Test Ride Suzuki GSR600, Streetfighter Yang Friendly!

42

IMG_0197

Sobat MMBlog sekalian, artikel ini adalah sekuel terakhir dari review MMBlog terhadap Suzuki GSR600. Nakedbike Suzuki ini MMBlog jajal di bilangan serpong ketika kopdar dengan teman-teman Sumori team. Berkah selanjutnya adalah bisa njajalin CBR1000 (monggo diklik) racing spek, Aprilia (monggo diklik lagi) RSV4, dan CBR1000RR (cekidot) Pesek. Buat MMBlog, Suzuki GSR600 adalah streetfighter 600 cc empat silinder pertama yang pernah MMBlog jajalin setelah galau akut sama mesin empat silinder. Oke deh, gak pake lama, berikut reviewnya.

Impresi Berkendara Pelan

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

IMG_0040
pelan-pelan di parkiran McD, maaf gak pake helm, situasi aman terkendali, kecepatan gak lebih dari 10 km/jam

Waktu pertama kali ketemu sama Mas Ferry sang owner, MMBlog langsung meluncur ke GSR600-nya. Untuk ulasan fisiknya udah pernah MMBlog bahas (monggo diklik). Motor streetfighter ini bener-bener tampil beda, gimana gak beda, wong ini streetfighter yang gak mainstream 😀 . Di parkiran Mcd Alam Sutera, ada begitu banyak moge waktu itu, Z800 ada beberapa, tapi GSR600, Cuma ada satu :mrgreen: . Gak pake lama, Mas Fer yang ramah itu langsung ngasih kunci GSR ke MMBlog, sip daah. Langsung tunggangin, tegakin (loh kok enteng) Masukin ke kuncinya rumah kunci, puter ke posisi ON, tarik tuas kopling (ini nih trademark moge Suzuki, kalo mau nyalain kudu tarik kopling dulu :mrgreen: ), dan stater, Nguuungg!!! Haiyaaah, bulet amat itu suara double knalpot arrow di bawah joknya :mrgreen: . blayer-blayer sedikit, wkwkwk, enak yak 😆 .

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

Oke deh, langsung masukin gigi 1, cklik aja, aluss. Lepas kopling dan GSR-pun jalan perlahan. Nah, parkiran Mcd ini lumayan luas, dengan beberapa jalan yang berliku untuk antrian drive-thru. Yawis, coba muter dan kelok-kelok slalom dikit. Njebulee, ini motor kok nurut bener yak, ampuun dah, handling pas dibawa pelan dan manuver ngeliuk-ngeliuk di kecepatan rendah berasa kayak bawa motor 150 CC, enteng dan sama sekali gak mengintimidasi! Padahal secaa dimensi, GSR600 termasuk gede juga. Masih agak lebih susah riding pelan pake ER6n, handlingnya masih agak berat. Menurut analisa MMBlog, hal ini karena ergonominya yang emang friendly banget (nanti diulas di bawah). Terus gimana powernya? Ndut-ndutan gak? Jawabnya enggak sama sekali! Konfigurasi mesin empat silinder segaris, emang smooth banget, motor tetep stabil berjalan pelan di RPM rendah/langsam, hmm, buat bermacet ria enak nih. Beda euy sama MV agusta, Monster atapun Aprilia RSV4, itu motor agak susah diajak riding pelan :mrgreen: . Intinya sih, jika udah biasa bawa motor 250 CC atau 650 CC, bawa Suzuki GSR600 bakal bener-bener menyenangkan! MMBlog cepet banget beradaptasi dan klik sama motor ini. Good Job Suzuki!

Ergonomi

IMG_0195-2
santai, rileks, pokoknya nyuaamaan

Akhirnya setelah riding pagi diseputaran Serpong – Alsut akhirnya, temen-temen Sumori kumpul di aerospeed serpong. Setelah parkir si Merah, MMBlog langsung nyamperin Mas Fer, lagi-lagi untuk mencoba, tapi di trek yang lumayan panjang dan aspal mulus bin lega. Sebelumnya, ergonominya nih, emang senyaman apa sih? Temen-temen bisa lihat di foto yang MMBlog lampirkan di atas, ergonominya emang bisa dikategorikan sebagai kategori santai. Sekilas memang mirip dengan ergonomi ER6n, tapi yang dirasa ketika meraih setangnya adalah, setangnya dekat dengan tubuh, jadi tidak ada kecenderungan tubuh dan lengan untuk terlalu maju kedepan. Bahkan MMBlog yang speknya 167/70 aja merasa nyaman banget dan “In The Bike”, merasa menyatu gitu, entahlah, karena emang fans boys Suzuki juga kali yeeee 😛 .

