Email Pembaca : Ganti Oli Doang, Apakah Aman?

4
Villa Kanaya
jadi pengen touring lagi

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari yang lalu, MMBlog mendapatkan surel dari Mas F, sahabat pembaca MMBlog yang udah ngikutin blog sederhana ini sejak lama. Mas F nanya ke MMBlog, Mas, saya punya motor, perawatan yang saya lakuin cuman ganti oli rutin aja. Maksimal di 3000 Km, biasanya di 2000 km, apakah itu sudah cukup mas? hmm, pertanyaan bagus.

Sebenernya, yang punya kaliber atau kapasitas buat ngejawab pertanyaan ini adalah Mas Ari dari aripitstop, beliau ada praktisi perbengkelan, ahli mesin, dan udah mendapatkan pendidikan formal terkait ranah teknik. Tapi, MMBlog juga udah punya pengalaman, sebagai pengguna, ya MMBlog akan coba jawab.

Villa Kanaya
ban battlax

Sebenernya kalau ganti oli doang, masih kurang cukup Mas. mas kudunya ganti filter oli dan juga ganti filter udara. Kalau mau plus lagi proteksinya, mas bisa lah pasang filter bensin kalau motor mas masih menggunakan karburator. Tapi kalau injection, ya mas kudu pakai bensin yang berkualitas bagus. Gak tau juga deh kalau diselang yang dari pompa bensin ke TB bisa dipasangin filter.

Sejauh ini, MMBlog cuman ngelakuin ini doang untuk Suzuki Hayate yang akhir-akhir ini suka dipake sodara buat ngurir, dan juga Thunder 250 MMBlog sejak lama Sob. Gimana, apakah temen-temen ada masukan juga? Jadi kesimpulannya, Ganti oli rutin, ganti filter oli rutin, ganti filter udara rutin, dan pasang filter bensin. Jadi gak sering-sering bongkar karbu atau TB deh.

instagram

Villa Kanaya

4 COMMENTS

  1. Kalo kondisi jalur riding tergolong bersih/kering, macetnya sedikit, kualitas bensin terjaga, dan karakter ridingnya normal, mungkin “ganti oli doang” bisa dilakukan sampe 3x siklus ganti oli.
    Setelah itu tetap harus “bersih-bersih” komponen lainnya termasuk ganti filter, dll.

  2. 7 tahun pake vario gen1 cuman ganti oli doang per 2000km hasilnya setelah 70rb km atau tahun terakhir, Oli mulai berkurang terus klep in out kotor sampe kompresi bocor akhirnya mogok mulu. Analisa sih akibat filter udara suka telat ganti hingga 15rb km. Pas turun mesin ternyata piston juga mulai aus makanya oli berkurang..padahal ga pernah telat ganti oli.

    Akhirnya sekarang dimotor baru gw ganti oli tiap 1000km atau 1 bulan, filter udara ganti tiap 4000km ngerjain sendiri ajah. Wkwk dari pada amsyong lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here