Filter Udara Ngaruh Gak Ke Performa dan Konsumsi BBM? NGARUH LAH, MASA ENGGAK! #XJR400

12
Villa Kanaya

Sobat MMBlog sekalian, kembali lagi di artikel uji coba atau eksperimen MMBlog dengan Yamaha XJR400. Nah, setelah melakukan uji konsumsi BBM di artikel INI yang mana konsumsi BBM-nya bisa 1:22 setelah ganti pilot jet standar, MMBlog melakukan investigasi lagi karena rasa penasaran. MMBlog pernah bongkar filter udaranya Sob, masih ada emblem 4HM, alias ori. Hmm.

Orinya sih gak masalah, tapi itu original XJR400, harganya lumayan Sob, 750 ribuan kira-kira, wkwkwk. Feeling MMBlog, ini filter udah lama enggak diganti, warnanya pun udah coklat, model kertas, yang gak bisa dibersihkan. Yaudah, coba order filter udara yang dijual aftermarket di aliexpress, harga 100 ribuan, yang penting masih bebentuk filter dah, wkwkwk.

Villa Kanaya

Filter pun datang, tapi karena pakingnya blangsak, akhirnya tuh filter meletat-meletot 😥 . mikir awalnya gak bisa dipasang nih jangan-jangan, tapi alhamdulillah, bisa juga dipasang Sob. Filter ori-nya asli dah, berat banget, kayak udah numpuk itu kotoran di filter, beda banget sama filter baru yang relatif ringan, gak tau ringan karena kualitasnya kacrut, atau emang ringan karena bersih, wkwkwk, lagi lagi, yang penting masih bebentuk filter :mrgreen: .

meletot

Pasang lah udah, gak pakai lama. Respon mesin kayaknya sama aja, tapi makin lama, gas berasa lebih enteng, revving jadi lebih ringan, terus gas juga turunnya lebih cepet, biasanya ni motor rpm turunnya kayak mikir agak telmi, yups, kayak di choke Sob. Hmm, gumam ane, jangan-jangan jadi lebih irit juga nih motor, ah iseng coba lagi dah.

Oke, start pagi-pagi, kali ini sunmorian. Isi penuh dulu di Pertamina, isi pertamax turbo aja karena sepi, tapi tetep kayak gak sabaran ngisinya, nozel pengisiannya kayak gak bisa ngecrit dikit-dikit, yaudah, yang penting udah lebih dari leher dalam tangki dan gak turun, stop. Set trip di NOL, jalan dah. Rutenya Jakarta – Depok – Jakarta , walhasil, tembus 70,7 Km. cara bawanya relatif ngurut gas, gak asal buka tutup, kondisi ramai lancar, rentang speed 60-110 km/jam.

dapet segini

Oke ngisi bensin lagi, kali ini di vivo, wah ngisi di vivo enak dah Sob, lebih sabaran ngisinya, noselnya pun bisa di icrit-icrit dikit-dikit, biar maksimal, oke, isiiiiii. Wah kayaknya malah lebih banyak dari fullin pertama pas di pertamina nih, karena bener-bener pelan-pelan dan sabar. Sip lah, sampai udah tinggi, dan gak turun lagi, MMBlog minta bon-nya, tercatat ngeluarin 2,67 liter, hmmm, coba hitung:

70 km/2,67 liter = 26,4 km per liter!

Ajiiibb, motor 4 silinder 400 CC karburator jadul konsumsi bensinnya bisa segini? Hmm, menarik juga yah ternyata, irit banget! Btw, mas, elu main motor gede kok masih mikirin konsumsi bensin? Ye iyelah, kalau konsumsi bbm-nya bisa optimal, ngapain mesti boros-boros? Oke Sob, ngaruh lho tenyata ni filter udara, buruan di cek dah!

instagram

Villa Kanaya

12 COMMENTS

  1. Saran om. Ngetest konsumsi bbm idealnya jarak diatas 100 kilometer, dibawah itu kadangkala masih bias/ gak akurat hasilnya. Saya sering ngetest juga soalnya, bisa selisih 2 sampe 4 kilometer per liter.

  2. ya ampun.. saya menangis melihat ini mt25 std remap ecu cuma dpt 20.5 kpl… salah sendiri sih dulu request remap yg wuenak mas tarikannya,,,,,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here