New Honda Africa Twin 2020, CC Bengkak dan Makin Canggih!

2
Villa Kanaya

Sobat MMBlog sekalian, motor flagship penjelajah dari Honda, Honda Africa Twin secara resmi telah mendapatkan update untuk tahun depan. Penampakan foto-fotonya juga sudah tersebar secara gamblang dan masif di dunia maya. Nah, apa bedanya Sob dengan varian lawas alias varian sebelumnya? Yang jelas, ini motor hadir baru dengan tiga varian, Standar, Adventure Sport, dan Adventure Sport EERA.

Secara umum, perubahan New Honda Africa Twin ada pada bengkaknya kubikasi. Jika sebelumnya, CC-nya ada dikisaran 998 CC, sekarang New Honda Africa Twin CC-nya bengkak menjadi 1.084 CC. Sehungga powernya pun bertambah jadi 101 daya kuda di 7500 Rpm. Bengkaknya kubikasi itu diperoleh dari pembesaran stroke atau langkahnya Sob. dari yang tadinya 75,1 mm menjadi 81,5 mm. Bore atau diameter pistonnya sih sama.

Villa Kanaya

Mesin nambah CC, gimana dengan perangkat penyuplai bahan bakar? Ternyata throttle body-nya juga diperlebar, dengan diameter 46 mm. Wah, berarti silinder head juga baru? iya Sob, baru juga nih silinder head-nya. Nah, silindernya sekarang menggunakan bahan dari alloy, gak kayak sebelumnya yang dari baja. Lalu apa lagi nih yang beda? Di sektor elektronik motor ini juga tampil total ternyata.

New Honda Africa Twin ada varian 6 speed dengan transmisi manual, tapi gak sembarang manual, ada yang dibekali oleh quick shifter. Congkel gigi gak perlu tarik kopling dah. Ada juga yang menggunakan DCT, matik unik. Yang menarik lainnya, suspensi dari New Honda Africa Twin juga kena intervensi dari perangkat elektronik masbro. Perangkat elektronik lainnya kayak cornering abs, wheelie control, traction control, cruiser control, dll, ada semua.

Sudah pasti, power mode juga ada di motor ini. Di bagi menjadi empat, ada tour, urban, gravel, dan off-road. Panel speedometernya juga telah tampil ala Smartphone yang kotak dengan informasi lengkap di dalamnya. Bisa konek bluetooth, dan siap ambil orderan. Secara desain, ya adalah perubahan, tapi enggak frontal, berubah jadi lebih manis dan lebih futuristik aja sedikit. Yang jelas, motor asyik ini jadi tambah asyik Sob. ya MMBlog sih belum pernah jajal, tapi kayaknya torqy nih kalau dari suaranya yang mirip dengan motor V-Twin.

Oke deh, semoga kepengen yah!

instagram

Villa Kanaya

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here