Image

uhuy

Mas bro sekalian, hari minggu ini komplek MM ngadain kerja bakti, tapi sayang MM bangunnya kesiangan jadi gak ngikut deh. Telat bangun, terus Papa manggil-manggil kalo Om Adut (adik ipar Papa) dateng ikutan kerja bakti terus bawa Honda CB baru. Apaan sih CB baru? Eh, gak taunya Honda CB150 Streetfire. Wah, rezeki nih, udah setahun launching, tapi MM sama sekali belom pernah nyobain, hehe. Yaudah, langsung ngambil Jacket RS-Taichi RSJ263 Exceed Mesh Jacket, Helm Nolan N61 Genesis Kadaluarsa, sama sepatu TCX X-Mille (niat beneeerrrr), terus langsung deh pinjem kunci motornya ke Om Adut. Oke deh, lanjuuut.

Tampilan

Image

Image

Tampilan dari deket cukup rapih kalo menurut MM, cuma emang jadi agak beresiko kalo make teralis, las-lasannya itu loh, jadi kebanyakan, kalo pake las-lasan ombak laut sih pasti malah jadi nilai tambah. Kualitas cat juga udah bagus, ya standar sepeda motor jaman sekarang dah. MM lirik ke speedometer, wueh lengkap juga nih fiturnya, ada jam digital, indikator suhu (ER6n aja gak ada, tapi di ER6n ada rata-rata konsumsi bensin), indikator bensin, rpm, speedometer, minusnya cuman gak ada posisi gigi, tapi biasanya sih cuman motor sport Suzuki yang nampilin posisi gigi. Liat spion, wah ini spion sejuta umatnya Honda nih, dari Tiger, Megapro, Verza, semua pake spion begini, vivsibilitas ke belakang? Cukup baik. Liat pelek sama ban, agak imut juga nih, tapi it’s oke lah, cuma perkara pede kalo nikung-nikung, selain itu akselerasi juga makin cepet, trade offnya cuman keliatan cungkring doank. Tampilan Mantap dah, kalo yang 250 nanti bisa lebih dahsyat lagi nih!

Ergonomi

Image

Image

Image

Ergonominya standar mas bro, nyaman bisa dibilang walaupun gak sesantai ergonomi Thunder 250. Buat badan-badan orang Indonesia cocok banget. Bisa dibilang malah ergonominya mirip sama ER6n, cuma bedanya cuma di berat sama gedenya aja. Oia, buat MM stangnya gak terlalu lebar, enaklah buat selap-selip, tangan diminta agak maju ke depan. Terus gimana dengan tinggi joknya? MM belom cari info tertulis berapa tingginya, tapi dengan tinggi MM yang 167 (pake boot) dan berat 70Kg, kedua kaki MM bisa napak, tapi dengkulnya gak nekuk, pas gitulah. Kalo Thunder 250 kaki MM dua-duanya napak, nekuk pula. Terus karena MM udah biasa bawa motor yang rada-rada berat, begitu naekin ini motor, wuah enteng bener yak, asli kayak maenan, uenaakkk benerrr.

Performa

Image

Image

Abis asik liat-liat akhirnya sampe juga nih test ride. Masukin kunci, puter ke on, tarik tuas kolpling, nyalain, Breeemmm!. Oalaaah, suaranya alus tenan! Jadi penasaran sama suara yang katanya klotok-klotok itu. Hmmmm, apa karena motor-motor sport MM suaranya pada kasar-kasar ya?. Oia, koplingnya juga enteng banget. Masukin gigi 1 “cklek”, jiaaahhhh, gak ada bunyi jeglak-jeglok kalo kayak masukin gigi 1 ER6n atau Thunder 250, “alus bener sih motor sport jaman sekarang” gerutu MM dalem hati. MM liat spido, eh odonya masih 500 km, masih inreyen nih, oke deh, alon-alon aje dah. Jalan pelan-pelan, ngebiasain dulu ama throtle dan remnya, Suer dah, alus banget ini, MM jadi rada kagok. Powernya gak meledak-ledak, cocok banget buat perkotaan. Tapi RPMnya cepet banget naik, khas DOHC overbore kayaknya, beda ama Thunder yang naeknya luaamaa. MM coba sedikit akselerasi, Hmmm, untuk motor 150CC cukuplah, walaupun gak seheboh CBR150 lawas yang dulu MM pernah coba juga. Coba manteng di RPM 4500 gigi 6, kecepatannya bertengger di 55-57 Km/jam. Si merah RPM 4500 bisa sampe 100 Km/jam, hihi, bukan bandingannya yah.

Handling & Rem

Handlingnya enteng Mas bro. Gampang banget deh belok-belokinnya. Enteng, buat touring juga asik kayaknya mas bro. Suspensinya gak terlalu empuk juga enggak keras. Rebounnya gak terlalu cepet, tapi ya cukuplah. Kan motor juga buat harian, bukan buat sirkuit, hehe. MM coba buat ngerem mendadak, weleh, empuk juga remnya! udah gitu pakem euy.

Kesimpulan

Image

Overall CB150R ini adalah motor commuter/urban yang oke. Fitur yang ditawarkan lengkap. Performa Asik, riding position friendly, kayaknya juga irit. Wah, kok gak ada kurangnya nih buat MM?. Jadi gini mas bro, MM tuh udah kebiasaan bawa Thunder 250 yang udah lumayan berumur, udah gitu, dalam penggunaannya, Thunder 250 itu minta supaya rada dikasarin, kayak masuk gigi tuh mesti dicongkel atau diinjek banget, koplingnya keras, throtel gas juga gak enteng, handlingnya rada berat. Begitu juga dengan ER6n, motornya berat, Kopling juga kalo kelamaan bikin gempor, masuk gigi bunyi “JEDOK” apalagi kalo di lampu merah orang-orang langsung heboh, nyariin itu bunya apaan. Jadi jujur, ini pengalaman pertama MM bawa motor sport 150CC jaman sekarang. Agak heran juga banyak kritik sana-sini, mungkin si tukang kritik itu suruh bawa Thunder 250 dulu, jadi tau gimana rasanya bersyukur punya motor baru yang senyaman CB150R, atau NVL lightening (MM berasumsi NVL lightening juga nyaman kayak gini, gak beda-beda jauh). Yah, tapi pasti kalo pengguna motor 150CC ini nyoba ER6n sih pasti bilangnya “mantep!”, Karena tersihir sama performanya yang emang MANTEP.

Oke lah mas bro, segini dulu aja yang bisa MM sharing, nanti kalo ada update bakal MM sharing lagi, soalnya Om Adut ngajakin touring ke puncak pas tahun baru, bisa eksplore lagi deh.

*Jadi pengen coba NVL Lightening nih!