IMG-20150501-WA0034

Sobat MMBlog sekalian, kemaren setelah factory tour di YMMWJ di Karawang, akhirnya acara yang ditunggu-tunggu oleh teman-teman blogger tiba juga, yup riding/touring dari Karawang ke Lembang Sobbb. Ternyata unit yang bakal “disiksa” abis-abisan ada Yamaha All New Soul GT. Peserta touringnya adalah kami para blogger, dan teman-teman dari YRFI. Oia, ternyata kita pas touring ini juga dikawal oleh Denwal yang menggunakan Yamaha FJR1300 keluaran terbaru masbrooo, byuuhh empat silinder, makin ngeceess, wkwkwk. oke deh, setelah pelepasan, kita semua langsung ngacir.

Sebelumnya MMBlog mau ngasih tau dulu gear yang MMBlog gunakan. Jaket MMBlog pake Greddy Mesh Jacket (ini jaket gak mainstream 😆 ), helm pinjaman dari Yamaha, sarung tangan kulit Zara, knee protektor fox pinjaman dari Yamaha, dan sepatu TCX X-Ville.

briefing duluu

briefing duluu

Sebelumnya udah dikasih tahu kalau di acara touring kali ini ada lomba irit-iritan BBM. Dan pengisian BBM pertama kali dilakukan di POM Bensin deket pabrik, FULL! Hmm, menarik juga nih. yawis, mencoba deh untuk ber-eco riding, dan emang, di All New Soul GT ada lampu yang menyala tanda bahwa saat itu kita sedang ber-eco riding Sob. baiklaahh, riding kayak biasa MMBlog riding ajee dehh, santaaii. Jadi, kita riding dari Karawang, terus masuk tuh ke Kawasan Industri, dan tembus-tembus ke daerah Sate Maranggi, jiaahh jadi lapeerr :mrgreen: . Kecepatan di maintain oleh Denwal di 70-80 km/jam. MMBlog posisinya ada di Pas belakang FJR1300, gak tau dah, bawaannya kalau ketemu moge pengen nempel melulu, wkwkwkwk 😆

touring Yamaha-4

Sempet agak macet dan tersendat pas masuk kota. Indikator Eco di dashbord All New Soul GT mulai nyala, beruntung kita dikawal oleh Denwal, biar agak tersendat, kita tetep bisa melaju biarpun perlahan. Rombongan tampak seneng banget bisa touring kayak gini, santai, menikmati perjalanan, dan enak riding pake matik yang easy to use. Di kota, kelincahan All New Soul GT di uji, naahh, matik mah udah raja dan pakarnya deh buat riding di perkotaan. Motornya pendek, dimensi relatif kecil, enaak banget buat selap-selip, apalagi Soul GT ini buat MMBlog pribadi, motornya enteng, yawis tanpa kendala daaah 😀 .

Tempat Check point pertama adalah Situ Wanayasa Sob. selain lewat kota, ternyata ada jalanan yang lurus, kelok-kelok, muluuuss, rusak, hingga lubang jebakan betmen. Gimana performa All New Soul GT 125 kalau digeber di jalanan lurus, lempeng, dan mulus? Mesin blue core yang terbenam di matik anyar Yamaha ini ternyata responsif! Tenaganya mantap di puteran bawah, ngaciiirrr. Top speed yang sempat MMBlog bukukan adalah 100 km/jam, udahlaahh gagal pengen ecoriding, wkwkwk :mrgreen: . MMBlog lihat di spion, kok temen-temen jaraknya pada agak jauh yak? Wkwkwk, kayaknya pada fokus ecoriding nih :mrgreen:

touring Yamaha-8 touring Yamaha-3 touring Yamaha-2

Setelah kurang lebih satu setengah – dua jam perjalanan, akhirnya kita semua sampe juga di Situ Wanayasa Purwakarta. Saat itu hari Kamis, jadi Situ ini relatif sepi. Baru tau MMBlog kalau di daerah Purwakarta ada Situ yang asri kayak gini. Tempatnya asyik, adem, pas deh buat kumpul keluarga atau temen-temen. Naahh, disini kita semua pada istirahat, ada yang ngopi, ngeteh, makanin manggis, dan foto-foto. Seperti biasa juga, temen-temen blogger mah kalau pada ngumpul pada rusuh, dan kita semua ngeblend, mantaapp!

touring Yamaha-6

Setelah istirahat, perjalanan dimulai kembali. Dapet info dari Mas DidikNH dan Om Stephen Langitan kalau rute setelah ini menuju Cikole, Lembang bakalan menantang dan menyenangkan. Kanan kiri mata bakalan disuguhin sama segarnya perkebunan teh dan hutan yang rindang. Untuk jalanannya, khas pegunungan yang punya berbagai macam karakter kelokan, naahh, disinilah kemampuan suspensi dan handling All New Soul GT dieksplorasi.

Suspensi All New Soul GT 125 kalau MMBlog rasakan sih agak Stiff alias kaku Sob. agak berasa kocokan di perut kalau ketemu jalanan rusak :mrgreen: . tapi masih dalam taraf yang masih bisa diterima banget! Nah, kelebihan suspensi kayak begini adalah ketika diajakin cornering, ajeee gileee, MMBlog napsu bener ngikutin FJR 1300, nikung ditikungan tajem 70-80 km/jam 😆 , ngerebah itu FJR, yawis daripada ketinggalan MMBlog ikutin aja, dan ternyata, Soul GT bisa belok kayak gitu! Lincah, antep, sama sekali gak ada gejalan ngelimbung! Apalagi matik begini kan enak banget, tikungan tanjakan turunan gak perlu ribet-ribet turun naek gigi, pokoknya fokus aja ngelihatin jalanan. Lagi-lagi ecoriding bubaaarrr 😆 . Btw, mantap banget ini tracknya, pemandangannya bagus, adem, mulus, bravo Jawa Barat!

Di sinlah MMBlog seringkali merasa sedih, udah gaspol, nunduk-nunduk, ehhhh disalip gitu aja sama mas DidikNH dan Mas Endrik Elang Jalanan, wkwkwkwk :mrgreen: . kudu diet memang nih *colek Mas IWB aahhh

touring Yamaha-12

IMG-20150502-WA0003

Setelah menempuh kurang lebih 120 kilometeran, akhirnya kita semua sampe juga di hotel Sindang Reret Cikole. MMBlog ngerasa puas banget! All New Soul GT sebagai motor matik, bener-bener bisa diandalkan sebagai partner. Selama riding, (maaf) bokong MMBlog sama sekali gak panas, joknya lumayan empuk soalnya Sob. udah gitu, ini motor juga ergonominya pas banget sama MMBlog yang punya spek badan Indonesia banget, 167/74 kg . naah, pas sampai ini, semua bensin di isi lagi, dan diketahui konsumsi BBM masing-masing rider, oke deh, kita bahas di artikel selanjutnya yah Sob.

Thanks to Yamaha Indonesia, Mas Didik NH For The Pict