Kembali (Lagi) Merasakan Sensasi Torsi 1400 CC Dari Mesin Suzuki GSX-1400, Suspensi Full Ohlins, Nyamannya Keterlaluan!

10

Sobat MMBlog sekalian, malam Sabtu kemarin MMBlog kangen juga pengen kumpul-kumpul bareng temen-temen moge riders. Di mana lagi selain di Senayan City, yawis meluncur daaah! Seperti biasanya, parkiran Moge Senayan City hari Jumat malam bener-bener ramai dan penuh dengan moge, semakin larut, semakin penuh, mantap! suara mesin baik dari dua silinder, empat silinder, semuanya berpadu menjadi simfoni yang merdu dan membuat jiwa rider bener-bener bergejolak, halah 😆 . ketika sampai, ternyata di parkiran udah parkir Mbak Souzy, aka Suzuki GSX1400 yang udah beberapa kali MMBlog ajak riding, asyik!

Ngobrol-ngobrol sama empunya, ternyata, Suzuki GSX1400 ini sudah mendapatkan beberapa upgrade signifikan di kaki-kaki. Di artikel sebelumnya, MMBlog pernah cerita kalau suspensi belakang motor ini sudang diganti dengan suspensi Ohlins. Nah, suspensi depannya, ternyata juga sudah diganti juga dengan Ohlins masbro, tapi matris aka dalemannya aja. Hmm, lanjut lagi, ternyata mesin juga sudah mendapatkan tune-up, remapping, intinya bener-bener dikondisikan seperti semua alias performa sejatinya dikeluarkan lagi. Gak pake ba-bi-bu, empunya yang kocak bener ini langsung ngeluarin kunci, dan bilang “lo jajal deh, ati-ati tapi, mesinnya lebih galak! Coba cek juga, kekurangan yang dulu masih ada gak?”

Kekurangannya apa tuh Mas? Suspensi depannya kelembutan aka keempukan, miring di depan jalanan manggala wanabakti nguber Bro Gilkun, suspensi motor ini dulu bener-bener goyang dan geal-geol.

Yaudah, riding dah. Masukin kunci, tarik tuas kopling, tekan tombol statar dan “whuukkkk…whhhuuuuuuukk” Innalillah, suaranya bener-bener bikin bulu kuduk berdiri! Rasanya juga jadi semakin halus, sang empunya langsung nyamper dan bilang “klep juga udah di setel jaraknya, shim udah diganti, tarik dah sono” oke daaah, pokoknya geber! Kapan lagi bisa nunggang motor legendaris dari Suzuki, muscle retro bike dari Suzuki yang emang good-looking banget! Keluar sency, lah… kok enteng banget ini manuvernya yak? Kenape jadi begini? :mrgreen: . beneran Sob, setang berasa ringan banget! Biasanya kan keluar sency itu macet kan yah? Ini selap-selip kok gampang banget!

Oke, masih dalam puteran throttle yang wajar dan biasa aja, belum betot lebih dalam. Lagi-lagi, laju stabilnya, mesin hangatnya, respong throttlenya yang smooth, bener-bener bikin MMBlog cengengesan di motor! Wkwkwk! gawat nih! terus, ada jalanan yang geronjalan, gak rata, sedikit rusak, dan beton, gila-nya jadi kagak kerasa masbro! Aseeemm!!! Ohlins emang gak bohong! Baiklah, masuk depan TVRI ke arah jalan Gatot Subroto, langsung di hentak, pelintir lebih dalam.

Lho..lho.lhooo??!! waaaa!!! Gilaaaa!!! Jarum speedometer langsung melonjak ke angka 140 km/jam lebih dikit, padahal baru shifting gear beberapa kali, dan jarum rpm gak drastis naiknya! Gila! Tenaganya makin-makin! Bener-bener berasa flying low, berakselerasi di atas motor yang besar, rasanya beneran kita dibawa sama motor, bukan kita yang bawa motor Sob! seketika, garis putih putus-putus bergerak di samping mata dengan cepat dan dinamis, kendaraan lainnya berasa jadi membeku dan bergerak perlahan, tapi deru mesin berasa rileks, ajiib emang mesin 1400 CC dari Suzuki ini! Sedap!

Ketemu lagi sama jalanan di depan Manggala Wanabakti yang meliuk ke kiri, kecepatan masih manteng di 80 km/jam, bodo daaaah! Tekuk aja! Dulu sama Bro Gilkun bisa belok di kecepatan segini, sikaattt! Lah..laahh..laaaahhhhhh, kok enteng banget di tekuknya?! Masuknya presisi, kenceng dan sama sekali gak ada yang namanya geal-geol! Keren abis! Suspensinya yahud banget! Pas dijalanan rusak kagak berasa, pas di tikungan nikungnya jadi nyaman banget! Luar biasa!

MMBlog agak lama riding menggunakan GSX 1400 ini, karena emang jadi lupa diri karena nyamannya pake banget! Power dan torsinya selalu tersedia di setiap putaran mesin! Remnnya juga enak banget, depan kalipernya 6 piston, kan ngerih, wkwkwkwk. Cuman rem belakang aja nih, kayak sealnya udah harus diganti, walaupun kalau ngomongin pakem ya tetep aja pakem! Asyiknya lagi, desainnya low profile, jadi rider lain berasa penasaran, karena paling ya Thunder modif, wkwkwk, tapi abis lampu merah, sekali betot langsung ngilang antah berantah dah.

Intinya sih, dengan kondisi yang sempurna, moge ini bisa dibilang sebagai moge yang bener-bener siap dipakai di segala kondisi! Buat harian? Bisa banget biarpun gede dan terkesan berat, kenyataannya menuver pake motor ini di ibukota yang padat juga gak repot! Buat touring? Waduh, kenyamanannya jangan ditanya Sob, torsinya juga udah siap banget buat nyusul kendaraan di depan! Buat trackday? Power dan akselerasinya juga dapat diandalkan! Kenceng? banget! Tapi agak sayang sih, hehehe. Cuman, kayaknya sih konsumsi bensinnya yang rada maknyus yah, bisa dapat 1 liter untuk 15 kilometer aja sepertinya udah mantap!

Sayang udah gak diproduksi lagi, padahal motor begini kalau dijual oleh ATPM, peminatnya gak sedikit lho. Emang beneran motor yang bisa dipake kapanpun soalnya! Aduh, kapan yah?? Xxixxiixxi, oke deh, semoga berguna yah Sob! jadi pengen motret ini motor pas siang-siang!

 

10 COMMENTS

  1. Mang, kalo dibandingin sama motor teknologi dewa secantik dewi kahyangan ay punya mimin, masih jauh lah; cakepan ay punya mimin kemana mana…. apalagi kalo dibandingin sama honpret jadul atawa yamatot lemot; macet? colek gas dikit ay punya mimin langsung bisa terbang, banjir? Coleh gas dikit bisa nyilem! Seng ada lawan! …ay punya mimin emang bikin hati bangga…. bangga dengan ay punya mimin….

  2. ini bikinan thn brp bro? nanya aja.

    ada tipe gsx, gsr, gs, gsx-s, bedanya dimana sih? mirip2 semua bentuknya. mohon penjelasannya.

    kalo gsx R ga usah dijelasin pasti itu yg pk fairing lah.
    thx.

  3. ini bikinan thn brp bro? nanya aja.

    ada tipe gsx, gsr, gs, gsx-s, bedanya dimana sih? mirip2 semua bentuknya. mohon penjelasannya bro vandra.

    kalo gsx R ga usah dijelasin pasti itu yg pk fairing lah.
    thx.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here