Bikin Jari-Jari Tubeless Dengan Murah, Mudah, Aman, dan Awet, Nih Caranya!

14

Sobat MMBlog sekalian, pada umumnya, pelek jari-jari hanya kompatibel sama ban dengan tipe tube type atau ban yang menggunakan ban dalam. Hal ini, sebenernya sih oke-oke aja, dengan catatan kita ridingnya di negara yang jalanannya bebas ranjau paku 👿 , kalau di tanah air, riding menggunakan motor yang ban-nya pake ban dalam, agak ngeri-ngeri cemas. Resiko ban gembos, dorong motor hingga ke tukang tambal ban, hingga akhirnya ongkos tambal ban atau harga ban dalam barunya diketok, bener-bener bikin ngenes! Nah, beberapa biker bikin agar pelek jari-jari bisa dipasang ban tubeless, di artikel ini, MMBlog mau sharing pengalaman nublesin pelek jari-jari dengan cara yang mudah, dan bisa dilakukan sama siapa aja, lanjut!

Mukaddimah dikit, belakangan ini, Thunde 250 MMBlog kaki-kakinya, lebih tepatnya sih bannya, emang udah enggak proper. Ban yang dipakai adalah ban buatan tahun 2013, pelek jari-jarinya udah patah dua batang untuk ban belakang, pokoknya bener-bener udah aneh dah, wkwkwk, kalau kena garis putih, langsung melengseng itu motor. Emang udah enggak ada tulungannya, akhirnya MMBlog nebus Swallow SB117 ukuran 120/80-17 untuk belakang dengan 100/80-17 untuk depan, alasan dan review mengenai ban ini akan MMBlog bikin di artikel terpisah.

Pertama, siapin dulu barang-barangnya dan alat supportnya, yakni:

  1. pelek jari-jari, pastikan peleknya udah di setel dengan setelan yang apik, kuat, dan rapih, ring 17 yah, 18 juga bisa (sepertinya), MMBlog pakai DID untuk ban depan, dan RK Excel bawaan Thunder 250 untuk belakang, pelek kaleng nih.
  2. Ban dalam matik ring 14, MMBlog beli IRC yang untuk ban belakang Honda Beat, 25 ribu aja satu biji.
  3. Gunting.
  4. Cutter.

Prosedurnya adalah sebagai berikut:

  • Gunting/belek/belah ban dalem matik, belah dengan posisi pentilnya jadi di tengah gitu yah, cek gambar dah. Intinya belek di tengah.

  • setelah terbelah, pasang ke pelek jari-jari ring 17 yang udah disiapin. Masangnya dengan masukin pentil ke lobang pentil di pelek, baut pentilnya biar kenceng, kemudian rekatkan ban dalam itu menyeluruh ke bagian dalam pelek, lihat gambar dah.

  • rapihin bagian dalam dan bagian ban dalam yang keluar dari bibir pelek.
jadinya begini
  • bawa ke tukang tambal ban untuk masang, minta supaya hati-hati dan sabar aja masangnya, kuatir karet ban dalemnya robek.

    • setelah kepasang, make sure ban tubelessnya enggak bocor dan kepasang sempurna.
    • bagian ban dalem yang keluar dari bibir pelek, sehingga membuat ban terlihat kayak jadi brewokan di potong menggunakan cutter atau silet biar rapih.

  • selesai, dan pasang lagi ke motor.

Testimoninya, hal ini udah MMBlog lakonin lebih dari 6 tahun di Thunder 250. Dibawa touring kemana-mana dan pernah kena paku, bener-bener tubeless dan aman sentosa. Intinya bener-bener gak ribet dah! Gimana? Silahkan temen-temen coba sendiri dah tuh, bisa kok dilakuin sama siapa aja, karena gak ribet kayak pake sealant dan lain sebagainya itu

14 COMMENTS

  1. Joss,, ane baru mau tanya itu aman gag karet ban dalem ring 14 di paksa melar smpe 17, hehe,, tapi ternyata udh 6 tahun aman yaa Kang Vandra,, mantab,, nice share ini..

  2. mas mau tanya, kok yang di tempat tonjolan lobang2 jeruji gak d lapisin lagi ya?

    ane kok berpikir mending d lapisin aja bagian tengah ama ban dalem bekas aja trs d tutupin ban dalem yg udah d belah ntu?

    bijimane? hehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here