Review Harian Suzuki GSX-S1000F, Kesan Pertama – Nyaman Tapi Mengerikan!

21

Sobat MMBlog sekalian, seperti yang telah MMBlog mention beberapa hari yang lalu di artikel ini, kalau MMBlog saat ini lagi dititipin sama Suzuki Indomobil Sales, satu unit sepeda motor SUPER mereka, yakni Suzuki GSX-S1000F. artikel ini, menjadi artikel pembukan review harian yang isinya adalah sebuah impresi pertama MMBlog riding menggunakan motor supersport touring ini. Kesan pertamanya adalah, Nyaman Sih, Tapi MENGERIKAN! Kok gitu Mas?

Sebelumnya, temen-temen harus tahu fakta-fakta berikut mengenai Suzuki GSX-S1000F.

Motor ini punya tenaga on crank sebesar 150 daya kuda, dan on wheel sebesar 140 daya kuda. Atau dua kali lipat tenaga Kawasaki ER6n.

Motor ini punya torsi 100,3 Nm atau juga dua kali lipat dari tenaga Kawasaki ER6n.

Motor ini punya bore x stroke : 73,4 x 59 mm , bisa dibilang, motor ini adalah motor 1000 CC yang strokenya panjang, long stroke! Beda sama CBR1000RR yang strokenya hanya 55 mm (sama kayak ZX10R), atau FZ1 (mirip sama R1) yang stroke 53 mm. Nah, kebayang dentuman dan langkah panjangnya akan menghasilkan torsi seperti apa kan?

Asli, motor ini punya ergonomi yang bener-bener nyaman! Ergonominya persis kayak ergonomi Yamaha FZ6 yang sport tourer banget! Persis! Yang ngebedain cuman panjang setangnya aja, klan FZ atau Fazer emang setangnya meler kemana-mana, wkwkwk. Untuk ergonomi MMBlog gak akan bahas panjang lebar, temen-temen bisa KLIK di SINI aja yah. Untuk berkendara jarak jauh, dalam kota, asli nyaman banget dah! Jok empuk, setang tinggi, foot step intermediate, pokoknya sport touring abis!

Tapi kenyamanan ini akan bener-bener dibumbui sama perasaan mengerikan, kalau temen-temen gak pinter-pinter untuk memainkan throttle atau bijaksana dengan mengaktifkan fitur traction controlnya Sob! Gila! Tenaganya bener-bener kejam dan intimidatif! Gak heran kalau reviewer luar negeri bilang, “seketika akan ada bom, apabila kita melintir throttlenya secara mendadak!” atau istilah “wheelie machine”, atau “there’s so much power”, dsb, dsb! Beneran dah, lecutan tenaganya bener-bener bikin kaget dan gemeteran! Belum lagi, predikat “snatchy throttle” emang tepat diberikan di motor ini, kelewat sensitif throttlenya, ngehentak-hentak kalau throttlenya dibuka.

Pada umumnya, motor-motor empat silinder, baik itu 600-1000 CC, punya power yang agak-agak jinak di bawah. Tapi kok ya ini di bawahpun, meledak gak karuan! Ya balik lagi ke atas, ini motor long stroke! Yang mana, torsinya bakalan melimpah, mulai dari bawah. Belum lagi, Suzuki GSX-S1000F adalah motor yang menganut transmisi short ratio, ciri utamanya adalah, tement-temen dapat menggunakan gigi tinggi di kecepatan rendah tanpa ada endut-endutan sama sekali! Ini bukan perkara torsi atau apa, emang kalau close ratio ya begini ini.

Suzuki GSX-S1000F praktis menjadi raja di jalanan Sob. Motor-motor lain, tentu dengan sekali lecut aja pasti langsung ada di belakang kok! Moge lain sekalipun, gampang banget diasepin ini motor, kecuali mungkin superbike-superbike super macam BMW S1000RR/R yah, wkwkwk. MMBlog bukan mau sombong atau gimana, tapi ini motor emang cocoknya sama rider yang udah punya jam terbang tinggi riding dengan motor-motor high performance.

Jadi buat awam enggak bisa Mas? Ya bisa aja, kalau pelan-pelan mah pasti bisa, Cuma tangan pasti pegel aja tuh ngontrol throttlenya yang “snatchy”. Oke deh, ini kesan pertama MMBlog, nanti MMBlog ceritain lagi kesan-kesan berikutnya yah!

21 COMMENTS

  1. Om Vandra
    Tolong sampaikan ke petinggi suzuki Roda dua Indonesia dong
    Untuk keluarin Suzuki SWISH di Indonesia
    Itu motor kayaknya sangat cocok buat kebutuhan masyarakat indonesia (leg room luas, datar, bagasi luas dan panjang serta dalam, tangki bensin juga di depan, gak merepotkan pengendara).
    Tinggal memposisikan harga yang menarik (murah) namun dengan performa mesin serta fitur yang gak murahan (punya kelebihan yang tidak dimiliki kompetitor).

    • Jangan lupa full keyless pak Dhe vandra..!!!
      Spido wajib full digital TFT…!!!
      Kualitas harus sama dg versi global..!!!
      Produksi banyak harga murah..!!!
      Mahal dikit gak masalah..😂😂
      Jangan lupa VAN2 mana…😈😈

    • Wah setuju,, Swish masuk sini cukup joss kayak nya, jual kisaran 15-19 jutaan,, ban ring kecil layak nya scooter2 eropa, design cukup masuk harus nya sih, tajam dan agresif..
      dek rata (bisa taruh barang2 bawaan di dek depan) tapi unik nya tutup tanki di depan, jadi gag repot klo isi bensin.. legroom untuk selonjor juga ky nya memadai banget, gag kayak Lexi yg nanggung…
      dan karena tanki (spertinya) di depan, harus nya sih bagasi cukup luas.. mesin 125cc udah cukup lah itu utk scooter.. tambah lagi suspensi stereo, stabil hrs nya.. sangat layak dipertimbangkan SIS ini sih Mas Vand

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here