol tuh mesin 😆 . oke deh, semoga bisa nambah referensi temen-temen yah!

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

3 COMMENTS

  1. Spesigikasi bmw r1200gs punya mbah dhukun :

    Engine
    1,170 cc (71 cu in) boxer twin:

    air/oil cooled
    air/liquid cooled (LC)
    Bore / stroke
    101 mm × 73 mm (4.0 in × 2.9 in)

    Top speed 130.8 mph (210.5 km/h)[1]
    Power 81 kW (109 hp) @ 7,750 rpm[2]
    70.42 kW (94.43 hp) (rear wheel)[1]
    92 kW (123 hp) @ 7,750 rpm (LC)[3]
    Torque 120 N·m (89 lbf·ft) @ 6,000 rpm[2]
    97.38 N·m (71.82 lbf·ft) (rear wheel)[1]
    125 N·m (92 lbf·ft) @ 6,500 rpm (LC)[3]
    Transmission 6-speed, shaft drive

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here