Yamaha FZ-X, Jagoan Baru Dual Sport Yamaha India?

0
Limited

Sobat MMBlog sekalian, nama Yamaha FZ adalah nama dari brand Yamaha yang udah kesohor. FZ adalah sebuah nama dari motor roadster atau nakedbike, atau half-fairing (Fazer) dari Yamaha yang udah lama banget beredar, masa baktinya sampai lebih dari 30 tahun, hingga akhirnya, pensiun dan digantikan oleh MT. Nah, Yamaha India adalah salah satu yang masih menggunakan nama FZ untuk varian motornya, dan belakangan, didaftarkan nama FZ-X yang nampaknya berwibawa sekali nih.

Seperti yang kita ketahui bareng-bareng, kalau Yamaha India punya varian motor sport 250 CC, satu silinder, air cooled yang bernama FZ250 atau Fazer 250. Motor ini lumayan oke penjualannya, penetrasi pasar lumayan bagus. Persaingannya lumayan sengit dari Gixxer dan Gixxer SF250. Mesin-mesin simpelnya emang jadi primadona di sana, beda sama di tanah air yang seleranya ningrat, tapi begitu harganya di kasih tinggi pada minggat :mrgreen: .

Villa Kanaya

Pada umumnya nih Sob, kalau ada embel-embel huruf X atau Cross, biasanya motor yang bersangkutan bakalan punya tampilan dual sport atau adventure. Motor dengan travel sok yang tinggi, ground clearance juga tinggi. Setang tinggi, ada high fender atau paruh bebek, dan segudang kemampuan lainnya untuk dapat melibas jalanan aspal dan juga kombinasi dengan gravel. Intinya okelah buat touring jarak jauh.

Saat ini, yang baru serius ngeluarin tipe motor sejenis dengan CC yang juga sama adalah KTM dengan KTM 250 Adventure. Gak banyak pesaingnya dan harusnya motor ini juga akan diterima pasar dengan amat sangat baik di India sana. Kalau di Indonesia? kayaknya masih belum Sob, trend kita masih matic, matic, dan matic. Segmen motor sport udah lumayan nyusut, itupun dibagi-bagi kan sekarang? Hmm, kita pantau aja terus sambil ngeces, oke deh, sekian, terima kasih, dan semoga berguna ya! artikel ke dua di tahun 2021 nih.

instagram

Villa Kanaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here