Email Pembaca : Pemula, Enaknya Moge Karbu Atau Injeksi?

6
Villa Kanaya

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari yang lalu, MMBlog mendapatkan surel dari Mang I. Mang I ini punya keinginan untuk miara motor besar, nanya ke MMBlog, gimana Mang Vandra? Pengen punya moge untuk pertama kali nih, moge karbu atau injeksi ya kira-kira? Lebih mudah mana perawatannya? Wah, menarik, oke MMBlog coba kasih sudut pandang ya, karena MMBlog punya keduanya.

Pertama moge karbu. Moge karbu itu pada umumnya, jumlah karbunya ngikutin jumlah silindernya, ada juga yang beda tapi, namun kebanyakan ya gitu, ngikutin jumlah silindernya. Kalau silindernya dua, ya karbunya dua, kalau silindernya 4 ya karbunya 4. Karbu ini punya umur, sistemnya mekanikal, kalau udah lama, gak tertutup kemungkinan jadi ngadat atau malah mokat sama sekali :mrgreen: , tapi kalau sehat, ya sehat, aman-aman aja.

Villa Kanaya

Penyetelan karbu moge multisilinder emang lumayan ngerepotin. Pertama kudu ada sinkronisasi bukaan skep atau gobangan, ini kudu dimainkan dengan Carb Tune atau sejenisnya. Terus yang paling asoy adalah setting angin atau setting CO, di Indonesia, alat untuk setting ini kayaknya enggak ada deh, kalau di Jepang, alatnya bernama Horiba, MMBlog tau ini dari Mas Imam Budiharjo. Jadi, kalau di Indonesia, setel angin atau CO motor karbu ya di puter 3-4 kali dari posisi mentok, semuanya di bikin seragam.

Kalau karbu kurang sehat, motor juga agak susah distarter di pagi hari. Belum lagi suka rembes bensin, atau banjir, wkwkwk.

Lalu gimana dengan injeksi? Ini lebih gampang. Di starter gampang, dibersihinnya juga gampang. Settingnya juga lebih mudah, sama, perlu sinkronisasi juga, tapi lebih gampang settingnya. Untuk CO? Biasanya tinggal colok software di laptop. Kalau di Moge Yamaha lama yang Injeksi, tinggal setting CO di speedometer. Perkara Injeksi adalah perkara elektronik, relatif lebih sensitif dah.

Saran MMBlog, Mang I kalau pertama kali punya moge, beli yang Injeksi aja, cari yang injeksi dan sehat. Dari pada karbu, kalau udah enggak sehat, brebet, bolak-balik bengkel, motoran pun jadi enggak asik lagi deh, iya kalau ketemu solusinya, kalau enggak? Bisa pensiun dini motoran ntar. Sembari ngumpulin pengalaman, mending cari yang aman-aman aja, ya salah satunya pakai injeksi plus sehat. Cirinya? Idle-nya kayak dengungan tawon, JOS! Semoga berguna ya Mang.

instagram

Villa Kanaya

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here