test ride Honda CBR650F-3

Sobat MMBlog sekalian, ketemu lagi sama artikel test ride Moge Honda ala MMBlog, hihi. Setelah membahas mengenai test ride Honda CB500F dan juga Honda CB650F, nah di artikel ini, MMBlog mau bercerita mengenai test ride dan pengalaman MMBlog riding bareng Honda CBR650F yang merupakan wujud sportbike dari Honda CB650F temen-temen. Sebagai informasi, MMBlog ngejajal CBR650F ini di parkiran Hotel Nikko dan riding ngegas di jalanan Pulau Dewata Bali, tukeran ama Om Kobay setelah die ngerasain fatique karena macet, wkwkwk :mrgreen: . okeh, langsung masuk ke reviewnya yah Sob

Baca Juga Sob : Test Ride Honda CB650F By MMBlog

Ergonomi

test ride Honda CBR650F-5

Tampilan boleh full fairing, setang boleh setang jepit, tapi eh tapi, ergonomi dari Honda CBR650F adalah ergonomi sport touring! Yup, ergonomi yang bisa dibilang sebagai ergonomi yang anti pegal nih Sob! wajar, soalnya setangnya juga biar kata setang jepit, dia posisinya diatas yoke atau segitiga, jadi emang lumayan tinggi setangnya. Tinggi joknya juga sama kayak tinggi jok CB650F, buat MMBlog emang masih agak jinjit, tapi oke banget jinjitnya, gak ngurangin tingkat kepercayaan diri buat MMBlog yang punya tinggi badan 167 cm. Bisa dibilang, malah ergonominya lebih rileks ketimbang Ninja 250, atau bahkan lebih rileks ketimbang CBR250 loh Sob! joknya yang menyatu juga enak sepertinya bagi para boncenger! Kesimpulannya, ini motor biar kata sport, tapi enak buat touring jauh karena gak bikin pegal!

Dimensi

Pas sama dimensi MMBlog yang Indonesia banget

Pas sama dimensi MMBlog yang Indonesia banget

Motor sport fairing, biasanya dimensinya gambot, lebar, dan makan tempat. Tapi CBR650F ini gak sama sekali loh Sob. dia ukurannya kompak! Simpel, pokoknya cocok banget untuk dimensi orang Indonesia kebanyakan! Malah kalau dibandingin dengan Ninja 250, dimensinya gak jauh-jauh amat! Inilah mantapnya moge-moge sport dari Honda, dimensinya dibuat gak terlalu besar, bobotnya juga gak berat, jadi bersahabat banget sama semua rider! Good job!

Performa

test ride Honda CBR650F-6

Saatnya gas! Kangkangin, puter kunci kontak, tarik tuas kopling, pencet tombol stater dan vheemmm!!! Wuih, lagi-lagi suara empat silindernya bener-bener merdu euy :mrgreen: . tapi, biar pun merdu, suaranya lembut banget kalau bagi MMBlog Sob, serius dah. Aluuuss banget! Bener-bener kayak motor listrik ini moge, hihi. Sempet blayer-blayer gasnya, rpm naik dengan cepat! MMBlog yakin, kalau knalpotnya diganti, pasti suaranya mantep banget iniihh 😆 . okelah, masukin tuas kopling “ceklik” weleh, gak ada bunyi jedlak! Lepas kopling dan kasih pelintiran gas CBR650F melaju. Oia, MMBlog pake Helm Nolan N64 hadiah dari event test ride bigbike ini, Jaket Taichi Element Air Jacket Honda Edition, Glove RS-Taichi RST 390, dan 7Gear Boot Raptor

Diparkiran Hotel Nikko, MMBlog bisa mengail performa bawah dari sport touring 650 CC Honda ini Sob. tenaga bawahnya padat, namun lembut! Beda sama Kawasaki ER6n yang berasa nampol dan torqy diputaran bawah, tapi karena dua silinder, ya gitu deh, banyak getarnya, hehe. Kalau CBR650F ini, gak ada geternya, smooth, tenaga selalu ada, tapi gak ngebuas, enak deh buat riding santai, dan yang paling utama adalah ini motor dak endut-endutan! Performa begini ini cocok banget buat riding stop and go di jalan yang macet Sob. badan gak terlalu kesiksa karena hentakan power, gak terlalu kesiksa juga karena nahan motor yang berdeselerasi. Oia, puteran throttlenya juga ringan banget Kang Mas, gak bikin pergelangan tangan pegal,padahal udah push-pull, mantap!

