Agenda ARRC 2019, Sentul Lenyap!

3
Villa Kanaya

Sobat MMBlog sekalian, sedih sekaligus pasrah. Mungkin itu yang MMBlog rasakan begitu mengetahui bahwasannya Sirkuit Sentul, Sirkuit yang notabene dan praktis menjadi satu-satunya sirkuit Internasional di Indonesia telah dicoret, tidak lagi menjadi Sirkuit yang menyelenggarakan ajang balap ARRC mulai tahun depan. Sebuah keputusan yang bikin nyesek, dan sekaligus pasrah mau bagaimana lagi kalau melihat fisik Sentul sekarang.

Villa Kanaya

Balap ARRC, adalah ajang balapan di Asia yang mana, kelas AP250 adalah kelas yang amat sangat ditunggu. Di kelas ini, motor yang digunakan adalah motor 250 CC, motor yang sebagian besar udah jadi motor harian, dan bahkan beberapa motor malah menjadi motor yang basis produksinya di Indonesia. Makanya, miris banget, motor bikinan sini, tapi udah gak bisa unjuk gigi di Sirkuit Indonesia. MMBlog sendiri, udah pernah ngeliput ARRC sebanyak dua kali. Tahun lalu, MMBlog meliput ARRC ketika masih ada Suzuki Asia Challenge, tahun ini juga MMBlog datang meliput.

Kalau melihat fisik Sentul, memang sirkuit ini kondisinya udah kayak motor tua bahan, bukan motor tua terawat. Perlu yang namanya restorasi di sana-sini, perbaikan yang masif dan juga fundamental. Sejauh yang MMBlog rasakan, baru trek lurus aja yang mendapatkan pengaspalan baru, tikungan-tikungan, racing line-nya masih berupa tambalan, yang kayaknya dari bahan beton deh, soalnya warnanya lain gitu, agak muda. Bumpy, mungkin kalau pembalap pro akan merasakan sensasi yang “ajaib” tapi kalau tester kaleng-kaleng, ya biasa ajalah pasti. Terlebih tahun depan akan diadaka kelas 1000 CC, yang mana, memang butuh Sirkuit yang lebih akomodatif.

Yasudahlah, setidaknya, ini adalah sebuah momentum sekaligus tamparan keras bagi dunia balap tanah air. Di mana motornya banyak banget, jadi basis produksi ina itu, tapi gak lagi jadi bagian balap skala Internasional. Weleh, kalau ARRC aja dicoret, boro-boro MotoGP, hmm. Semoga kedepannya ada perbaikan yang holistic di bidang dan sektor ini yah Sob, amiiin. Oke deh, semoga berguna yah!

instagram

Villa Kanaya

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here