Yamaha Fazer 160 (Byson Half-Fairing), Bagaimana Jika Diproduksi YIMM?

35
Villa Kanaya

Yamaha-FAZER-Wind-Blast

Sobat MMBlog sekalian, baca artikelnya mas Aluvimoto yang gagal ketemu R25 malah bisa nontonin moge-moge, MMBlog jadi punya bahan buat artikel. Di artikel beliau, ada satu unit moge Yamaha Fazer 1000 yang merupakan versi half-fairing dari FZ1. Nah, jadi keingetan nih dulu importir umum pernah juga ngimpor fazer versi pahe yaitu fazer 160. Hmm, asik juga nih di omongin, soalnya mesinnya identik sama mesin Byson.

Villa Kanaya

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

p1070284
Yang ini 1000 CC

Dulu waktu masih sering bolak-balik Jakarta-Depok, MMBlog pernah satu kali ketemu sama Fazer 160. Warnanya putih, body persis Byson, hanya saja area depannya lebih gambot karena ada half-fairing. Yang bawa kayaknya Mahasiswa juga, sayang waktu itu MMBlog kena lampu merah tanjung barat dan dia lolos, walhasil gak sempet kenalan deh :mrgreen: . Back to topic, mungkin gak ya Fazer 160 ini diproduksi oleh YIMM? Bicara kemungkinan ya peluangnya aja. Contoh, R15 aja ada dua, yang satu buatan India yang satu lagi buatan YIMM. Bikin Fazer 160? Perkara gampang kayaknya, body udah mirip byson, tinggal bikin cetakan buat half-fairingnya 😀 .

Fazer

 

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

yamaha_fz6_fazer_s2_2007
FZ6 2007, identik ya Fazer Series

Sebenernya dari segi brand equity, Fazer 160 dapat memperkuat jajaran sport 150-160 CC Yamaha Indonesia. Saat ini, untuk motor streetbike 150-160 cc Yamaha Indonesua udah punya New Vixion Lightening dan Byson.  Untuk fairingnya, Yamaha baru punya R15 aja, yang mana mesinnya punya kemiripan sama NVL 150 CC, SOHC, berpendingin cairang. Nah, kumplit jika Fazer 160 dirilis sebagai tandem dari Byson karena mesinnya mirip, 160 CC, SOHC, berpendingin udara.

Tapi yang jadi masalah adalah, bagaimana nih sambutan pasar? Bisa dibilang, ATPM Jepang belum ada yang bermain di motor sport half-fairing. Dulu yang pernah main di motor Half-fairing adalah Bajaj dengan Pulsar 220, itupun akhirnya sama ridernya banyak dipasangin fairing yang full-dressed. Agak riskan juga yah, kudu ada observasi dan riset mendalam oleh pihak R&D nih perkara motor dengan model begini 😀 .

Tapi serius, Yamaha Fazer 160 itu emang kelihatan gambot banget. Byson aja secara dimensi dan tampilan udah moge-look banget. Lah ini ditambah fairing depan yang bentuknya mirip sama fairing Fazer 1000, tampilannya makin kekar, macho, dan stylish, IMHO 😀 . Boleh lah dipertimbangkan oleh YIMM .

Jadi, gimana menurut Sobat MMBlog sekalian? Perlu gak kira-kira YIMM memproduksi lokal Yamaha Fazer 160? Atau versi fairing dari Byson? Monggo dishare opininya.

Semoga berguna ya

*sayang IU kayaknya udah gak impor motor ini lagi[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

instagram

Villa Kanaya

35 COMMENTS

  1. jangan aneh aneh, orang indonesia mikir model begini cuma cocok buat cc400 keatas, kalo diaplikasiin di cc mini, siap siap aja jadi penerus CS1, motor dengan model penganut moge yang cuma dipandang sebelah mata

    • FXR itu semi full fairing kayaknya, Dibilang full fairing juga fairing atas sama fairing bawah (yang lebih mengarah ke engine cover) terpisah. Disebut half fairing juga ga cocok gara-gara ada engine covernya yang mirip fairing bawah.

  2. SETUJU!..Yamaha harus masukin fazer 150 ke Indonesia, enak buat touring ada wind shield nya, kalo saya sih mau fazer nya di modif motor dual purpose aja: velg ganti jari-jari tapak lebar pake ban dual purpose, pake hand guard/mud guard, pake engine guard,..pokoknya jadiin kayak motor minsk dualpurpose

  3. MANTAP GAGAH buat touring adanya windshield buat penahan angin jadi nggak langsung ke dada, half fairing lebih mudah kalo oprak oprek mesin atau seting mesin bakalan nggak ribet bongkar fairing dulu, tinggal pasang side box dan ganti ban pakai profil dual purpose nih motor bisa langsung berubah tampang jadi type enduro turing tanpa banyak ubahan, kalo tau byson ada type half fairing nya gue udah beli dari dulu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here