Oke deh, saatnya ngail performanya secara optimal! Kali ini MMBlog jajalnya di jalan umum Sob. setelah tukeran sama Om Kobay yang udeh ngerasa pegel bawa ini motor, dan MMBlog yang bawa Honda CB500X dengan kondisi ngantuk :mrgreen: (bisa kebalik gitu) akhirnya MMBlog bisa ngerasain raungan dan jeritan dari mesin empat silinder! Di jalanan umum, ketika konvoi, MMBlog sama sekali gak ngerasa kesulitan untuk mengovertake dan mengejar rombongan apabila MMBlog rada-rada ketinggalan. Powernya kalau gasnya dibejek itu, bener-bener menyenangkan! Ya, kurang lebih efek inertia yang dirasakan tubuh gak terlalu beda jauh sama hentakan mesin 2 silinder 650 CC, tapiii kalau empat silinder ini, ketika dua silinder udah keabisan nafas, CBR650F masih tetep rileks, ngacir, dan ngisi terus tenaganya Sob! kecepatan 120 km/jam dapat diraih dengan sangat-sangat mudah, tanpa effort berlebih! Lagi-lagi getarannya minim euy, berasa terbang :mrgreen: . pindah giginya pun, gileee, gak ada tuh suara jledak atau suara keras dari koplingnya, enteng dan alus banget Sob!

Kesimplan dari powernya adalah, untuk riding santai enak! Untuk riding kenceng, enak banget! Hehe. untuk daily riding, powernya gak mengintimidasi, untuk touring, powernya lebih dari cukup, untuk trackday, performa serta akselerasinya menjanjikan! Pantes ini motor dipakai di ajang balap penjenjangan di Eropa sana. Memang, potensi dari mesin 650 CC empat silindernya sangat besar, bisa dijadikan sebagai mesin motor untuk berbagai macam keperluan riding Sob!

Baca Juga : Test Ride Honda CB500F By MMBlog

Handling dan Suspensi

test ride Honda CBR650F

Sama seperti sepupunya, Honda CB650F, Honda CBR650F handlingnya juga sangat-sangat bersahabat, malah kalau MMBlog bilang jinak banget ini motor buat ditekuk-tekuk Sob. manuver, zig-zag, dan pindah jalur, dapat dilakukan hanya dengan “mata”, tekukan setang sedikit, dan tekanan pada footstep! Seketika, tempat yang kita tuju bakalan langsung disamperin sama Honda CBR650F. Terlebih, ergonomi yang sedikit lebih sporty ketimbang Honda CB650F, membuat manuver dengan CBR650F jadi lebih menyenangkan dan lebih mudah! Buat muter balik gimana? Ternyata tetep gak makan tempat banyak loh ini biarpun setangnya setang jepit!

Terus gimana dengan suspensinya? Sama dengan Honda CB650F juga Sob, reboundnya lumayan cepet, tapi gak bikin mual. Malah kalau MMBlog bilang, ini setelannya termasuk ke setelah empuk dan lembut. Yaa, untuk kegunaan harian pas banget daaahh, tapi untuk trackday, tentu perlu penyetelan lagi, biar kalau nikung ekstrim gak terlalu geal-geol ngebuang. Satu keunggulan juga nih kalau suspensinya empuk gini, pas touring gak terlalu bikin badan rentek :mrgreen:

Pengereman

Wah, jangan ditanya daahh, hanya dengan menjentik satu jari pada tuas remnya, ini motor udah mantap banget berdeselerasi Sob! MMBlog udah nyoba Kawasaki ER6n, Ninja 650, Suzuki GSR750, dan Kawasaki Z800, MMBlog bisa bilang, daya pengereman Honda CB/CBR650 ini lebih superior loh Sob dibanding moge-moge super dari kompetitor? MMBlog lebay? Boong? Monggo silahkan temen-temen buktikan sendiri daahh :mrgreen: , MMBlog kan padahal FBS Sob 😆 . tapi emang pengereman CB650 atau CBR650F lebih baik dan lebih “cieettt” ketimbang moge-moge lain yang remnya juga belum radial.

Kesimpulan

test ride Honda CBR650F-2

Bagi MMBlog yang Moge Enthusiast, Honda CBR650F adalah pilihan yang menarik dan menggoda banget! Motor fairing yang friendly, bisa diajak bermacet-macet ria, bisa diajak ngebut, bisa diajak track day, yaa pokoknya bisa diajak riding di kondisi apapun kecuali off road tentunya yah :mrgreen: . intinya sih, ini motor sport bisa dipakai oleh siapapun karena emang bersahabat banget, nah tinggal siapin dana 240 juta aja untuk nebus dan membawanya pulang ke rumah temen-temen, hihi.

Oke deh, semoga berguna dan semoga menambah referensi yah!

Thanks A lot to PT Astra Honda Motor dan Tim HC3!

All Photo Taken By Aditya Ardiwinata, Thanks Kak Agun!

Ini kalau temen-temen mau baca test ride dan review MMBlog akan Honda CBR series, Insya Allah Komplit!

Test Ride dan Review Honda CBR600RR 2006

Test Ride dan Review Honda CBR250RR Empat Silinder

Test Ride dan Review Honda CBR150R

Test Ride dan Review Honda CBR600RR 2014 di Sentul