Terus gimana perkara jinjit? Bisa temen-temen lihat di foto, dengan tinggi 167 cm, MMBlog masih sedikit jinjit, jinjitnya beneran masih dalam batas toleransi yang oke. Tinggi jok GSR600 adalah 78,5 cm, lebih rendah 2 cm dari ER6n yang tinggi joknya 80,5 cm. Kenapa jinjit? Soalnya jok GSR600 lebar, makanya jadi rada ngangkang pahanya, tapi benefit lainnya, joknya emang nyaman pol buat di dudukin, udah gitu empuk pula, nyooozzzz, berasa gak mau turun deh, xixixixi. Oia, ngomong-ngomong, GSR600 ini secara dimensi gak kebesaran dan gak kekecilan ya dengan tubuh orang Indonesia macem MMBlog ini, berasa ngepas gitu diliatnya. Tapi buat Mas Fer yang rada tinggi juga ini motor pas banget, mantaplaahh.

Performa

IMG_0224

 

Sebelumnya MMBlog udah siap sih ngejajal motor ini. Berbagai literatur di dunia maya udah MMBlog baca. Ada info bahwa GSR600 mesinnya berasal dari mesin GSX-R600 yang ditunning ulang. Hmm, emang sih, waktu ngeliat RPM-nya, redline berada diRPM 14000. Aje gile ini, 600 CC redline di 14000, kayak gimane tenaganye yeee 😛 ? Oke deh, langsung pake perlengkapan lenong, Jaket RS-Taichi RSJ240 exceed mesh jacket, fox bomber glover, TCX boots, dan helm Nolan N61 Genesis Kadaluarsa, MMBlog langsung riding bareng GSR600 menyusuri jalan di area aerospeed serpong. Jalanan yang muluuusss dan lurus bener-bener menggoda euy. Oke deh, nyalain mesin, nguunngg! Asli suaranya bikin susah tidur :mrgreen: , tarik kopling, masukin gigi 1 yang cklik aja, lepas kopling sembari dikasih pelintiran throttle, streetfighter kalem ini langsung jalan. Jalan pelan duluuu, wuiihh, suaranya merdu banget euy, terus membahana dengan simfoni yang membuat detak jantung berdegup gak karuan 😆 . tenaga bawahnya linear dengan puteran throttle yang “ngurut”, smooth, halus, dan gak mengintimidasi.

Ah, sudahlah tadi kan udah pelan-pelan di parkiran Mcd, betot! Wuukkkkk!! WOW, nafasnya panjang banget ini motor euy, MMBlog Cuma berani betot sampe RPM 10000 aja, itupun masih gigi 1 dan angin udah kenceng bener menerpa helm, dan garis putih putus-putus udah semakin cepet geraknya.Ttapi jujur aja, hentakan inertia yang MMBlog rasakan di GSR600 masih lebih soft ketimbang ER6n, terlebih juga dibanding CBR600RR yang pernah MMBlog jajal juga (monggo diklik dimari). ER6n bisa dibilang ngejambak banget di tenaga bawahnya, tapi si GSR relatif lebih smooth, dengan tenaga yang makin beringas ketika tenaganya sampe ke mid-top end. Terus gimana suaranya pas sentuh 10000 rpm, wow lagi-lagi merdu bin mantaaapp :mrgreen: .  untuk jalanan ibukota kayaknya RPM gak usah dimainin di 10000 ke atas, wong gigi 4 di rpm 5000 kurang aja kecepatan udah sampe 68 km/jam kok 😀 . Tapi serius, karakter empat silinder dan dua silinder di kubikasi yang mirip, emang beda banget dirasain oleh badan. Di empat silinder streetbike, motor lebih halus, throttle respons gak secepet dua silinder yang bentar-bentar ngejambak dan kudu pindah gigi dalam tempo yang singkat. Empat silinder lebih smooth, tenang, dan nafasnya relatif panjang.

