Test Ride Honda Vario 110 Fi, Nyaman Dan Lincah!

100_7171

Sobat MMBlog sekalian, setelah kemarin merilis mengenai review tampilan dan fitur Honda Vario 110 Fi secara umum, kali ini MMBlog akan membahas mengenai bagaimana ergonomi, performa, handling, dan pengeremannya. Oke lanjuuttt.

Ergonomi

100_7165

Untuk kategori matic 110 CC, Vario 110 Fi bisa dibilang matic yang nyaman dan pas untuk postur kebanyakan rider di tanah air. Buat referensi, MMblog yang punya tinggi 167 dan berat 70 Kg ini dapat menapakkan kedua telapak kaki dengan sempurna, malah nekuk banget! Wah, kalau pendek gini gawat dong sama polisi tidur? eits tenang dulu, biarpun joknya pendek, tapi jarak terendah ke tanahnya cukup tinggi lho, yaitu 14 cm, ER6n aja hanya 13 cm, aman daaaah.

100_7170 100_7167

Duduk di joknya, Hmm empuk nih. Coba ngeraih setang yang ujungnya sudah dipasang balancer, rileks. Tapi kalau duduknya dibagian depan jok, dengkul MM mentok ke rak/dak atasnya, karena bagian atasnya daknya itu emang agak sempit, mau gak mau agak duduk ke belakang deeeh 😀 . coba ngelihat kedepan dan lihat spidonya, hmm, mudah dipantau nih, gak perlu nundukin kepala kalau mau lihat spido. Lirik-liris spion, ya spion sejuta motor Honda, yang pasti jelas banget buat ngelihat belakang, wong MMblog pernah beli buat dipasang di Thunder 250, xixixi 😆 . Kesimpulan dari ergonominya, nyaman dan friendly buat mayoritas rider Indonesia, buat short trip atau commuter gak capeklah. Apalagi buat perempuan, motor ini cocok deeeh, enteng juga soalnya.

Performa

100_7178

Sepertinya seperti biasa, MMBlog pakai riding gear official yaitu jaket RS-Taichi RSJ240 Exceed Mesh Jacket, Glove Fox Bomber (beli karena keracunan Om Kobay :mrgreen: ), Sepatu TCX X-Ville, dan Helm KYT-DJ Maru Lawas (Si Nolan gak bawa, takut makan tempat di mobil jemputan). Seperti yang udah dijelasin di artikel sebelumnya, MMBlog test di kloter pertama karena udah ready pake jaket dan sarung tangan, hehe. Pilih Vario warna item (kayaknya item doang yang ada buat test ride) MM langsung puter kunci kontak ke posisi “ON”, tekan tuas rem dan stater! Breemmm…!! suara garing langsung keluar dari ujung mufflernya. Coba gas sedikit, eh gak taunya bisa langsung jalan gak nunggu RPM-nya agak tinggi, baguslah gak banyak energy-loss-nya.

100_7181
kebiasaan nih kakinya ngangkang

Sambil nunggu aba-aba, MMblog coba sesuaikan posisi spion dulu, padahal mah gak liat spion juga, udah refleks. Sampai akhirnya ada aba-aba akhirnya MMBlog bejek aja langung throttlenya, dan Whiiirrrrrrr, motorpun ngacir. Nah, tarikan atau akselerasi Vario Fi ini gak terlalu berbeda kalau dibandingin sama Scoopy karbu yang MMBlog punya. Tenaganya mirip-mirip, gak mengintimidasi, dan betul-betul dapat diprediksi. Dibadan, efek inertia tidak terlalu terasa, ya karena akselerasinya linear. Sekali lagi MMBlog nyatakan bahwa performa begini betul-betul pas dengan positioningnya sebagai family scooter yang mana siapapun (asal udah punya SIM dan cukup umur) pasti dapat riding dengannya.

Handling

100_7177

Ngomongin handling, MMBlog sepertinya kudu ngasih empat jempol nih! Kenapa? Soalnya matic ini enak bener daaah diajak belok. Diajak rebahpun manut aja, gak ada gejala ngebuang, tetep antep. Apalagi MMblog udah biasa bawa matik kayak Scoopy dan Spin 125 (yang ini hendlingnya agak berat) jadi nekak-nekuk setangnya asli asyik banget. Kelokan-kelokan yang patah, dan langsung ketemu kelokan lagi dapat dengan mudah dilahap dan efforless, gak usah terlalu rempong miring badan, apalagi sampai knee-down :mrgreen: , ini motor nurut-nurut dan antep aja!

100_7179 100_7175

Pengereman

100_7194

Yang ini juga menarik! Jujur aja, MMBlog baru pertama kali jajal matik Honda ber-Combi-brake, hehehe. Buat late braking, oke banget loh! Apalagi kalau dua-duanya dibejek barengan. Jari kita gak usah ngotot, motor udah berhenti sesuai dengan prediksi. Bahkan ketika tuas rem belakang yang dibejek sendirian aja, motor udah berdelerasi dengan mantap! Keren! Karena MMBlog juga pakai glove Fox Bomber yang diujung jari telunjuk dan tengahnya ada semacam lapisan anti slip, hal ini bikin ngerem makin percaya diri.

Kesimpulan

Oke, saatnya menarik kesimpulan. Setelah mereview fisik dan bagaimana feel ridingnya, MMBlog bisa bilang bahwa Vario 110 Fi adalah skutik yang sangat reliable sebagai kendaraan operasional dalam kota, NAMUN skutik ini juga keren untuk gaya-gaya-an! Ditinjau dari segi kenyamanan dan segala sesuatu yang mensupport performanya, motor ini sangat menarik untuk digunakan. Ditinjau dari sudut pandang fitur dan tampilan, motor ini bener-bener punya “value” tersendiri. Wah, strategy yang briliant dilakonin sama AHM nih 😀  . Dengan Harga 15 jutaan MM rasa kalau ada yang bilang operpret sih asli kelewatan, mending beli Honda Win taun 98 aje sono dah, murah noh 2 jutaan, wakakakak :mrgreen: .

Oke deh Sobat MMBlog, semoga berguna yaaa. Kalau mau ada yang ditanyakan, monggo dishare di kolom komentar. Nanti MMBlog juga mau bikin artikel kupas tuntas fitur-fiturnya sih.

Special Thanks to : Om Kobay (kobayogas.com) buat foto-fotonya 😀

Untuk Review fisik dan fiturnya, monggo di-klik

24 Replies to “Test Ride Honda Vario 110 Fi, Nyaman Dan Lincah!”

  1. mas bro, ane beli vario ini dan bsok juli da 2 taun usianya. baru 10rb km sih. sring dpake jkt-bndg jg sih. kmrn ane service motor di ahass, ditawarin infus injektor hrga 35rb. apa ini betul dr honda ahm nya ato inisiatif dealernya??? dealer cibubur, ga jauh dr pasar cibubur. oiy, krn bsok2 mo dbawa mudik kbndng, service skalian ganti busi, oli mesin spx2, oli gardan, filter udara, setel komstir, plus nyoba infus injektor. total 270rb. setelah service, motor sih performanya mirip ky baru lagi. Oiy, rpm dspeedometernya ga jalan, d cek kabel ga putus, dlepas kabelnya, dputar pake tangan rpm jalan lgi. kata mekaniknya suruh ganti kabel ja, krn sudah aus bagian bawah kabel deket roda katanya. tp batal sy gnti, jarang liat rpm jg sih..hehe yg pnting indikator bensin hidup…

    makasih sblmnya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *