Himbauan Mengenai Larangan Menggunakan Bensin Tanpa Timbal, Sebaiknya Dipatuhi Sob Kalau Motor Gak Mau Mogok Aneh!

16

ganti oli_-2

Sobat MMBlog sekalian, seringkali kita melihat anjuran atau himbauan di sepeda motor, agar kita menggunakan bahan bakar tanpa timbal. Sebenernya ini Cuma sekedar retorika aja atau emang bener sih pabrikan ngasih himbauan gini itu baik untuk konsumen. Tadinya MMBlog gak terlalu peduli, tapi setelah punya pengalaman absurd terkait hal ini, yawis, sekarang mah manut aja untuk ngasih minum motor dengan BBM tanpa timbal! Pengalaman ini terjadi sama Scoopy MMBlog Sob.

Beberapa hari yang lalu, abis pulang dari Pacitan, MMBlog manasin Scoopy, seperti biasa, idup langsung. Panasin bentar terus jalan. Baru sekitan 300 meter, tiba-tiba Scoopy berebet, dan beneran aja itu mesinnya mati, wkwkwk. walhasil dorong deh kerumah 😆 . agak bingung kenapa bisa begini, coba-coba cek busi, ada kok apinya, aman sentosa. Terus coba stater lagi, gak idup! Coba engkol gak idup! Malah diengkol kok ya enteng banget kayak gak ada kompresi.

ganti oli_

Hingga beberapa kali engkolan, dan dibarengin sama pelintiran gas, akhirnya Scoopy bisa idup. Asik! Bawa jalan lagi, eehh baru 50 meter mogok lagi, wkwkwk :mrgreen:

Karena penasaran, akhirnya Scoopy MMBlog setut bareng babeh untuk dibawa ke AHASS terdekat Sob. cerita sama montirnya, gak pake lama montirnya langsung nyamperin Scoopy dan itu tombol stater Scoopy di teken lamaaa banget, ada kali sampe 30 detik lebih! Agak ngilu juga, ngeri dinamonya rusak atau aki tekor, terus berulang-ulang, ngek-ngek-ngek-ngek-ngek…dan ternyata.

HIDUP!

Terus terjadilah percakapan MMBlog dengan montirnya yang logat betawinya gak kalah kentel sama MMBlog:

Montir (MT) : Bang, ini abang skupinye pake premium melulu ye?

MMBlog : iye bang, emang kenape?

MT : Bener kan, emang gini bang kalo pake premium, kompresinye ilang banyak kerak bang.

MMBlog : iye sih, ini saye pake premium melulu dari baru. terus gimane dong bang?

MT : yeudeh, abang isi aje pake pertamax ye ato shell gitu, udeh banyak bang kejadian kayak gini

MMBlog : oh gitu, yeudeh ntar saye isi pake pertamax ples aje deh, tapi mogok lagi kagak nih bang?

MT : Insya Allah Kagak bang, tadi udeh saya geber, bagusnye abang kuras dulu aje bensinnye, isi pertamax terus, abis itu isi premium lagi gak pape bang

MMBlog : (kasih ceban) yeudeh, saye duluan ye bang!

MT : tiati bang, makasih ye.

ganti oli_-3

Naahh, tadinye, eh tadinye, tadinya MMBlog agak ragu sama yang diutarakan oleh montir, tapi dengan pedenya dia stater motor sampe puluhan detik, terus idup, yaa mau gak mau, ikutin aja deh sarannya Sob. akhirnya, sampe rumah, bensinnya yang premium itu MMBlog sedot, abis! Terus ambil pertamax dikit dari tangki si merah, langsung ngacir ke SPBU isi Pertamax Ples, naahh, udah deh lancar jaya sampe sekarang.

Tuh, kalau punya motor emang baiknya pake BBM yang bagus aja Sob. apalagi kalau di motornya ada anjuran “gunakan bensin tanpa timbal”, better ikutin aja deh kalau gak mau ribet nantinya.

Catatan : hal ini terjadi setelah Scoopy sampai ke kilometer 20.000

Semoga berguna yah!

16 COMMENTS

  1. Sebenarnya cukup pakai pertalite aja, saya malah punya kejadian sebaliknya motor yg pake karbu diisi pertamax dan super selama ini malah susah idup kalau start pertama dari kondisi mesin dingin begitu ganti pertalite langsung hidup sekali tekan.

    • ngomongin bisa sih bisa mas, tapi pasti ada efek sampingnya lah, lagipula skupi saya kan yang karburator mas bukan yang injeksi

  2. Pernah punya pengalaman juga ma Mbit 2009 punya Nyonyah…gitu juga kejadiannya, tp ngobatinnya itu lubang businya ditetesin oli agak banyak, trs diidupin tuh motor ehh langsung idup…digeber n dibiarin langsam sampe asepnya (gara2 oli) ilang. Kata tuh montir juga gitu, gara2 minum Premium trs, kudunya kalo minum premium, sekali sebulan diisi penuh ma Pertamax Plus. Tapi sampe skr sih tuh Mbit Nyonyah minum Pertamax mulu, n ngga pernah susah start tuh motor…lancar jaya.

  3. Setau saya sejak 2006 premium juga sudah tidak menggunakan timbal. Jadi seharusnya bukan karena timbalnya, mungkin karena premium lebih mudah berkerak aja makanya bisa mogok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here