Kawasaki Ninja 250 Bakal Punya Power 60 HP? Bisa Aja Sih, Tapi GILA!

22
Villa Kanaya

Sobat MMBlog sekalian, untuk mendapatkan views dan juga memancing publik untuk mengeluarkan opini dan pendapat, tentu media atau blog pasti punya cara untuk membuat judul yang bombastis dan fantastis. Seperti yang menjadi headline di artikel ini, sebuah poster yang MMBlog comot dari Young Machine, New 250 CC 4 Silinder, 60 HP? YM emang enggak ngasih pernyataan sih, tapi pertanyaan, tapi tetep aja provokatif banget :mrgreen: . emang bisa segitu? Ya bisa aja sih, tapi ASLI GILA!

Di zaman-nya, motor 250 CC empat silinder pernah jaya, tahun 1980-1990, motor sport 250 CC empat silinder memang bisa dibilang sebagai maha karya insinyur yang spesifik di sepeda motor. Motor ini, bisa mengeluarkan tenaga hingga 45 daya kuda di crankshaft-nya, dan bisa ngitir di rpm yang sangat tinggi, 20,000 Rpm. Sebuah jeritan yang gak main-main untuk mesin bakar Sob. gila banget itu kinerja perangkat di dalam silinder head dan gearbox, minta ampun masbro!

Villa Kanaya

45 HP diraih oleh mesin jadul, karburator, belum kena cekek emisi, dan segudang kelonggaran lainnya. Sekarang? Mau 60 HP, kira-kira itu mesin harus gimana? Secara sederhana, tentu material dan teknologinya juga gak akan main-main. Asli sih, ngeri banget kalau emang bisa 60 HP, nih MMBlog coba kasih gambaran simpel:

Dari segi air box atau air flow, mutlak banget motor harus mengadopsi sistem air induction system, atau ram air direct yang layaknya dipakai di motor supersport/superbike, dan downdraft. Kemudian, silinder head setidaknya harus menggunakan logam kelas kakap, magnesium misalnya, pake logam biasa sih meledak. Kompresi? Tentunya minimal banget sih 12,5 atau 13: 1! Klep? Kudu titanium lah payungnya, per klep? Gak bisa satu, kudu double pegas baik itu yang in dan out-nya.

Silinder dan piston, wah ini mah harus lebih dari forged! Ignition? Pengapian? Pastinya tiap piston harus “dibakar” secara independent oleh throttle body atau injector, gak bisa tuh silinder 1 dan 4 dibakar bareng, 2 dan 3 dibakar bareng, harus mutlak independen! Sistem gas buang juga harus ada permainan yang apik.

Mau simpel? Ya supercharger :mrgreen: .

Kalau udah begini, tentu motor juga akan serius banget harganya Sob. jangan harap ada di 100 Juta pas, bisa lebih banget malah. Motor show off-nya Kawasaki ini. Gimana? 250 CC tapi bisa 60 HP? Rewel gak tuh mesin ya?

instagram

Villa Kanaya

22 COMMENTS

    • Bukan kelas mending-mending inimah. Beli karna bener-bener butuh untuk buang duit. Wkwkwkwkwk
      Si RR aja jarang banget pake nyentuh gigi 6, mentok lampu merah mulu. Apalagi naeknya boncengin bini – cubit terus kalo kenceng2. Wkwkwkwkwk

  1. Klu 20000rpm si masuk akal om msh forged jg,toh piston speed msh dalam 21/ms jg kan ,krn stroke pendek,rata rata motor masal msh dibawah itu paling 18an dr maks speed redline nya

  2. Eng ing eng….motor sultan bentar lagi keluyuran dimarih…yakin nih bakalan booming kek ninja250 karbu baru brojol…ane mah seneng2 aza meski cuma jd penonton secara ninja 600cc udah banyak yg make di tempat ane,suaranya itu loh..kek tawon..lah ini dikasih hrg yg lbh murah dr 600cc…pasti lariiiis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here