Selayang Pandang Test Ride Yamaha R6 2005, Sesuai Ekspektasi dan “Nyaman”!

15

Ulasang Test Ride

Secara dimensi Yamaha R6 2005 ternyata lumayan gede. Khas moge super sport zaman dulu, dimensinya emang lumayan gede dan gendut serta lebar. Terlihat setangnyanya di atas yoke, hmm, benarkah friendly ergonominya? Dan YUPS! Bener banget masbro! Motor ini ergonominya malah sedikit lebih nyaman dari Honda CBR600RR punya Bro Gilkun, dan lebih nyaman memang dari Suzuki GSX-R600 punya Om Arvy, wah cocok nih, angkut dong?

Oke kita coba nyalakan mesinnya, kunci kontak ke “ON”, dan terlihat panel instrumen nyala dengan normal, tapi tunggu dulu, wuaah odometernya udah sampai 200.000 Km :mrgreen: . luar biasa, tangguh juga mesin inline four 600 CC Yamaha yah, nyalain mesin, gampang banget! Ngik..ngik..ngik, vhreeemmm! Suara khas empat silinder menderu, MMBlog coba dengarkan suara mesinnya, di awal start halus, hmm. MMBlog tunggu sampai panas, ternyata benar apa yang sering diobrolin di forum R6 atau FZ6, ini motor kena “Yamatick” juga, yaa ada suara tick..tick..tick, ticking noise gitu Sob. ada beberapa sebab, mungkin keteng, tensioner, klep, oil pump, dll, yang jelas bukan suara kasar banget kayak suara metal yang aus.

Dikasih test ride, MMBlog gak enak kalau sendirian, yaudah ownernya ikut MMBlog bonceng :mrgreen: . di awal mula jalan, wah, ini motor smooth juga ya ternyata. Shifting empuk dan halus, kopling pun enteng, ya tetep bongkok sih, tapi enggak banget-banget juga. Buat MMBlog, bongkoknya masih masuk dalam kategori tolerable. Jok Yamaha R6 2005 ini lebar banget, empuk, dan nyaman, jok boncengernya juga demikian, hmm. Semakin kepengen saya masbrp :mrgreen: . MMBlog test ride dibilangan jalan baru Tajur Halang, ternyata ownernya ngijinin MMBlog untuk test ride sendiri, weh, muka rambo hati rinto ternyata kerasa juga buat orang yang baru kenal ya :mrgreen: . alhamdulillah di percaya, dan MMBlog bisa eksplore.

Tarikan bawah Yamaha R6 2005 ini berasa mikir dan agak malas Sob, hmm, khas supersport banget. Tapi kayaknya masih bisa dibikin lebih kuat dan lebih rajin lagi, ini motor kayaknya emang harus ada beberapa part yang diganti juga sih. tapi begitu sentuh 7000 ke atas, aje gilaaaaaaa! Torsinya keluar, dan asli RPM 13.000 aja ini motor mesinnya masih rileks! Gigi satu bisa sentuh 120 km/jam dengan effortless dan mudah sekali. Asem, pengen guweh! :mrgreen: . suspensi depan bisa dibilang agak empuk, tapi sayang suspensi belakang yang udah pakai Ohlins itu dalam kondisi Mati 😥 .

Panas mesin sampai 101 derajat, sama kayak Mas Moel, fan langsung nyala, dan suhunya turun ke 95, dan naik perlahan lagi masbro, hmm, MMBlog sih gak ngerasain panas berlebih ya. ternyata, Yamaha R6 itu supersport paling adem lho. GSXR atau CBR aja suhunya bisa sampai 112 derajat. Waah, makin cucok. Bener-bener supersport impian ane banget ini Yamaha R6 2005. Performa rem? Ini sih juara! Master dan kalipernya sudah radial, selang remnya juga udah diganti pakai braided, mantab banget masbro.

Lastly, Yamaha R6 2005 sejatinya bisa banget dijadikan sebagai motor supersport alternatif bagi temen-temen yang pengen supersport, tapi dananya ngepas. Full paper ada di rentang harga 120 jutaan, biasanya sih kondisinya baik dan butuh service ringan plus detailing. Nah, gimana? Ada juga gak nih yang motor favoritnya dulu Yamaha R6 2005? Semoga berguna yah Sob! artikel selayang pandang tapi panjang, wkwkwk.

Contents

instagram

Villa Kanaya

15 COMMENTS

  1. Suhu radiator sport 600cc paling adem ya emang R6. Kipasnya aja selalu 2. Motor laen kebanyakan mah 1 di kelas 600.

    • Wew mantul, andai suzuki masukin gsx s750 yg notabenya moge dgn seat height cuma 785mm (cmiiw) yg cocok buat postur orang indonesia. Mungkin jadi pilihan selain merk sebelah yg naiknya ngeden

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here