Matik Beroda 16 Inci Itu Memang Mantap!

29

Sobat MMBlog sekalian, pasca memiliki Suzuki Hayate 125 2015 Mint Condition alias Mang Hajo, hari-hari riding harian MMBlog jelas jadi lebih fun, praktis, ekonomis, dan sehat. Benar-benar gak salah memutuskan untuk meminang Suzuki Hayate 125. Salah satu keunggulan yang sekaligus menjadi daya tarik utama motor ini buat MMBlog pribadi adalah lingkar rodanya yang enggak biasa, yakni 16 inci.

Matik-matik zaman sekarang, entah mengapa, lingkar rodanya bukan makin besar, tapi malah makin kecil. Ya emang susah sih kalau udah market yang ngedrive. Mulai dari yang paling umum yakni 14 inci, dan sekarang makin ngetrend juga yang punya lingkar roda 12 inci. Lingkar roda 13 inci juga udah mulai banyak eksis dengan bejubelnya Yamaha N-Max. Sekian banyak matik yang MMBlog jajalin entah itu pas launching, atau pinjem milik teman, tetep bagi MMBlog pribadi, untuk matik atau skutik non gambot, pelek dengan lingkar roda 16 inci adalah yang paling nyaman.

Stabilitas di kecepatan tinggi, terus guncangan yang teredam dengan sangat baik ketika menghantam lubang, motor yang tidak terlalu ekspresif ketika bertemu jalanan yang tidak rata/bergelombang/geronjalan, adalah akibat-akibat positif dari diameter roda 16 inci. Ditambah lagi, Suzuki Hayate 125 dibekali oleh suspensi ganda dibelakang yang kinerjanya luar biasa. Suspensi ini empuk, nyaman. Baik sendiri atau berboncengan, mantap! MMBlog yang 80kg ngebonceng 80kg (Bang Gilkun) aja ini motor masih mantep ayunannya dan enggak gasruk polisi tidur.

Tapi sayang, udah gak ada lagi unit baru matik dengan lingkar roda 16 inci dan bersuspensi ganda di belakang. Masterpiece banget padahal, gak ada nyesel-nyeselnya ngangkut ini motor Sob. Gimana? Ada yang pengen sharing kinerja suspensi dan kestabilan matik ring 16 inci? Silahkan coret-coret di kolom komentar yah!

29 COMMENTS

  1. Itu motorku ya Mas warna sama euy .. Cuman ada nostalgia ama ini motor.. Inget bgt waktu om leopold ngambil verde (er6n) hijau diblognya saya pun senang krn benar tiap pagi ngantor om leo itu satu arah ama saya .. Hanya dia dari serpong dan saya dari sektor 9 jadi klo suara gelegar knalpotnye verde uda kedengaran .. Nah ane kebut dah biar bareng terus ane ikutin sampe jl kesehatan dan veteran saya selalu berusaha barengan dan ini motor ga kalah akselerasinya suerr ?? .. Padahal om leo ga tau saya dan saya sering komen diwarungnya .. Bukan apa2 pagi2 itu klo brangkat kantor itu malas krn muacetnya dan ada moge yg bisa dibuntutin pagi2 itu wah bikin semangat merdu suaranya .. Ampe kadang klo saya kepagian .. Melipir beli roti law dulu ah sambil nunggu si verde lewat hehehe .. Rasanya nostalgic dan ingin rasain lg tapi si om leo udah ke aussie .. Yah itulah waktu yg berjalan .. sampe suatu waktu mang kobay sering ajak kopdar diwarungnya malam2 di bawah tv raksasa panahan .. Wah itu jalur pulang kantor saya pengen ikut tp sampe kopdar terakhir ga bisa ngikut krn waktu pulang kantor saya rada malam .. Byk kenangan ama tuh motor trus dulu sering disangka motor matic india .. Suzuki2 bener2 dah ? dan Blm saya jokul ampe sekarang walopun udah jarang dipake buat ngantor krn ada bini muda si aerox s heehe ..
    Saran Coba ganti karet ban sama michelin pilot sport yg r16 .. klo masih nemu itu barang udah embatt aja krn ga akan nyesel dan oli shell yg matic ultra 1ltr yg baru wusss Beda rasanya .. Uda ah

  2. Yg ngedrive adalah inisiatif pabrikan, bukan permintaan pasar.
    Kemunkinan karena, makin besar rim velg, material yg dibutuhkan juga makin banyak. Jadi gak efisien secara cost.
    Sebenernya, kalau ada velg aftermarket 15″ atau 16″ yang bisa dipakai universal, dan ketersediaan ban banyak, saya justru ingin move on dari 13″ dan 14″

  3. Mang, Hayate saya suspensinya keras banget yang belakang, apalagi kalo kena lobang berasa gapake suspensi. Itu kenapa ya? Kalo ganti pake copotan ORI bisa bener ga ya?

  4. Setuju bgt om vandra..sy pake skywave dr thn 2011sampe skg gak kepingin ganti motor matic terbaru..bener2 pas buat boncengan sm anak n istri, jok nya lebar n panjang..dulu awal2 punya emang susah nyari ban tubless ring 16, tp skg udah smakin gampang..pengalaman pake ban plg enak michelin tp skg udah mulai ilang dipasaran..skg pake zeneos zn88 n maxxis udah lumayan mantab..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here