Yamaha MT-07 Tracer 700, Sikat Ninja 650 dan Versys 650 Sekaligus?

7

tracer-700-49

Sobat MMBlog sekalian, kemarin secara resmi Yamaha Eropa memperkenalkan kepada publik sebuah moge baru bernama Yamaha Tracer 700. Sudah Kuduga, pasti muncul juga kok varian sport touring dari MT-07 setelah Yamaha MT-09 Tracer dirilis. Di Inggris, motor yang dijual dengan harga 6200 Pounds atau sekitar 120 juta rupiah ini, sudah masif diberitakan. Hmm, menarik emang Yamaha, makin gencar ngeluarin produk-produk anyar nan modular! Terus gimana kira-kira kansnya? 2016-Yamaha-MT07TR-EU-Radical-Red-Static-011

Yah, kita gak ngomong ini motor di Indonesia, kalaupun masuk gak mungkin harganya 120 jutaan, wkwkwk. paling bisa 200 jutaan dah, mepet-mepet sama Suzuki V-Strom. Tapi di luar negeri, melihat kesuksesan MT-07, ini motor bisa dijadikan alternatif, eh malah bisa jadi pilihan utama ketika pasar sudah terlalu jenuh dengan Kawasaki Versys 650, Ninja 650, dan Suzuki V-Strom! Karena apa? Karena Tracer 700 emang benar-benar baru!

tracer-700-51

Bicara spesifikasi, motor ini punya CC 690 CC, jelas lebih besar ketimbang kompetitor twin lainnya masbro. Mesin juga punya karakteristik yang lebih “hidup” karena mengusung sudut pengapian crankshaft 270 derajat, tone suara jelas beda sama kompetitor yang punya pengapian 180 derajat bak Ninja 250, ini suaranya lebih punya karakter kayak motor-motor dua silindernya Triumph. MMBlog sih belum pernah jajal gimana performanya, yang jelas kalau baca review-review, lebih punya soul dan gak datar (plain).

tracer-700-50

Bicara model, ini motor bisa dibilang hybrid antara motor touring, dan motor sport. Makanya MMBlog bilang, bisa nyikat Ninja 650 dan Versys sekaligus. Secara, tampilan sportynya dapet kayak Ninja 650, fairing dengan dual headlamp yang agresif. Terus touringnya juga dapet karena punya suspensi depan yang tinggi, setang yang tinggi, dan ground clearence yang tinggi. Apabila Yamaha jeli, memberikan opsi dengan varian jari-jari juga sebenernya ide yang amat bagus, karena mesin dua silinder masih punya potensi menyenangkan buat dipakai off-road.

2016-Yamaha-MT07TR-EU-Tech-Black-Studio-001

Tapi masih agak kentang nih, suspensi depan masih mengandalkan suspensi teleskopik konvensional. Masih dibawah suspensi Versys dan V-Strom yang sudah menggunakan suspensi Upside-Down yang secara tampilan juga terlihat lebih kekar dan kejal.

2016-Yamaha-MT07TR-EU-Radical-Red-Detail-010

Yang jelas, Yamaha Tracer 700 emang angin segar bagi market motor sport touring. Pemainnya beneran itu-itu aja masbro, wkwkwkk. Nah, yang asyik, gimana kalau ada Yamaha Tracer 250? Gak lama lagi MMBlog bikinin artikelnya yah! Menarik banget ini! BTW, artikel ini udah MMBlog ketik di tanah air, Alhamdulillah MMBlog pulang dari Tanah Suci masbro, makasih banyak buat doanya, agak batuk-batuk nih, hehe. sekian, terima kasih, dan semoga berguna yah!

7 COMMENTS

  1. Yaelah. Ini mah mirip fazer. Padahal gen MT udh joss keren2, ditambah XSR tambah keren. MT09 tracer keren. Yang ini malah back to zero. Payah designernya.

  2. Keluar di Indo bisa diatas Versys 650 sih ini
    Jarang banget ngeliat v-storm di jakarta….

    Kapan ya keluar MT-25 tracer, Versys 250, G-Storm250, XSR250, Vulcan250, SFV250, SV250…. ada varian 400 cc juga menarik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here