Test Ride dan Review All New Yamaha R15 di Sirkuit Sentul, Quick Shifternya HALUS, KENTJANG!

3

Jajal R15M

MMBlog kebagian All New Yamaha R15M untuk 3 lap pertama. Siaapp, warna yang 60th aniversarry pula, cihuy banget ini! Engine ON, suara menderu dengan halus. Suara knalpotnya renyah, tapi punya dentum bass yang lumayan kuat. Berasa banget dari letupannya, kalau ini motor bakalan punya torsi yang bagus, dan konsumsi BBM yang naga-naganya bakalan irit.

Tuas kopling ringan banget sob, asli enteng! ASC di sini memainkan peranan dengan apik. Buat MMBlog yang emang udah terbiasa pakai motor-motor jadul berkopling kueras, wkwkwk, tentu kopling All New Yamaha R15 amat sangat ringan, mantap! Lalu, masukin ke gigi 1, cklik ajah! Alus! Okeh, tuas kopling ternyata di setel agak jauh, untuk keperluan track juga sih, walaupun pas upshift MMBlog juga gak akan tarik tuas kopling buat jajal Quick Shifternya.

Start pertama, ternyata smooth, halus, tapi tetep responsif, khas mesin satu silinder. Throttlenya juga ringan banget. Coba jentik tuas rem-nya, waw! Respon kaliper bybre ternyata renyah juga ya Sob, enak nih! Pakem dan gigit! Ini baru pelan-pelan, gimana kalau kenceng nih? Wah, siap, patut di coba! Oia, yang MMBlog pertama langsung jajal adalah QS, biasanya kalau dari gigi 1 ke gigi 2 responnya biasanya mentul-mentul, ternyata di All New Yamaha R15M ini enggak terlalu loh Sob, tetep alus! Next-nya gigi 2-3-4-5-6 sih bukan main alusnya.

Ngomongin power, tenaga dari diem ke 100 km/jam jelas cepet. Motor pekgo sekarang pada kenceng-kenceng yah. Gigi 1 dapat sentuh 40 km/jam lebih, gigi 2 60km/jam lebih, terus-terus-terus! Yang jelas tenaganya ngisi, dan respon limiter juga gak terlalu bikin tenaga ngedrop! Ada respon sedikit, dan begitu di upshift, langsung ngisi lagi, hmm, cakep juga sih pengapiannya ni motor sekarang.

Mas, top speed tembus berapa? MMBlog bisa bukukan 141-142 km/jam. Dan di gigi 5 lho ya. Beberapa kali percobaan di gigi 6, lho kok malah tembusnya di 135-an aja. Ternyata ini motor gigi 5 nya panjang dan tenaganya terus ngisi di putaran atas, kayaknya gigi 6-nya untuk overdrive alias efisiensi bahan bakar nih (nurunin rpm). Kayaknya kalau pembalap sih bisa dapet 150 km/jam. Oia, jelas ini juga karena VVA-nya Sob, power ngisi teruuusss!

Hal lain yang bikin MMBlog impres adalah perkara handling, ajiiibbb! Ini motor enak banget diajak nikung! MMBlog yang makin kacrut nekuk-nekuk motor aja berani ngajak ni motor lari 110 km/jam di R1 yang alhamdulillahnya, masih belok ke kanan :mrgreen: . motor tetep anteng, berasa banget ini suspensinya malah ngajakin “ayo, rebahin lagi, rebahin lagi, rebahin lagi”, anenya yang gak punya nyali lebih Sob, xixixi.

Respon suspensi depan dan belakangnya bersinergi dan berimbang, gak ada yang terasa lebih superior atau inferior. Tentunya, selain coba gaspol, MMBlog juga coba riding santuy di sirkuit, aahhh, nikmat banget emang bawa motor sport kalau jalanannya mulus begini, jadi berasa lebih muda ane Sob. Wkwkwk, btw, respon remnya gimana Mas kalau dibawa kenceng?

Wah, asli ajib Sob! Ini rem Bybre emang performanya serius! Jentik dikit aja tuas rem, motor langsung berdeselerasi optimal! Presisi! Mana tuasnya empuk banget lagih! Sempet coba ngerem pakai rem belakang, weleh, malah kegok euy di sirkuit pakai rem belakang buat amatiran kayak ane gini. Buat keperluan harian sih jelas gak perlu upgrade sektor pengereman lagi, udah memuaskan dan istimewa ini rem dari All New Yamaha R15M!

Contents

instagram

Villa Kanaya

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here