10490160_802502993107795_1733750437_n

Sobat MMBlog sekalian, Alhamdulillah MMBlog berkesempatan untuk menjajal Yamaha R15 ketika acara test ride Yamaha R25 di telaga sampireun beberapa minggu yang lalu. Sebenernya ini motor adalah motor yang dipakai oleh marshall yang memandu peserta test ride Yamaha R25, tapi kami para blogger, memohon izin ke pihak Yamaha Indonesia selaku penyelenggara untuk mencicipi motor sport fairing 150 CC dari pabrikan garputala ini. Oke deh, setelah nungguin Mas Mitra pemilik blognyamitra.com selesai test ride, akhirnya giliran MMBlog buat jajalin.

Sebelumnya seperti biasa, MMBlog pakai riding gear sendiri. Jacket RS Taichi RSJ240 Exceed Mesh Jacket, Helm HJC Lorenzo, dan TCX X-Ville Boot selalu nemenin MMBlog kalau test ride, eh tapi knee protektornya dipinjemin sama Yamaha πŸ˜€ . Yawis, kalau perkara ergonomi, MMBlog udah pernah bahas (monggo di-klik), jadi langsung ke review ride-nya aja ya. Naekin motor, udah pasti racy abis daaah πŸ˜€ . puter kunci kontak, biarin dulu apa-apa yang ada di dashboard bergerak, hingga semuanya udah mantep, tekan tombol stater disertai dengan tarikan tuas kopling…. Breeemmm!!! Suara khas dari mesin satu silindernya langsung menyalak, mirip-mirip sih sama Vixion, halus tapi punya kesan bertenaga, SIP!

10168979_802499689774792_1425671161_n10477766_802499576441470_669746344_n

Sedikit blayer-blayer gas, asyik juga yak, xixixi, tapi gak sampe redline, sewajarnya aja. Tarik tuas koplingnya yang empuk dan masukin persneleng ke gigi 1 β€œcklik”, halusss πŸ˜€ . Setelah marshall ngasih aba-aba untuk jalan, akhirnya MMBlog jalanin deh tuh R15. Lihat spion, ealaaah, itu di belakang Yamaha R25 semua, hehe. Setelah warm-up, langsung deh coba betot gasnya dari gigi 1, breeemmmmmm… wew, responsif juga ini motor untuk ukuran 150 CC, naiknya cepet, getaran minim, ditambah posisi berkendara yang nunduk abis bin bongkok, membuat MMBlog jadi rada males pelan-pelan πŸ˜† . Performanya dapat dikatakan mumpuni untuk penggunaan harian ataupun touring dengan jarak dekat-menengah. Kenapa MMBlog gak bilang untuk jarak jauh? Soalnya ergonominya beneran balap banget euy, MMBlog pribadi sih pasti pegel, mungkin kalau yang udah biasa enak aja kali ya.

Ngomongin test ride tapi gak ngomongin handling itu berasa ada yang kurang. Memang, trek untuk ngejajal motor ini relatif terbatas, tapi untuk sekedar U-Turn atau muter balik, dan sedikit tikungan hiperbolik di jalan con-block, suspensi Yamaha R15 udah oke banget dan dapat diandalkan. Oia, buat muter balik, MMBlog masih rada kagok nih kalau pake motor fairing, soalnya terkesan fairingnya maunya lempeng terus :mrgreen: . Perkara kebiasaan aja sih. Jujur, ngebaca artikel Wak Haji dan Mas IWB tentang test ini motor, MMBlog jadi penasaran pengen bawa nikung dengan kecepatan tinggi, Sentul Kecil oke kali ya πŸ˜€

Nah, kemudian pengereman. Rem-nya superb daahh. Udah gitu karena lengan MMBlog full menopang badan yang dipaksa bongkok, ngerem dengan R15 jadi berasa lebih mantap. Daya sentrifugal tubuh yang terhempas ke depan dapat diredam dan diprediksi oleh kedua lengan yang udah siap siaga menggenggam setangnya, mantaappp. Emang sih, beberapa kali MMBlog ngejajal motor sport, terutama superbike yang superbongkok kayak CBR1000RR, atau Aprilia RSV4, ngeremnya emang jadi mantep banget.

Dari test ride Yamaha R15 yang udah MMBlog lakukan, dapat disimpulkan bahwa Yamaha R15 adalah motor sport 150 CC yang ringan, keren, bertenaga, dan emang punya ciri khas motor sport tulen! Buat MMBlog pribadi, setangnya keliwat bongkok euy :mrgreen: , syuseh juga kalau kebiasaan bawa motor dengan setang tinggi menjulang ya. Sebenernya YIMM udah punya Opsi menarik sih kalau pengen yang setangnya rada tinggian, bisa langsung lirik Yamaha VIXION, hehe. Giginya kurang 1? Tinggal bawa ke Kang Aripitstop buat dipasangin gear R15, langsung ngaciirrr.

Mudah-mudahan bisa test ride Vixion, amiiinn

Oke deh, semoga berguna ya

Syukran Ustadz Muhsin BonsaiBiker buat foto-fotonyaaa