Email Pembaca : Ganti Ban, Sekalian Upgrade Ukuran Atau Standar Aja?

10
Villa Kanaya

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari yang lalu, MMBlog mendapatkan surel dari Bro U. Bro U adalah rider motor 250 CC dua silinder, termasuk rider yang low profile. Nikmatin motor standaran. Kadang sunmori, kadang touring, dan motor dipakai harian, termasuk bukan biker yang neko-neko. Bro U ngasih tau kalau ban standar motornya IRC Roadwinner (gile, bahkan ban bawaan motor aja dipake sampe botak lho :mrgreen: ), udah botak, nanya ke MMBlog, mau ganti, apa sekalian upgrade ukuran?

Ini pertanyaan bagus banget Bro. Simpel tapi ngena, apalagi buat biker yang gak neko-neko, dan motor emang dipakai. Nah, MMBlog rekomendasikan buat Bro U, selain ganti baru, Masbro juga sekalian aja upgrade ukuran, ada tapinya nih Bro. Upgrade ukuran untuk ban belakang aja ya, ban depannya standaran aja ukurannya. Motor 250 CC spek ban belakangnya adalah 140/70-17. Nah, upgrade ukuran aja Mas, ukuran 150. Tapi jangan pilih 150/60-17, melainkan 150/70-17, rasio bannya lebih tebal nih.

Villa Kanaya

Ban 150/70-17 itu ban yang profilnya pas banget sama lebar pelek 4 inci yang lazim di motor-motor 250 CC sekarang. Dipakainya pun relatif enak, bannya juga tebal, bantingannya juga pasti empuk, ada yang lokal, ada juga yang import, pilihannya banyak, dan biasanya, ban dengan profil begini adalah ban yang berkualitas oke. Ban depan, asli standar aja ukurannya, tapi satu merek dengan ban belakang.

Usahain jangan lebih gede lagi Bro, macam ban 160/60-17, ini ban lebar dan ceper. Cocoknya di pelek 4,5 inci. Apalagi dipaksain pake ban 180, weleh, ane sih kagak rekomen yak. Bahaya melenting itu ban karena ngedonat banget. Coba dah, ganti aje pake ban 150/70-17, rasain bedanya, kena lobang pasti drek-drek-drek doang. Cornering juga pasti lebih lengket dan lebih ajip nih. profil ban balap kebanyakan rasionya gede-gede lho.

Oke deh, semoga berguna ya bro. *tetep salut bisa ngabisin roadwinner 😆 :mrgreen: 😆

instagram

Villa Kanaya

10 COMMENTS

  1. Rider yg setipe dengan ane. Gak suka neko2 dan aneh…standaran,wakakakaka…
    Utk ban Memang yg paling aman sih, naik 1 tingkat aja

  2. Yang difoto ilustrasi tu motor apaan ya mas Vand? Kinclonk banged. Padahal kliatan klo motor lawas. Asikk juga tu mpunyanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here