Lebih Dekat Dengan KTM 790 Adventure, Motor Touring Terbaik?

5

Sobat MMBlog sekalian, sebenernya artikel ini udah dari beberapa minggu yang lalu pengen MMBlog post. Cuma suka lupa Sob, wkwkwk. oke dah, sekarang MMBlog post yaa. Nah, artikel ini adalah artikel tentang pembahasan mengenai big bike atau moge baru KTM, KTM 790 series. Untuk yang pertama, MMBlog bahas KTM 790 Adventure dulu ya. MMBlog bisa bilang, ini sih motor adventure atau touring terbaik.

Ngomongin desain, kalau ngomongin moge, bener-bener perkara selera. KTM pada umumnya punya desain yang lebih tajam, lebih agresif, dan nyentrik. Hal ini tentu terlihat dari KTM 790 Adventure. Di segmen motor adventure atau motor penjelajah gini, desain juga enggak melulu jadi patokan motor bakalan sukses apa enggak. Yang paling penting ada fitur, ketangguhan, dan mesin.  Ada yang bilang gak sreg sama posisi penempatan kepalanya (headlamp), dll. Ya beginilah KTM, berani tampil beda dan mature. Desain secara keseluruhan adventure abis lah, semua dibikin gak ada yang sia-sia.

Lalu gimana dengan fiturnya? KTM 790 Adventure sejatinya adalah motor yang sudah dilengkapi dengan banyak sekali riding aid. Elektroniknya udah mumpuni, dan nomor satu dikelas motor adventure CC menengah ini Sob. traction control, ABS, dan perangkat elektronik yang bikin aman lainnya udah nemplok dengan matang. Suspensi depan dan belakang, pastinya dari WP dengan kemampuan di adjust secara penuh. Rem depan belakang sudah menggunakan ABS, pelek menggunakan jari-jari (total banget ini).

Yang menarik, motor ini ternyata bisa muat bahan bakar dengan jumlah yang gak main-main yakni 20 liter. Tangkinya selain ada di depan jok, juga “menggantung” ke bawah mengapit mesin! Jadi itu yang warna item di samping agak ke depan dari mesin adalah tangki Sob. itu aman? Aman lah, KTM udah melakukan uji coba terhadap tangki ini dengan berbagai impact, gas pol aja pokoknya! Jadi tangki ini selain muat bbm banyak, fungsinya juga untuk melindung mesin, weleh, mantap!

Mesinnya sendiri adalah mesin baru dari KTM yang punya kode LC8. Dua silinder segaris dengan firing order 270 derajat. Terasa banget ini mesin adalah mesin yang bener-bener powerfull, kaya torsi, dermawan akan power, dan compact secara dimensi, waaah. Tau dari mana Mas? Dari suaranya dan revving-nya, ini motor happy revving banget, asli bikin penasaran Sob. nih MMBlog kasih post videonya di IG MMBlog di bawah ya (yang belum follow yuk follow, hehehe.).

Ergonominya gimana Mas? Oke, bukan MMBlog kalau gak nyoba dudukin, hehe. ini motor relatif tinggi Sob untuk jok standarnya. MMBlog pastinya jinjit, dan lumayan ngebalet. Leg room asli legaaa, kaki atau dengkul enggak ada lelah-lelahnya ini. Terus setang juga tinggi, digapainya gampang, intinya relax banget dah. Oia, jok bisa direndahin sampai dibawah 80 cm lho, enakan? Udah gitu empuk pula, mantap!

Dengan harga 350 Juta, MMBlog rasa ini motor bisa dikatakan yang terbaik di kelasnya masbro. Hmm, asli, pengen coba, walaupun masih lebih penasaran yang Duke 790 sih, hehehe. Oke deh, sekian, terima kasih, dan semoga berguna yah!

5 COMMENTS

  1. Terinspirasi tander milik tukang bensin eceran tangki bbm dimodif jadi jumbo buat beli bensin dan dikuras, mirip khatiem 6g0 cuma 1 silinder (moge terberisik ngelitik mesinnya kalau kepanasan dan berumur tua, pernah mergokin di mampang prapatan suaranya kayak mesin parut coconut)

  2. dulu liat concept nya aneh, skrg stlh makin seneng sama motor adventure malah jadi demen banget, design nya jadi terlihat unik, anti-mainstream lah, selera ane bgt yg ga pasaran model nya..
    headlamp yg kayak dinosaurus Pterodaktil unik krn “terlihat” kayak terpisah dari body, padahal klo stang belok headnya stay, alias kayak motor2 adventure pada umum nya..
    paling demen lagi sama suara dan firing order mesinnya yg 270 drajat twin… sekseehh suara nya nih..

  3. KTM sama Husky kan satu pabrikan, si husky udah punya seri Nuda 900 yg nyomot mesin BMW F800 series dg konfigurasi inline twin. Jangan-jangan mesin KTM cuma pengembangan dari mesin BMW?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here