Lihat Langsung Suzuki RE5, Sang Maha Karya Suzuki!

3

Sobat MMBlog sekalian, mesin Rotari adalah mesin yang eksistensinya lumayan unik. Mesin ini, pernah digunakan di mobil Mazda, macam Mazda RX7 dan Mazda RX8. Nah, MMBlog dari jauh-jauh hari udah tahu, kalau ada satu motor yang menggunakan mesin jenis ini. Yups, berasal dari pabrikan Suzuki, motor ini bernama Suzuki RE5. Suzuki RE5 menggunakan mesin Rotary yang biasa disebut sebagai Wankel Engine! Motor ini diproduksi dari tahun 1974 hingga 1976, hmm, enggak lama yah Sob.

Ngomongin sejarahnya, Pada akhir Tahun 1973 di acara Tokyo Show, Suzuki memperkenalkan motor barunya yang bernama Suzuki RE5 yang menggunakan mesin Rotary. Motor tersebut merupakan sebuah maha karya “flagship” dari para insinyur Suzuki saat itu yang berhasil mengembangkan desain mesin rotary setelah mendapatkan persetujuan lisensi dari NSU/Wankel pada tahun 1970. Mantab. Mesinnya unik, ada sirip-sirip gitu 😆 .

Ngomongin mesin, temen-temen bisa cek dua blog dari Black Cat dan Kang Emon Anderson di sini yah, bahasannya mereka udah lengkap banget. Nah, kalau MMBlog pribadi cuman pengen cerita mengenai ngelihat fisiknya secara langsung aja, hehehe. Ternyata motor ini lumayan gede juga yah, panjang dan lebar gitu Sob. Udah gitu, karena bukan mesin piston based, tampilan area mesin terlihat enggak biasa. Gimane yee? Ajaib lah, asing di mata Sob. Tapi knalpotnya sih tetep ada, di kanan dan kiri malahan. Suspensi depan menggunakan suspensi teleskopik konvensional, terus ada dua cakram di roda depan. Desain? Khas motor laki tahun segitu, mirip-mirip lah sama Suzuki GT series yang juga ada pada zamannya.

Suzuki RE5 adalah motor yang spesial, tapi sayangnya, keunikan motor ini ternyata enggak membuat pasar, serta merta langsung kepincut dibuatnya Sob. Harga yang saat itu lumayan mahal, performa yang masih lebih baik si GT750, membuat motor ini sepi dilirik. Padahal keistimewaannya emang gak ada duanya kan? Hmm, kalau sekarang sih yakin banget, motor ini adalah motor koleksi! Makanya Sob, kalau sekarang ngarep ada motor dengan teknologi yang ultra super tinggi, belum tentu pabrikan mau merealisasikan. Karena investasinya tinggi, tapi keuntungannya? Belum tentu greget! Overall, MMBlog jadi bikers Suzuki yang beruntung karena bisa melihat motor ini secara langsung. Eksotismenya emang luar biasa!

Semoga berguna yah Sob.

Sumber : black cat & enoanderson

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here