MMBlog berkali-kali riding menyusuri jalan di area aerospeed serpong. Sempet boncengin soulmate MMBlog juga. sampe dia bilang “itu kok jarum di RPM-nya gak naek-naek??” 😀 . yap, soalnya emang nafasnya panjang banget ini motor, gak perlu narik di RPM tinggi motornya udah kenceng. Sampe sekarangpun MMBlog masih bisa ngerasain power delivery-nya yang lembut tapi tenaganya terus menerus ngisi. Tapi ini menurut opini MMBlog aja yang slow rider yak, udah gitu GSRnya kan punya Mas Fer, ngeri juga kalo maen bejek sana bejek sini, betot sana betot sini. Hehe, walaupun yakin, kalau dibetot kenceng  dan selip kopling, wheelie juga eces aja sama GSR600 😀 . yang menarik lagi, performa GSR600 bisa dipantau dari posisi persneling atau gearnya, Hmm, beneran memudahkan biker pemula nih, equipmentnya emang oke!

Handling

IMG_0213
gampang diajak belak-belok

Ini yang juga menarik. Handling GSR600 seperti yang MMBlog bilang di permulaan artikel pas ngebahas mengenai riding pelan. Tetep enteng dan jinak banget. Istilahnya ketika belok dengan GSR600 adalah “bener-bener ngebawa motor, bukan dibawa sama motor”. yap, motor nurut aja diajak ngerebah kanan-kiri, gak ada gejala ngelawan. Kalau untuk ini, MMBlog acungin jempol, ER6n handlingnya masih agak-agak berat dan perlu teknik tersendiri untuk bisa bikin dia belok cepat, tapi si GSR600 hanya perlu sedikit effort saja, kayak ngebelokin motor-motor 250 cc, dan dia udah langsung nurut! JOZ! Ukuran suspensi depan, sama persis kayak punya ER6n dan Byson yang berukuran 41 mm, dan ini salah satu yang bikin handling jadi antep!

Pengereman

tokico
tokico

Wis, gak usah diragukan lagi. Discbrake depan double, belakang ada satu, moge pula, yang pastinya pakem. Walaupun handlenya udah diganti oleh milik aftermarket, tapi tetep hal itu gak mempengaruhi performa pengeremannya. Untuk late braking sip, untuk pengereman berencana ya apalagi. Walau gak ABS, tapi udah oke menurut MMBlog mah 😀 .

Walah, artikelnya jadi panjang amat yak :mrgreen: , mudah-mudahan temen-temen gak bosen bacanya, xixixi. Kesimpulannya, Suzuki GSR600 adalah moge yang bener-bener bersahabat. Untuk pemula dia bisa ngajarin ridernya untuk memahami bagaimana riding dengan moge, untuk rider berpengalaman juga bisa ngasih kesenangan dan kenikmatan tersendiri, untuk rider yang udah lama gak naek motor terus pengen naek motor lagi, GSR bakal memulihkan skill berkendara dia karena mudahnya adapatasi. Tenaga yang mumpuni, handling yang asyik, bisa menjadikan motor ini sebagai motor second yang patut di perhitungkan. Sayang ini motor udah disuntik mati oleh Suzuki Global, umurnya juga bisa dibilang gak lama, dari tahun 2006 sampai 2010 aja. Seandainya Suzuki bisa memproduksi GSR400 di negara asean, terus Suzuki Indomobil Sales bawa ke Indonesia, MMBlog bisa meyakini bahwa GSR400 akan menjadi primadona moge entry level di tanah air, semoga saja nih! Hehe.

Oke deh, semoga berguna dan dapat menambah referensi temen-temen ya. Sukses teruuss!

special thanks to : Mas Ferry Sumori, Sumori Team, dan @jeytha buat foto-fotonya

IMG_0290
foto dulu bareng ownernya, thanks a lot Mas Fer!

 [/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

42 COMMENTS

  1. Inazuma tnyata trunan desain gsr600 yaak kang,
    Mntep,kmren dibalikpapan ada yg pake adiknya kang,GSR750,klo akang dah pernah coba,buatkan juga dong artikelnya GSR750,,hehehe
    Mntep kang artikelnya,seakan ikut merasakan motornya juga ni saya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here