Cornering di Jalanan, Terus Melebar, Apa Sebabnya?

19

Sobat MMBlog sekalian, setelah melihat video terlampir dari akun instagram blogger kondang Alki di atas, MMBlog jadi menganalisa, kenapa kok di video terlampir, rider yang menggunakan scooter sambil cornering itu bisa ngelebar sehingga menabrak mobil dari arah berlawanan. Kalau temen-temen rider yang punya jam terbang tinggi, pasti tau sebenernya hal ini gak terlalu disebabkan oleh skill pengendaranya yang kurang atau apa, ada beberapa sebab lain yang perlu diketahui, yuk lanjut.

Cornering di jalanan itu punya resiko, resikonya gede lhooo. Ngelebar dan nabrak atau keluar jalan adalah hal yang amit-amit kejadian. Kalau temen-temen ngelihat video di atas, kelihatan sebenernya racing line yang lagi cornering jalurnya betul, tapi…

Lihat dah, disisi kiri jalan ada aspal yang warnanya berbeda. Dipikiran rider, “waduh, pasir lagi tuh! Ngejauh ah!” begitu ngejauh, lagi fokus ngelihatin jalan, eh ada mobil dari arah depan. Naahh, disini nih kuncinya! Arah mata kita harus tetep ke jalanan yang dituju, itu rider matik MMBlog yakin, matanya ke arah mobil yang dituju, yakin dah! Timbul pertanyaan, kok yang dibelakangnya juga malah ngikutin di belakangnya? Sama, yang dibelakangnya atau yang nyorot pake action cam, juga melihat ke arah motor didepan yang mau benturan sama mobil.

Mas, tapi kan itu jaraknya masih jauh, kok malah bisa ke arah mobil. Itu efek cembung action cam jadinya jauh, aslinya itu lumayan deket. Rider yang asik belok sambil miring, kaget begitu ada mobil dari arah berlawanan, ngelihat di racing line mungkin ada pasir, matanya ke arah mobil, niat koreksi, terlambat akhirnya ada benturan. Nah disinilah pelajarannya, kalau riding, mata harus fokus ke jalanan yang kita tuju di depan, jangan sekali-kali terfokus ke kendaraan dari arah depan, niscaya, motor arahnya bakalan ke situ.

Pernah gak pas riding, terus lihat lubang, mata kita fokus ke lubang? Pasti motor malah jadi ke situ. Coba alihkan pandangan, pasti bisa ngelesin tuh lubang. Gimana? Pernah ngalamin hal serupa Sob? saya mah sering, wkwkwkwk. Tetep utamakan selamat yah!

19 COMMENTS

    • Ketinggian ngomong lo bro, yg jelas kalo mo cornering kecepatan tinggi ya disirkuit sono jangan dijalan umum, mo mampus ajak ajak orang lain.

    • kornering kok sambil direm? ya jelas ngesot paling parah terlempar dari motor
      ketahuan kalau om cahyo biker abal-abal

    • Meski ada ABS kalau lagi cornering rem ditekan kenceng dan jalanan berpasir/ genangan air hujan, masih slide mas Cahyo…
      Gw alamin sendiri waktu touring ke Pacitan pakai z800 ABS, dari arah Wonogiri-Pacitan kejadian menjelang Maghrib, hujan deras 4 jam, jalanan menuju Pacitan kota yg berliku dan asyik menjadi tantangan tersendiri.
      Air bercampur lumpur dan pasir menyeberang dari sisi kanan jalan menuju kiri, dan sebaliknya (efek jalur perbukitan/ pegunungan yg belum ada saluran air/ got nya). Sedetik gw lihat spion mengecek posisi rombongan di belakang, posisi sebelum belok, ternyata hampir saja gw bablas ke rumah penduduk yg letaknya lebih rendah dari jalan raya. Telat belok, akhirnya kaget tarik rem depan dan belakang bersamaan, sepersekian detik ban depan udah slide, untung masih dilindungi-Nya dan segera sadar untuk melepas rem depan dan segera counter leaning (karena bobot z800 dan motor yg tinggi) untuk mengoreksi posisi motor.
      Setelah itu disambut bus dari arah berlawanan, sambil memuncratkan air + pasir itu ke motor dan badan gw, syukurlah masih selamat 🙏..

      Bener mas Vandra, kalau riding harus fokus ke jalan 100%, sedetik kita meleng, bisa CILUKBA di depan 😂. Apalagi jalur pegunungan, tanjakan, turunan, belokan. Serem…

  1. klo diliat gesture nya sih juga terlihat seperti org ngindarin pasir, tapi klo d perhatiin lagi kayak nya gag da pasir,, ah mgkn dia lelah…. hahaa

  2. Pernah liat di youtube ada kejadian serupa, analisanya adalah rider kurang paham thdp ‘counter-steering’. Mau menjauh dari mobil di depan malah motor jadi tegak dan menuju mobilnya.

  3. Stuju om Vandra, kita hanya bisa mengarah kemana mata kita memandang dan kejadian buruk timbul kl kita terpaku ke satu obyek aja, ga bisa move on ke arah lain deh. Bener tuh contohnya yg kenapa kok kl dijalan mata terpaku ke lubang yg ada bukannya hindari tp malah asik masuk ke lubang. Bodoh sih rasanya tp ya emang gitu penomenanya.

  4. Harusnya pas sdh melambung dia lebih rebah lagi biar lebih ke kekiri. Kalau sudah merasa rebah maksimal tp masih belum ke kiri itu artinya gas harus diturunkan. Cornering rebah rebah itu perlu latihan sering atau dilakukan sering. Gunanya biar tahu karakter motor dengan baik yg selanjutnya kita menyesuaikan riding style kita. Sy sih rasa ada 2 kesalahannya. Karena belum dapat feeling yg baik antara tingkat kelengkungan jalan yg ujung ujungnya harus menyesuaikan dengan kerebahan badan dan puntiran gas.

  5. Lengkungan jalan yg ke kiri, kalau kita rebah dan terlalu ke kiri(overstir) kita masih bisa ngangkat motor. Tp kalau terlalu tengah lalu kita mau lebih rebah ke kiri biat ndak masuk jalur orang biasanya lebih sulit dan kebanyakannya gagal. Ini yg sy pelajari setelah sering naik motor dr Makassar ke kota Rantepao Toraja Utara PP terutama di daerah enrekang yg terkenal dengan jalan yg meliuk liuk

  6. Bener tuh. Ane 2 kali ikut safety riding, basicnya adalah fokus arah pandangan mata kita. Katanya sih otak kita secara alami akan memerintah gerakan tubuh sesuai arah pandangan mata kita.
    Udah berkali kali dibuktikan teorinya dan benar seperti itu.

  7. ribet banged..
    ya jelas karena dia pakai matic,, mo rebah total dia ragu gasruk kena standard nya..
    mungkin kalao dia pakai motor sport bakal rebah ideal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here