Email Pembaca : Ngilangin Panas Moge? Bisa Gak? Ya Bisa!

Sobat MMBlog sekalian, seringkali, MMBlog mendapatkan email yang isinya bikin bingung mau dijawab apa dan gimana. Agak susah emang kalau ngomong sama rider yang mungkin, masih newbie alias pemula. MMBlog tampaknya suka jadi rujukan bagi rider yang baru naik kelas punya moge, berbagai pertanyaan seringkali muncul, dan yang suka muncul adalah “Mas, saya baru angkat moge (biasanya gak jauh-jauh dari ER6 series) kok panas ya Mas? Bisa gak dihilangin panasnya”, sembari ngasih lihat foto motornya, okeh, MMBlog coba jawab.

Jawabannya tentu bisa, bisa banget, gampang malah, triknya sederhana, simpel dan murah meriah! Yakni:

Siram aja tuh selangkangan pake aer mineral 😆 :mrgreen: 😆 .

Dalam sekejab dan seketika, itu area kaki pasti jadi adem deh 😆 . gak percaya? Buktiin aja. Emang agak konyol, tapi kalau udah kelewat setres karena kepanasan bermoge ria, cara ini ampuh banget! Tapi ya gitu, kesannya jadi kayak ngompol, sama bisa-bisa di area selangkangan malah tumbuh jamur, kudis, panu, dan kurap 😆 . sebenernya sih buat yang yang ER6n, itu motor itungan adem banget dah, asli enak, sejuk itu motor, wkwkwkwk, banyak moge lain yang panasnya amit-amit.

Riding pake moge emang gitu Sob, ya kalau lancar jalanan, terus adem di pagi hari, enak banget dan jadi hiburan. Tapi kalau macet abis, tengah hari bolong, banyak rider lain yang blangsak bawa motornya, itu bawa moge boro-boro hiburan, yang bisa malah jadi bikin mati muda 😆 . udeh berat, panas, kopling keras, jinjit, sok-sokan pake jaket kulit, modyaaarrr 😆 😆 . jadi ya, bermoge agak kepanasan? Ya emang gitu adanya, kita riding di negara tropis yang iklimnya emang agak panas, ditambah motor juga relatif panas, kudu siap-siap.

Jadi pengen adem? Ya guyur aja yah! sekian, terima kasih, dan semoga berguna!

17 Replies to “Email Pembaca : Ngilangin Panas Moge? Bisa Gak? Ya Bisa!”

  1. Hmmm, seketika imajinasi liarku berjalan…
    Kenapa gak kita bikin celana atau aksesoris pendingin buat kaki? Ane pernah nonton (keqnya di Natgeo) ada pria india yg nyiptain pendingin badan dengan prinsip yg sama dengan kulkas (tapi tanpa freon ye :v). Kalo ciptaannya berhasil, bisa merambah ke dunia per-mogean tuh buat dinginin kaki, gimana?

  2. Om ada saran moge v twin yg murah ga kalo bisa yg jepangan aja sebenernya pingin eropa kaya monster walaupun itu L tp kok takut rewel

  3. Naek er6n ude kepanasan 😂. Sinih riding bareng gw naek kebo pake clana pendek dan sendal sambil macet2an jam 12 siang 😂.

  4. Masak panas sih? Kalau pakai hot pants dan sendal jepit jam 1-2 siang memang agak menyengat tapi lebih karena kena matahari dan asap knalpot mobil/ motor lain. Z800 gw ganti coolant engin* ic* lumayan kok. Turun 10°C dari rata2 harian. Biasanya macet 110-113 , skg 100-103 Mentok.. Tapi tetap pakai jeans dan sepatu kalau riding tengah hari. Aman.

  5. hahahahaaa, yaaa bgtulah klo orang naik kelas tanpa banyak pertimbangan dan cari2 info serta masukan,, yg penting keren duluu

  6. Klo saran ay, mnding cari dlu sumber panas nya dr mana, biasanya dr mesin. Nah paling ampuh itu mesinnya d copot dr motor, trus simpen d rmh.

    Niscaya pas jalan” naik moge. Ga bakal ngerasa panas lg.

  7. Mesin ganti pake yang 110cc ajah Om, adem pasti,
    Pake R6 om ga pake bgt panasnya dibanding cbr250 ajah msh ok r6

  8. Er6 menurut ane panasnya masih bisa ditoleransi (asal gg kena macet di siang bolong) coba panigale series ..mateng dah tuh biji wkwk head cylinder pas dibawah selakangan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *