Honda PCX Dengan 4 Katup + Vtec, Bisakah Lebih Menggaet Konsumen?

13
Limited

Sobat MMBlog sekalian, ngomongin motor matic maxi skutik, tentu kita gak bisa lepas dari kasak kusuk tentang Honda PCX yang akan mendapatkan update. Sudah sewajarnya dan sudah saatnya memang, Honda, khususnya PT AHM, memberikan update dari motor yang dirilis sejak akhir tahun 2017 silam ini. Cocoklah life cycle produknya, update emang harus dikasih.

Pesaing dari Honda PCX, Yamaha N-Max 155 sudah sukses dilaunching varian updatenya tahun lalu. Kalau bicara fair-fairan, motor ini laris manis dan sukses, dengan indikator sering banget terlihat di jalanan, belum ada setahun rilis plus pandemi covid, ternyata gak menyurutkan biker untuk meminang All New Nmax, asli, keluar bentar, sering banget dan gampang lihat All New N-Max!

Nah, kembali lagi ke topik pembahasan, apakah dengan update Honda PCX dengan 4 klep plus Vtec ini bisa menggaet konsumen atau meningkatkan sales Honda PCX? Hmm, menarik, karena kalau ditelisik dari segi fitur, ya mungkin bisa membuat efek kejut, tapi secara harga? Wah, sepertinya tidak semudah itu ferguso :mrgreen: .

Memang, fitur mesin seperti 4 klep dan pengayaan sistem klep itu menarik dan bagus secara marketing dan performa. Tapi, yang patut dipertanyakan selanjutnya adalah harga. Yups, Yamaha New N-Max bisa punya fitur itu sebagai standar dan saat ini, Yamaha N-Max dijual dengan harga Rp. 29.750.000,- (varian standar). Nah, Honda PCX, saat ini dijual dengan harga Rp. 31.224.000,- untuk varian standar.

Timbul pertanyaan, dengan adanya Vtec dan juga klep nambah dua biji, apakah harganya akan tetap segitu? Naik 500-700 ribu aja efeknya lumayan lho. Apalagi konsumen sekarang makin mudah dan makin pinter dalam ngebanding-bandingin harga. Gak perlu ke dealer sebelah, cukup lihat monitor smartphone! Belum lagi, segmen ini masih sensitif perkara harga Sob, masih segmen yang butuh motor, belum pengen motor.

Lalu, gimana kalau sampai pakai ABS, Ada Bluetooth, Traction Control Riding Mode, di Varian tertinggi Honda PCX? Sekarang aja yang varian ABS dijual Rp.34.223.000,-dengan rivalnya N-Max Connected ABS di Rp. 33.750.000,- . Hmm, kalau PCX varian tertinggi dijual 36 Juta atau mepet sama ADV ya jujur, kerjaan berat buat marketing ini namanya. Belum lagi, kalau mau jujur, Brand PCX itu masih butuh yang namanya aktivasi, belum setenar Vario atau BeAt, apalagi dibanding N-Max yang kesohor.

Gimana Sob? ditunggu opini waras temen-temen yah. biasanya rame nih ngomongin opini begini. yang pasti ya gak bisalah nyamain segmen Kawasaki ZX25R yang gak sensitif perkara harga dengan segmen maxi skutik yang masih sensitif dengan harga, hmm.

instagram

13 COMMENTS

  1. PCX ini brand image nya masih kebawa dari gen cbu (mahal, premium) meski makin kesini image itu mulai agak luntur terutama sejak versi lokal dijual.

    Bahan bully-an pada versi lokal inilah yg harus diperbaiki oleh pabrikan, sebelum kasih teknologi baru lalu harga naik.

    Jadi nggak perlu pusing dg diferensiasi pabrik sebelah yg main diranah sporty maxi, coba aja kembalikan ke image gwn cbu dulu itu, tentu dg harga lokal yg wajar

    • Klo harga wajar jaminan sebelah gulung tiker sambil gulung komeng pa’dhee…….
      Larezz manezz habezz diserap konsumen indent ngulaarrrr

  2. Bisa banget masbrayyyy sekalian. Selama itu honda jaminan larezz manezz habezz semua dagangan laku terserap market caakkk

    • Setuju. Saya suka nmex tetangga tak lihat lihat terus klo ada kesempatan.
      Moga ada kesempatan minjam
      Mantab lahhh

  3. Harga udah pasti naik ahaem gtu loh, jok harus di ganti lebih empuk-suspensi harus tabung, kau gak dapet sentuhan berarti PCX bukan lagi singkatan (prestige comfort xtraordinary) motor, kalau masih dableg kesampingkan kenyamanan dan tampilan namanya berubah jadi Price Cost Xtreme

  4. Belanja iklan dan media AHM, tim marketing, dll sangat besar, mgkn paling besar diantara kompetitor, jadi ya produknya lbh mahal juga deh..

  5. AHM kalau udh serius gak sah ditanya kali mas fendra. Gak usah pusing mikirin ini itu. AHM sudah ada tim yg mikirin itu. Sumber dayanya melimpah. Kalau sy lihat selama ini AHM msh maen2 sj. Spack di pas2in atau di turunin sedikit. Dan itu dh disadari dari AHM. Perkara mahal dr dulu honda memang sllu bikin harga krbih mahal dari brand sebelah

  6. Wkwkwkwk PCX jadi singkatan Price Cost Xtreme …..lha ADV apa yg pas kan bkn adventure dual propose/terrain cuma jaitan baju model mrip moge adv

    • Yang menarik dari pcx lokal adalah DRLnya yg panjang ke atas nyaris sampai hand grip. Dari depan seolah olah mirip tali kendali kuda. Mantabbb 👍👍👍😄😁 Lanjutkannnn…. laaagh…..!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here